Skip to main content

follow us

Visitor Blog artinya pengunjung blog, adalah para pengguna internet yang telah membuka blog tertentu untuk mendapatkan informasi yang ada di dalam sebuah blog atau websites. Mereka sering dipahami sebagai target utama para blogger agar membuka blog yang telah di publish melalui umpan berupa artikel atau konten tertentu.

Mendatangkan visitor blog adalah tujuan utama para blogger, sedangkan mendapatkan uang dari blog adalah tujuan selanjutnya. Bisa saja, pendapatan ini adalah efek yang ditimbulkan oleh para visitor ini. Ini adalah kedua hal yang berbeda, oleh karenanya, cara-cara yang dipakai untuk mendapatkan keduanya, juga berbeda.

Sebelum saya lanjut membahas tema Visitor Blog, terlebih dahulu saya jelaskan kenapa saya menulis tema ini.

Seseorang bertanya kepada saya melalui email. Email yang berisi pertanyaan ini adalah ketiga kalinya semenjak saya membuat thread khusus di blog ini yang berisikan tentang Request Artikel di Mastrigus.com.

Tampaknya, kesempatan ini digunakan oleh sobat pengunjung blog ini untuk menanyakan problem-problem yang sedang ia hadapi.

Berikut pertanyaannya:


Pertanyaan datang dari pemilik akun Gmail Sirajoaloan TV, Ia menanyakan beberapa hal, di antaranya:

Halo Mastigus, saya ingin bertanya cara supaya blog kita ramai pengunjung bagaimana yah? Seperti yang saya baca di google, daftarin ke google console. Nah saya sudah laksanakan tetapi sama saja pengunjung kisaran 20 Visitor/Day, itu sudah di hitung saat saya mengecek artikel yang baru saya update.

Semoga pertanyaan saya mastrigus jawab, dan dengan rasa rendah hati, saya harap mastigus bisa menambahi jawaban terhadap pertanyaan saya di atas, Terimakasih.

Ada beberapa poin yang saya tangkap dari pertanyaan ini, yaitu:
  1. Bagaimana cara supaya blog ramai pengunjung?
  2. Efek Google Console Bagi Blog?
Kedua pertanyaan tersebut dihubungkan oleh sipenanya secara langsung. Menurutnya, pendaftaran sitemap.xml di Google Console dapat meningkatkan pengunjung blog. Apakah ini benar?

Supaya persoalan ini dapat dipahami dengan jelas, saya akan membahas satu persatu, baik dari sisi pengertian visitor, Google Console, dan apa cara-cara untuk meningkatkan pengunjung.

Cara Meningkatkan Visitor Blog

Sebenarnya sudah ada banyak sekali jawaban-jawaban yang mengulas cara meningkatkan pengunjung blog. Bahkan hampir setiap blogger yang sudah mulai memahami alur kerja robot Google, banyak menulis tentang trik-triknya,

Namun karena pertanyaan ini dialamatkan kepada saya, maka saya memiliki hak untuk menjawab atas pertanyaan tersebut.

Seperti yang telah jelaskan di atas, bahwasanya Visitor Blog atau pengunjung blog, adalah para pengguna internet yang telah membuka blog tertentu untuk mendapatkan informasi yang ada di dalam sebuah blog atau websites. 

Jika ini menyangkut blog kita, maka pengunjung blog yang dimaksud adalah, mereka yang telah membuka blog kita, baik sengaja atau tidak sengaja.

Menurut pengalaman saya, para visitor ini bisa datang dari mana saja. misalnya:
  1. Pengunjung blog datang dari media sosial (Social Traffic)
  2. Pengunjung blog datang dari google search (Organik Search)
  3. Pengunjung blog datang langsung (Direct Traffic)
  4. Pengunjung blog datang dari pengiklanan (Paid Search)
  5. Pengunjung blog datang dari link yang tertanam di blog lain (Referral Traffic)
Berbagai penjelasan terkait jenis-jenis pengunjung blog, bisa kamu pahami dengan membaca artikel yang telah saya buat sebelumnya: Jenis-Jenis Pengunjung Blog. (kamu harus membaca supaya pemahamanmu tentang artikel ini tidak terputus)

Untuk mendatangkan pengunjung dari jenis-jenis di atas, memiliki perlakuan berbeda disetiap jenisnya. Semuanya memiliki cara-cara khusus.

Nah, keterkaitan antara Google Search Console dan pengunjung yang dimaksud oleh pertanyaan di atas adalah pada jenis pengunjung yang datang dari (Organik Search), jenis pengunjung yang paling disenangi oleh para blogger juga disenangi oleh Google.

Oleh karena itu, hampir setiap blogger bersaing untuk menjadi yang pertama muncul di halaman pencarian Google. Dan persoalan inilah yang sebenarnya sedang ingin penanya pecahkan.

Mendapatkan banyak pengunjung dari Google Search, berarti artikel yang telah kita buat harus berada di page one / halaman pertama. Karena para pencari informasi di pencarian google cenderung lebih sering meng-klik link artikel yang berada paling atas.

Lalu bagaimana cara supaya artikel kita berada di posisi utama?

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Persoalannya sangat komplek dan tidak cukup dibahas sekaligus dalam artikel ini. Oleh karena itu saya hanya membahas sesuai pertanyaan yang telah diberikan kepada saya.

Salah satu upaya untuk bisa ditemukan di pencarian google adalah: Artikel telah di indeks oleh Google.

Artikel yang tidak diindeks robot google tidak akan pernah bisa muncul di halaman pencarian Google, ini persoalan yang paling sederhana dari upaya untuk menjadi yang paling utama.

Untuk itu, Google menyediakan sebuah tool yang bisa dipakai para blogger untuk memerintahkan robot google supaya cepat melakukan indeks atas blog dan artikel yang telah kita buat.

Alat tersebut dinamakan Google Search Console. Salah satu fitur yang ada di dalamnya adalah, memberikan izin kepada para blogger/webmaster untuk memasang sitemap milik blog yang kita punya. Soal ini saya rasa semua sudah bisa memasangnya dengan benar. Kita hanya perlu memasang sitemap.xml yang direkomendasikan Google, lihatlah gambar di bawah


Robot akan melakukan Crawl secara otomatis pada blog kita, dan setelah itu artikel yang sudah kita buat akan tampil di halaman pencarian Google. Terkait berada di posisi berapa, itu persoalan lain yang harus dibahas secara tersendiri.

Oh ya, jika kamu ingin supaya artikel yang baru kamu buat bisa cepat di indeks, silakan baca link artikel di bawah ini. Kamu harus membaca supaya memahaminya dengan baik.


Jadi, bisa dipahami bahwa, Hubungan antara Google Search Console dan Visitor Blog sebenarnya adalah hubungan sederhana. Ada sih kaitannya, cuma tidak terlalu signifikan. Jika ingin pengunjung banyak, itu tergantung pada kuantitas penelusuran para pengguna internet dan posisi blog kamu di google search.

Akan tetapi, jika artikel kamu sudah di indeks, berarti robot telah menjalankan tugasnya dengan baik, soal apakah ada pengaruh pada jumlah pengunjung yang datang ke blog kamu, sepenuhnya tergantung keyword yang terpasang sehingga mempengaruhi posisi blog kamu di Google Console.

Oleh karenanya jangan pernah berhenti belajar, semakin tinggi intensitasmu mempelajari blog, akan semakin besar kesempatan kamu memahami cara kerja blog secara menyeluruh.

Demikian jawaban yang bisa saya berikan, jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya. Saya hanyalah seorang blogger ingusan yang belajar secara otodidak, jadi masih ada banyak kekurangan yang saya miliki. Terimakasih.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar