Skip to main content

follow us

Awalnya saya grogi, paska memasang template AMP Html, nilai Alexa rank saya tiba-tiba turun drastis. Yang sebelumnya berada di angka 1000 untuk rank di Indonesia dan di bawah 100.000 untuk rank global.

Kepanikan ini lantas membuat saya mencari penyebabnya. Salah satu asumsi yang saya kembangkan adalah, Alexa Rank turun dikarenakan telah mengganti template yang sebelumnya Non AMP menjadi AMP.

Beberapa artikel yang telah ditulis oleh blogger, menyatakan hal sama. Mereka mengalami penurunan rank by Alexa setelah mengganti template mereka ke versi AMP.

Saya menjadi semakin yakin bahwa AMP adalah satu-satunya penyebab kenapa Alexa Rank turun drastis. Apalagi setelah membaca rekomendasi dari beberapa penulis untuk mengembalikan lagi template semula supaya Rank Alexa kembali naik.

Ini akan menjadi berat bagi saya dan juga kepada blogger yang kadung mengganti template mereka ke AMP. Karena untuk sepenuhnya valid AMP, setiap blogger yang telah mengganti kode HTML mereka, harus melakukan edit satu persatu artikel yang telah di post.

Bayangkan Gaes, artikel saya ada ribuan, dan semuanya sudah saya ubah ke versi AMP. Saya merasa tidak sanggup untuk mengembalikannya lagi ke versi HTML biasa. Ini pasti memakan banyak waktu.

Penyebab Alexa Turun

Sejak tahun 2016 kemarin, Alexa sudah menghapus fasilitas yang memungkinkan para blogger untuk bisa melakukan Submit Blog dan melakukan Claim di Alexa.

Sejak saat itu, kode user yang dahulunya diberikan kepada Blogger dan diharuskan memasangnya di tengah-tengah edit HTML agar bisa di calim, kini sudah tidak berlaku lagi. 

Namun Alexa tetap memberikan peringkat kepada setiap blogger yang telah mereka indeks. Tanpa harus melakukan claim. Ini tentu menjadi persoalan lain.

Sayangnya, penurunan rank yang dinilai oleh Alexa ini bukan karena pengaruh telah mengganti template ke versi AMP. Ada beberapa alasan kenapa saya katakan demikian.

Jika kamu mengalami hal sama, yaitu nilai Alexa kamu turun pasca mengganti template AMP, jangan langsung menuduh AMP sebagai biang keladinya. Coba perhatikan beberapa hal.

Apakah trafik kamu turun akhir-akhir ini?
Salah satu penilaian yang diberikan oleh Alexa adalah dengan melihat seberapa banyak trafik yang dihasilkan oleh Blog. Penilaian berdasarkan trafik selalu merujuk pada proses permintaan upload dan download jaringan. Dengan kata lain, seberapa banyak user melakukan interaksi dengan blog.

Jika interaksinya turun, trafik jelas turun. Dan turunnya trafik mempengaruhi penilaian Alexa. Saya mengalami hal demikian.

Adanya perubahan algoritma Google yang terus-menerus, ternyata membawa dampak signifikan kepada blog. Memang adakalanya blog mendapatkan efek dari update algoritma Google, namun ada juga yang tidak mendapatkan dampak tersebut.

Kalau sudah sampai pada problem ini, saya hanya bisa pasrah, mungkin dewi fortune sedang tidak bersama kita, haha.

Template AMP Tidak Mempengaruhi Alexa

Mengganti template blog supaya support AMP adalah sebuah pilihan, bagi blogger ini pasti akan menjadi pekerjaan tambahan, tapi sebenarnya tidak bagi pengguna WP. 

Pengguna WP sangat diuntungkan dalam hal ini, karena mereka hanya perlu memasang sebuah plugin. Sekali sentuh mereka langsung AMP.

Meski tidak sepenuhnya AMP, namun WP jelas menjadi pemenang. Pengguna WP hanya menggunakan AMP pada artikel yang diinginkan atau hanya menjadi AMP ketika di mobile saja.

Mereka bukan AMP di versi dekstop, tapi menjadi AMP di versi mobile. Mereka memposting artikel tidak perlu valid AMP, karena plugin akan bekerja untuk mereka.

Namun tidak untuk Blogspot. Template saya ini sudah menggunakan dua versi tampilan. Jika di akses melalui dekstop dia tidak AMP. Ia menjadi AMP hanya saat di akses di mobile. Namun meski demikian, setiap artikel yang saya tulis haruslah support AMP.

Ini bedanya Bogspot dengan Wordpress. Sehingga seorang pengguna Blogspot tidak boleh gegabah. Saya tidak mungkin mengembalikan template ke Non AMP, karena harus melakukan banyak edit.

Untuk itu, saya mengembangkan asumsi lagi, bahwa "AMP tidak berpengaruh pada Alexa Rank". Maka saya melakukan investigasi kecil-kecilan. Dan ternyata benar. AMP bukan penyebab Alexa Rank turun.

Tidak percaya? Mungkin gambar ini bisa memberikan bukti.

Gambar di atas saya ambil dari Screenshot blog Kompiajaib.com, yang pada dasarnya menggunakan Template AMP. Jika kita lihat secara historis, ada kenaikan signifikan pada rank yang dihasilkan oleh Alexa. Jadi ini secara langsung mementahkan anggapan bahwa AMP menjadi penyebab satu-satunya Rank Alexa turun.

Saya menjadi yakin bahwa tidak ada persoalan pada AMP. Dengan melihat bukti tersebut, membuat saya kembali percaya diri untuk mempertahankan AMP. 

Bukan AMP penyebabnya, melainkan karena faktor lain yang saya jelaskan di atas. So, masih percaya AMP itu tidak baik bagi Alexa?

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar