Skip to main content

follow us

Bingung cari kerja? Kenapa harus bingung sih Gaes, di jaman yang sudah sangat berkembang ini, ada banyak pekerjaan yang bisa kita dapatkan dengan mudah, bahkan kita bisa menciptakan pekerjaan itu sendiri.

Namun yang terpenting adalah, kita harus siap segalanya, ibarat kata, disetiap hal yang kita lakukan, harus berdasarkan niat kuat di dalam hati. Kalau niat kita sudah bulat, apapun yang akan kita kerjakan, lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk sukses. Jadi niatkan dalam hati dahulu ya Gaes.

Pekerjaan di jaman now tidak harus berada di kantoran lo Gaes, jika kamu masih meyakinkan diri bahwa kerja layak itu di kantoran, segera tepis anggapan tersebut. Berpikir bahwa kerja kantoran itu bagus tidaklah masalah, namun memprioritaskan diri bisa menjadi pekerja kantoran adalah beban bagi siapapun.

Seperti halnya bagi orang yang menganggap bahwa kerja bagus dan mantap adalah dengan menjadi PNS, itu juga pandangan yang bagus, namun ketika orang tersebut tidak kunjung sukses tes lolos CPNS, bisa jadi ia akan merasa jatuh. 

Era milenial harus lebih produktif dalam berinovasi, juga harus lebih giat dalam mencari ide, misalnya mencari tahu apa potensi sebenarnya yang ada pada diri dan berupaya untuk mengembangkannya, yakinlah bahwa mengembangkan potensi diri jauh lebih nyaman dan menyenangkan ketimbang memberikan potensi pada secarik surat kontrak. Camkan itu ya Gaes.

Beberapa ide bisnis ini mungkin bisa membantu kamu untuk memilih apa saja bisnis yang bisa kalian lakoni. Simak baik-baikya.

Menjadi Blogger Fulltime Profesional

Males setiap hari mendapatkan tekanan dati atasan dan menyelesaikan beban kerja, akhirnya saya memilih untuk keluar dari kantor tempat kerja. Maksudnya bukan sekedar keluar dari dalam gedung, tapi keluar mengajukan surat resign.

Setiap kali saya mendapatkan kerjaan baru, saya selalu merasa bosan dengan suasana pekerjaan, dan setelah 6 bulan s/d 1 tahun, saya memilih resign dan mencari pekerjaan baru lagi. Hingga akhirnya benar-benar merasa tidak cocok bekerja kantoran.

Padahal sebelumnya, saya membayangkan bahwa kerja di kantor itu enak, gaji tetap, uang lemburan dan yang paling penting, strata sosial naik. Namun apa daya, ternyata menjadi pekerja kantoran bukan style yang saya miliki, akhirnya saya memilih pulang.

Dan blogger menjadi salah satu tujuan saya setelah berhenti dari tempat kerja. Akhirnya saya menjadi blogger, dan sela-sela itu saya bisa pergi ke tempat-tempat yang saya inginkan atau sekedar berkumpul dengan orang-orang untuk berbagi pengalaman.

Kalau kerja intinya duit, untuk apa kita menjadi terbelenggu. Kalau dibelenggunya enak dan asyik, itu lain persoalan. Tapi rata-rata, mendapat tekanan dari atasan itu, rasanya tidak enak.

Menjadi blogger itu asyik menurut saya, bahkan menurut mastimon.com. Dulunya ia kepala HRD dan memilih resign dan menjadi fulltime blogger. Hasilnya, gaji yang ia dapatkan lebih banyak dibandingkan kerja di kantoran.

Tertarik untuk menjadi blogger, dapatkan ebooknya di sini

Menjadi Seorang Youtuber

Selain menjadi blogger kini ada lagi cabang pekerjaan baru yang bisa kita manfaatkan, yaitu menjadi seorang youtuber. Ada banyak kisah dari youtuber yang sukses bertubi-tubi dari kerja edit dan upload video di platform youtube, namun ada banyak pula yang gagal.

Yang sukses karena mereka bekerja secara serius, punya mimpi besar dan tentu punya target jelas. yang tidak sukses biasanya hanya mengharap dapat duitnya semata dengan mengupload video sekedarnya. Oh ya, jangan abaikan hoki, saya pribadi masih percaya bahwa hoki juga masuk dalam penilain blogger dan youtuber.

Kalau saat ini kamu sedang bingung mencari kerja untuk menghasilkan uang, tips ini boleh kamu pakai. Yang penting bisa konsisten dan tidak semata-mata tertarik karena uangnya saja. Di dunia ini tidak ada yang instan langsung berhasil. Ingat, mi instan itu meski sifatnya instan tapi tidak dibuat secara instan. Butuh proses panjang untuk bisa menjadi instan.

Menjadi Reseller Dan Dropship

Bingung cari kerja? Kenapa tidak jadi reseller saja, ada banyak sekali penyedia barang yang saat ini membutuhkan reseller.

Reseller berbeda dengan dropship, kalau dropship kita tidak perlu membeli barang tertentu karena sifatnya hanya menjadi perantara dari barang, tapi untuk pengenal tetap memakai nama dan alamat kita sendiri, serta yang menyampaikan barang tersebut kepada konsumen.

Reseller berarti menjual kembali, artinya kita harus membeli barang tertentu dan menjualnya kembali kepada konsumen. Ini sangat mudah dilakukan, terlebih dengan menjadi reseller, kita bisa mengontrol kuantitas barang secara mandiri.

Namun keduanya memiliki kesamaan, yaitu, baik dropship maupun reseller tidak perlu memproduksi barang sendiri. Kalau membuat produk itu namanya produsen. Jadi bedakan ya.

Beberapa toko online seperti Bukalapak menyediakan member bagi siapapun yang ingin menjadi reseller. Prosesnya cukup mudah, karena kita tinggal membeli barang dengan akun kita lalu menjual barang tersebut kepada konsumen yang telah kita dapatkan. 

Begitu juga dengan dropship, beberapa toko online juga menyediakan kesempatan kepada member yang ingin menjual barang member lain, namun di atasnamakan sebagai namamu. Pihak penjual pertama akan mengirimkan barangnya kepada konsumen dengan memakai nama dan alamat kamu sendiri. 

Cara ini terbukti banyak diminati oleh kebanyakan orang karena sifatnya yang mudah namun tetap mendapatkan keuntungan.

Menjual Jasa Dan Keahlian

Ribet dengan berbagai SOP dan sistem transaksi? Kenapa tidak menjual skill dan Jasa bagi orang lain. Misalnya nih kamu sangat pandai menggambar di komputer dengan memakai aplikasi seperti CorelDraw atau Photoshop, sedangkan kamu sedang nganggur. Silakan jual keahlian yang kamu miliki kepada siapapun yang membutuhkan.

Kamu bisa mulai menawarkan diri di media sosial atau di forum-forum online yang bisa kamu temui dengan mudah, atau kalau ingin yang lebih profesional, silakan membuat websites yang menjelaskan detail keahlianmu tersebut.

Ini juga bisa diterapkan pada keahlian menulis, membuat websites, atau jasa dibidang lainnya yang bergerak di dunia offline. Ada banyak skill yang dimiliki oleh manusia namun masih bingung bagaimana cara mengubahnya menjadi money. Ini sangat simpel tapi tidak instan. Semua butuh proses, dan bagi siapa saja yang mencintai proses, maka dia akan berhasil, itulah intinya.

So, seperti yang telah saya katakan di atas, jaman sudah maju, dan banyak orang membutuhkan berbagai hal yang bisa memudahkan hidupnya, so jadilah manusia yang bisa menjawab kebutuhan orang lain. Soal pekerjaan, yang terpenting adalah usaha, bukan hasilnya. Hasil anggap saja sebagai bonus.

Beberapa tips di atas hanya sebagai contoh belaka, kamu bisa mengembangkan sendiri menurut keinginan. Meski yang saya sebutkan di atas terlihat mudah, namun sebenarnya tidak mudah. mudah itu apabila kita sudah menemukan targetnya, kalau belum berarti tidak mudah. Saya menyebut ngeblog itu mudah karena saya paham tentang blogger, namun bagi orang lain yang tidak bisa ngeblog, pasti semua tampak sulit. So temukanlah sendiri apa yang mudah untukmu.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar