Skip to main content

follow us

Screenshot (SS) adalah upaya mengambil gambar yang tampil di layar monitor, baik layar komputer maupun layar handphone. Gambar yang diambil selanjutnya dapat disimpan di memori internal maupun eksternal berupa file ekstensi jpeg atau png, dll.

Sekarang ini, handphone edisi terbaru sudah jamak dibekali dengan fitur screenshot, sehingga setiap pemilik gadget dapat mengambil tampilan layar dengan mudah. Tidak seperti Handphone jaman dahulu yang harus memadukan beberapa tombol navigasi untuk bisa mengambil tangkapan layar.

Semisal, cara screenshot di HP Galaxy Young buatan Samsung, dahulu saya harus bersusah-susah memencet tombol home dan tombol kamera sehingga dapat menangkap tampilan layar. Cara ini benar-benar ribet, tapi cukup memberikan pengalaman.

Lalu Bagaimana cara melakukan screenshot di HP Xiaomi?

Caranya gampang, karena room MIUI 8 dan yang paling baru telah dibekali fitur SS sehingga hanya perlu untuk digunakan. Ada berbagai cara mengaktifkan fitur ini. Fitur SS bisa ditemui di menu bar (bagian atas) dan di Fitur Quick Ball.



Cara Screenshot Memanjang Full Halaman di HP Xiaomi

Saat kita sedang membaca berita penting di handphone, kadang kita kita menyimpan artikel berita tersebut di memori card. Tapi masalahnya artikel berada di halaman website sehingga tidak bisa dengan mudah disimpan. Beda jika artikel ada di file pdf, jadi tidak perlu menyimpan lagi.

Untuk itu, MIUI telah menambahkan fitur screenshot yang memungkinkan user dapat menangkap layar secara menyeluruh. 

Fitur ini sangat bermanfaat karena tidak hanya mengambil konten yang ada di layar saja, melainkan secara keseluruhan. Jadi ketika halaman yang akan kita SS memiliki panjang 3-4 kali scroll, kita tetap bisa mengambil gambarnya.

Begini caranya:
  1. Tampilkan konten yang akan di screenshot di layar HP
  2. Cari menu Screenshot dan tekan
  3. Setelah itu akan tampil hasil screenshotnya, di pojok kanan atas. Segera sentuh untuk membuka
  4. Pada preview hasil SS tadi, sentuh tombol Gulir, dan silakan gulir sampai bawah (sesuaikan kebutuhan).
  5. Untuk menyelesaikan silakan tekan tombol Selesai.
Dengan cara ini kita sudah mendapatkan hasil Screenshot satu halaman penuh. Lihat tutorial video di bawah ini supaya lebih paham.


Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Mohon untuk subcribe chanel youtube dan silakan follow blog ini melalui widget Subcribe yang telah saya pasang.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar