Skip to main content

follow us

UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Saat ini UNBK menjadi model ujian yang ngehits di Indonesia. Pasalnya, meski terapan ini tergolong baru, namun diklaim dapat menghemat penggunaan kertas untuk tujuan pendidikan, serta mengefisienkan proses koreksi ujian.

Sayangnya, untuk bisa menerapkan ujian CBT ini, sekolah harus mengeluarkan biaya mahal karena  harus membuat pengadaan berupa server dan komputer client. Bagi sekolah yang memiliki anggaran banyak, ini tidak menjadi soal. Namun bagi sekolah yang kecil lagi minim anggaran, ini menjadi langkah menakutkan bagi mereka.

Meski demikian, sekolah tidak bisa menolak UNBK terus menerus. Kabarnya, Pemerintah melalui Menteri Pendidikan, bakal membuat kebijakan yang mewajibkan setiap sekolah untuk menerapkan ujian nasional berbasis komputer. Tentu jika persiapan yang dilakukan sudah baik dan dianggap siap.

Sebenarnya, untuk membuat ujian berbasis komputer ini, tidaklah mahal. Asalkan mau berusaha lebih keras. Mahalnya harga komputer yang dipakai untuk server dan client, bukanlah penghalang bagi sekolah.

Sebagai langkah awal untuk menerapkan ujian sekolah dengan menggunakan teknologi, kita bisa membuatnya sendiri dan mengujinya di sekolah. Proses pengujian ini untuk mencari tahu apakah terapan ujian berbasis android dan komputer ini efektif diterapkan di sekolah.

Aplikasi yang kita gunakan memiliki nama Fly Exam, saya merekomendasikan ini karena pengembang terus melakukan pembaruan dan mudah memberikan konsultasi apabila pihak sekolah mengalami kesulitan saat memasang aplikasinya.

Tentu langkah-langkah yang saya share ini sudah dibuat mudah. Jadi anda tinggal download dan mengatur konfigurasi sederhana mengikuti petunjuk.

Apa itu Fly Exam?

FlyExam adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Bapak Panyahuti Matondang untuk mengakses antar muka ujian dari hasil pengembangan TCExam. FlyExam dikembangkan khusus untuk mengakses ujian dari handphone Android dengan fitur-fitur keamanan, untuk menghindari kecurangan pada waktu pelaksanaan ujian. 

Adapun fitur-fitur kemanan dan kelebihan lain yang terdapat pada FlyExam adalah:
  1. Selama pelaksanaan ujian, siswa tidak bisa keluar dari aplikasi. Siswa bisa keluar aplikasi apabila token diberikan oleh pengawas ujian.
  2. Selama proses ujian, akses tombol home dan tombol activity, pada Handphone tidak bisa difungsikan.
  3. Selama proses ujian, akses screen shoot dan screen record tidak bisa dilakukan. Tujuannya agar soal-soal yang sedang dikerjakan tidak bisa direkam, untuk menghindari kebocoran soal ujian.
  4. Tampilan FlyExam fullscreen, sehingga lebih nyaman menggunakannya.
  5. Bisa juga digunakan untuk mengakses ujian yang dibuat dari aplikasi lain.
  6. Khusus ujian menggunakan handphone, Aplikasi ujian pada server tidak bisa diakses bila menggunakan browser selain FlyExam. Tetapi bila ujiannya dilakukan darikomputer, ujian bisa diakses menggunakan browser yang umum seperti chrome, Firefox, Internet Explorer dan lain-lain.
Saya sendiri sudah mencoba aplikasi ini dan mudah digunakan. Untuk ujian menggunakan android, kita harus menggunakan browser khusus android seharga Rp. 6000,- untuk seumur hidup. Harga yang sangat murah sekali.

Cara Membuat Ujian Berbasis Android dan Komputer

Sebelum menggunakan ini, ada beberapa hal yang harus anda siapkan, di antaranya:
  1. Laptop / komputer dengan spesifikasi: 
    1. Processor : Minimum Core I3
    2. Memory : Minimum 4GB
    3. Hardisk : Minimum 100GB Free
    4. Bios : Support virtualisasi
    5. Sistem Operasi : Windows 7/8/10 32/64 Bit
  2. Kabel Lan
  3. Access Point (jika ada, kalau tidak ada kita bisa pakai aplikasi lain).
Aplikasi ini bisa diakses client (peserta ujian) melalui dua jenis jaringan, yang pertama bisa diakses melalui jaringan LAN dan yang kedua melalui WIFI. Keduanya tidak membutuhkan akses internet. 

Langkah Membuat Server

Jadi kita asumsikan bahwa, laptop atau komputer dengan spesifikasi di atas akan kita pakai sebagai server. Tempat dimana pengaturan dan soal ujian berada. Untuk itu kita akan membuat server virtual yang kita install di komputer kita. Caranya adalah:

Download Virtual Box di alamat ini: https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads dan pilih Windows Host. Setelah itu silakan instal (saya yakin anda sudah dapat menginstalnya). Lihat gambar petunjuk di bawah ini:


Download file VHD. Ini adalah file untuk mengisi server tersebut, berbasis linux supaya dapat memenuhi kebutuhan akses client banyak. Download di alamat ini: Google Drive.
    PENTING: Ada banyak file di dalam folder Google Driver tersebut. Silakan download file yang memiliki nama Ubuntu 18_SVR.zip.001 s/d Ubuntu 18_SVR.zip.016. Letakkan dalam satu folder.


    File tersebut adalah file VHD yang sudah di pecah untuk memudahkan download (mengantisipasi gagal download karena ukuran file besar, silakan download satu persatu).

    Untuk menyatukan file, kita tinggal melakukan ekstrak (dengan aplikasi winrar atau winzip) cukup pada file bernama Ubuntu 18_SVR.zip.001. Aplikasi akan otomatis menyatukan ke-16 file tersebut. Ingat jangan mengubah nama file. Pastikan namanya sama ya.

    Sampai di sini kita sudah memiliki server dan filenya. Kita hanya butuh melakukan sedikit konfigurasi untuk bisa menggunakannya.

    Konfigurasi Server Dan Client Ujian Online Berbasis Android

    Untuk memudahkan anda dalam mengatur server supaya dapat di akses di oleh client, berikut tutorial yang bisa anda pakai. Tutorial ini sudah lengkap, dibuat langsung oleh pembuat aplikasi. Silakan donwload melalui link ini: Tutorial Fly Exam. Pilih file bernama Tutorial.

    Jika anda menemukan masalah dan ingin berdiskusi dengan saya silakan mengisi kolom komentar di bawah. 

    ARTIKEL KEREN LAINNYA:

    HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
    Buka Komentar