Skip to main content

follow us

Bisnis Masa Depan - Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi, baik kebutuhan yang bersifat primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Meski saat ini keperluan untuk memenuhi kebutuhan primer sudah lebih mudah, namun untuk kebutuhan lain tampaknya akan menjadi trend tersendiri bagi masyarakat dunia. Contohnya kebutuhan tersier seperti membeli barang mewah.

Salah satu upaya untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih, adalah dengan cara berbisnis atau membangun usaha untuk diri sendiri. Ini bertujuan untuk bisa menjadi "lebih cepat kaya " dan bisa memenuhi kebutuhan tersier lainnya, seperti membeli rumah dan mobil.

Lalu bisnis apa saja yang sekiranya bisa dibuat dan dikembangkan serta lebih bertahan lama. Nah di bawah ini akan saya akan mengulas beberapa bisnis yang bisa anda jadikan rujukan untuk memulai usaha baru.

1. Usaha atau Bisnis Transportasi

Banyak orang memprioritaskan untuk bisa cepat sampai di tempat tujuan dan banyak perusahaan berlomba-lomba untuk bisa menjadi "pelayan" bagi orang-orang yang membutuhkan perjalanan cepat tersebut.

Dahulu, perusahaan Taksi konvensional berjaya di atas singgasana lantaran banyak mendapatkan pesanan dari orang-orang yang membutuhkan kecepatan dan kemudahan bertransportasi, namun kini model bisnis taksi konvensional tidak terlalu menarik bagi para pelanggan. 

Itu semua disebabkan oleh kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan transportasi yang mengandalkan penggunaan internet. Sebut saja Grab, Gojek, Uber dan penyedia transportasi lainnya. Para pelanggan hanya perlu memesan kendaraan melalui gadget dan sopir beserta kendaraannya datang menemui si pemesan (pelanggan). 

Model bisnis boleh saja tersingkir oleh perkembangan jaman, namun transportasi akan terus dibutuhkan oleh orang-orang. Taksi online sekarang boleh berjaya, namun suatu saat nanti bisa saja tergusur oleh model bisnis penyedia transportasi yang lebih mudah dan cepat. Mungkin alat transportasi seperti pintu ajaib Doraemon akan mengalahkan model bisnis taksi online. LOL

2. Usaha atau Bisnis Pakaian

Seringnya manusia bertemu dengan manusia lain di setiap harinya, menuntut mereka lebih banyak berganti pakaian. Gengsi dong kalau pakaian yang dipakai setiap kali itu-itu terus. Inilah kehidupan hedonis yang saat ini menjadi trend bagi masyarakat.

Sayangnya kita tidak sedang hidup di dunia kartun, semisal dalam dunia Naruto yang memungkinkan mereka tidak berganti pakaian selama beberapa saat. Manusia jaman now butuh pakaian baru dalam memenuhi kehidupan sosialnya. Dan ini adalah peluang bisnis yang harus dimanfaatkan.

Selain itu, pakaian adalah kebutuhan primer bagi manusia, mereka akan selalu membutuhkan pakaian baru. Misalnya saat perayaan hari-hari besar, hampir setiap orang menginginkan pakaian baru. Namun meski demikian, model pakaian akan selalu berkembang.

Model celana panjang ala Roma Irama boleh saja saat ini tidak lagi nge-trend, namun tidak untuk celana. Celana akan selalu dipakai oleh orang-orang. So, bidiklah kategori bisnis ini untuk menjadi rencanamu ke depan.

Yang dibutuhkan hanyalah kepekaan untuk mengenali trend pakaian yang digemari oleh kebanyakan orang. Bagi perusahaan tekstil, harus bisa membuat rancangan pakaian baru guna menarik orang-orang untuk membelinya. Dan bagi para pemula bisnis pakaian, mungkin dengan membuat model pakaian yang agak aneh, bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, cobalah.

3. Usaha atau Bisnis Properti

Faktanya, ada kenaikan harga signifikan pada bisnis properti, dan sepertinya tidak ada cerita yang menunjukkan adanya penurunan pada bisnis jual beli properti.

Jumlah populasi manusia disetiap tahunnya semakin berkembang, dan sebagian besar orang memiliki pekerjaan mapan sehingga mampu membeli rumah rumah baru mereka, serta berbagai tawaran kredit angsuran rumah yang semakin banyak.

Oleh karena itu, setiap ada perumahan baru dibuat, banyak yang berduyun-duyun untuk membelinya, tidak peduli apakah mereka sudah memiliki rumah atau belum, dalam benak sebagian orang, membeli rumah adalah investasi bagus untuk masa depan. Ketika harga sudah naik, mereka bisa menjual kapanpun rumah tersebut.

Namun jika anda hendak berbisnis properti, berhati-hatilah, karena kini marak terjadi penipuan yang dilakukan dengan memakai metode bisnis investasi. Jangan mudah percaya pada orang-orang yang menawarkan kemudahan sebelum semuanya terbukti benar dan bertanggung jawab.

4. Usaha atau Bisnis  Kuliner

Manusia pada dasarnya butuh makan, inilah yang disebut dengan kebutuhan primer bagi manusia dalam ilmu ekonomi. Kebutuhan orang akan makan dan minum berlaku dari ia lahir sampai ia mati, dan itu terjadi bagi seluruh manusia. Oleh karenanya bisnis kuliner dianggap bisnis yang paling bisa bertahan dari bisnis lainnya, hampir sama dengan bisnis pakaian.

Tempat makan yang menyajikan makanan unik dan khas, biasanya lebih populer bagi masyarakat, namun tidak menutup kemungkinan bagi tempat makan yang menyajikan makanan-makanan mahal. Laku dan tidaknya bisnis kuliner tergantung pada menu masakan, lokasi tempat, tempat parkir dan kebersihan.

Jangan lupa menentukan target konsumen terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan untuk membuka tempat makan, misalnya target konsumen bagi para muda-mudi, maka sudah selayaknya ada mendesain tempat makan yang dapat menarik perhatian bagi muda-mudi. begitu juga dengan target konsumen lainnya.

5. Usaha atau Bisnis Marketing

Terakhir adalah bisnis yang memberikan layanan kepada para pebisnis untuk mengenalkan produk-produk mereka. Dari kelima jenis usaha yang bakal langgeng pada masa depan, hanya model bisnis marketing yang bisa menjangkau keempat bisnis di atas. Artinya, baik bisnis kuliner, bisnis pakaian, bisnis properti dan bisnis penyedia jasa transportasi selalu membutuhkan jasa marketing.

Oleh karena itu, jika ingin berbisnis dengan level bisnis yang dapat menjangkau semua kalangan, buatlah bisnis jasa marketing. Model bisnis marketing bisa diibaratkan sebagai bisnis yang memberikan layanan bisnis kepada pebisnis, menurut saya ini keren.

Tidak semua pebisnis paham bagaimana mengenalkan usahanya kepada masyarakat, dan menurut saya yang memahami bagaimana cara-cara melakukan promo dan iklan, adalah mereka yang intens menggeluti dunia marketing. Jadi, jika kamu punya pengetahuan lebih tentang ini, silakan membuat ide menarik dan tawarkan kepada perusahaan, siapa tahu mereka membutuhkan jasa yang kamu tawarkan.

Nah demikian ulasan tentang kelima jenis bisnis yang bakal ada dan terus berkembang di masa depan, namun perlu anda pahami bahwa, yang berubah bukanlah kategori bisnisnya, melainkan model bisnis yang diterapkan, jadi selalu perhatikan perkembangan-perkembangan yang terjadi di masyarakat.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar