Skip to main content

follow us

Bobot atau berat badan menjadi salah satunya indikator apakah si bayi bertumbuh serta berkembang dengan benar atau tidak. Maka dari itu, sudah seharusnya sang bunda memantau tingkat berat badan bayinya supaya memastikan si bayi tetap sehat. Dengan berat badan tubuh ideal si bayi yang tergolong sudah pas, maka menunjukkan bahwa gizi si bayi tersebut sudah tercukupi. Untuk lebih jelasnya mengenai panduan tingkat berat badan bayi ideal yang sesuai dengan tingkat usia, simak ulasan di bawah ini.

Berat Badan Bayi Yang Ideal

1. Usia 0 - 3 bulan

Saat memasuki hari awal kehidupan, para bunda tidak perlu terlalu khawatir jika buah hati Anda mengalami penurunan terhadap berat badan. Berat badan si bayi biasanya akan kembali naik pada usia yang mencapai 10 sampai 12 hari. Saat si bayi masuk pada bulan pertama, maka si bayi tersebut akan mengalami kenaikan berat badan sampai 5-7 ons pada waktu seminggu. Jika Anda ingin si bayi mengalami peningkatan yang lebih tiap minggunya, maka para bunda harus memberinya ASI lebih banyak atau lebih banyak susu formlua. Anda bisa memberi ASI atau produk susu formula tersebut sebanyak 11 atau 12 kali seharinya atau membutuhkan makan dua sampai tiga jam sekali saat usia ini.

2. Usia 4 - 6 bulan

Pada momen usia ini, takaran peningkatan berat masih sama, yaitu seharusnya mengalami kenaikan 5 sampai 7 ons seminggunya. Disamping itu, si bayi mulai memperlihatkan tanda-tanda siap menerima asupan makanan yang lebih padat. Tanda yang dimaksud salah satunya bahwa si bayi tersebut siap mengonsumsi makanan padat yaitu si bayi dapat menegakkan kepalanya serta belajar duduk. Kalau si bayi sudah bisa mengenal makanan yang lebih padat, maka berat badan si bayi dapat naik 3 sampai 5 ons lagi seminggunya dan juga semakin tinggi sekitar 2 sampai 3 cm untuk per bulannya.

3. Usia 7 - 9 bulan

Ketika si bayi pertama kali bisa mengenal makanan yang padat, maka si bayi mungkin mengalami yang namanya penurunan bobot badan. Tetapi, Anda jangan terlalu khawatir, setelah si bayi terbiasa dengan berbagai makanan yang padat, maka biasanya terdapat peningkatan bobot/ berat badan lagi pada buah hati Anda yang bisa dibilang cukup besar. Pada setiap bulannya, si bayi dapat naik bobot/ berat badannya 2 sampai 6 kilogram untuk per bulannya. Dalam memastikan berat badan si bayi naik dengan benar dan teratur, maka para bunda harus membuat jadwal konsumsi makan yang teratur.

4. Usia 10 - 12 bulan

Saat si bayi memasuki rentang usia ini, maka berat badan si bayi biasanya tak terlalu banyak meningkat/ bertambah. Kegiatan fisik si bayi yang tergolong cukup banyak pada rentang usia ini bisa membuat si bayi mengeluarkan kalori dalam jumlah yang cukup banyak. Tetapi, para bunda tidak perlu terlalu khawatir, dengan asupan makanan yang padat serta ASI yang cukup bisa menjaga bobot badan ideal si bayi yang sesuai dengan usia. Saat si bayi sudah menginjak umur 1 tahun, maka sudah seharusnya bobot badan si bayi mencapai hitungan 3 kali bobot badan ketika si bayi lahir. Bobot badan bayi tentunya menjadi faktor yang sangat penting bagi proses tumbuh kembangnya. Kalau berat si bayi kurang ataupun malah berlebih, hal tersebut bisa menandakan terdapatnya masalah.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar