Skip to main content

follow us

Ukuran gambar yang dikirim melalui Whatsapp menjadi pecah? Itu memang disengaja, Gaes. Whatsapp akan melakukan kompresi kepada file image secara otomatis untuk mengurangi ukuran file sebenarnya.

Misalnya, kita akan mengirimkan gambar ukuran 1 Mb melalui Whatsapp, ketika terkirim, ukuran gambar tersebut akan mengecil menjadi 115 Kb, misalnya. 

Kenapa terkompres?

Ini untuk mempercepat pengiriman file dan untuk memperkecil jumlah ukuran file yang ada di memori handphone. Hasilnya, file gambar memang menjadi lebih kecil.

Tapi untuk kebutuhan tertentu, terkompresnya ukuran file gambar ini menjadi masalah. Misalnya kita mengirimkan gambar untuk di print di percetakan melalui WA, hasilnya pasti jelek kan.

Meski ada cara lain yang bisa kita pilih, seperti mengirim file melaui email. Itu juga bisa dilakukan. Namun kan pengennya kita mengirim lewat WA saja, iya kan?

Nah untuk mengatasi hal tersebut, supaya file gambar tidak pecah saat terkirim dan masih seperti ukuran sebenarnya. Kita bisa memanfaatkan fitur WA yang lain.

Caranya cukup gampang. Kamu tidak perlu manyun, Gaes.

Ada dua pilihan untuk mengirim gambar di WA. Supaya lebih jelas, lihat gambar di bawah ini:


Nah, kita hanya perlu menggunakan tombol Dokumen untuk mengirimkan gambar supaya tidak pecah. Pilih sesuai yang saya lingkari ya Gaes.

Ingat, jangan mengirimkan gambar penting menggunakan tombol Galeri, karena gambar akan terkompresi dan pecah.

Sekian tutorial sederhana ini. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar