Skip to main content

follow us

Cara Membuat Progressive Web Apps (PWA) - PWA adalah aplikasi web yang dirancang khusus untuk web dengan tujuan kecepatan akses (Instan loading), notifikasi push, keamanan (Secure) dan notifikasi add to home screen. PWA bekerja seperti aplikasi native pada umumnya, namun sebenarnya sangat berbeda.

PWA lebih menguntungkan dipakai sebagai pengganti alternatif aplikasi APK yang ada di Android, karena memang cara kerjanya sama. Selain tidak terlalu banyak membutuhkan resource, PWA memang khusus dirancang untuk menambah pengalaman pengguna, supaya mereka bisa menikmati fitur yang sama dengan aplikasi android pada umumnya.

Setahu saya, belum banyak situs yang menerapkan PWA, tapi pemilik situs besar seperti Instagram dan Twitter sudah menerapkan PWA. Perlu kita ketahui bahwa, Twitter dan Instagram memiliki 2 jenis penggunaan, yaitu menggunakan aplikasi Android yang bisa di download di Playstore dan menggunakan web yang bisa diakses di browser Android, misalnya dengan browser Chrome.

Aplikasi Twitter dan Instagram bisa diakses melalui dua cara, seperti yang telah saya jelaskan di atas, dan kedua cara tersebut tidak memiliki perbedaan khusus. Baik dibuka di aplikasi (APK) dan di browser, keduanya sama saja. Namun jika dilihat dari penggunaan memori, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Apa Pengaruh Install APK di Android?

Yang jelas, dengan memasang APK di Andorid, keuntungan pertama bagi user adalah dapat mengakses aplikasi dengan cepat. Berbeda ketika memakai browser, pengguna harus mengetik alamat situs.

Misalnya saat ingin mengakses Instagram, jika memakai aplikasi, pengguna hanya perlu membuka Homescreen dan menyentuh aplikasi IG lalu semua fitur ditampilkan. Namun jika memakai browser, pengguna harus menulis alamat situs www.instagram.com dan membukanya (kecuali sudah menambahkan pintasan).

Semakin banyak aplikasi yang instal di Android, semakin membuat kapasitas memori menipis, itu dikarenakan, aplikasi Android jamak berukuran besar. Katakanlah seperti aplikasi Facebook, Twitter, Instagram dll, terkadang saya malas instal karena mereka sangat memberatkan Handphone.

Secara detail, instal aplikasi Android, memiliki kelemahan seperti ini:
  1. Ukuran APK terlalu besar
  2. Membebani memori handphone
  3. Mengurangi kecepatan respon handphone karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  4. Menghabiskan kuota internet
  5. Update aplikasi bertahap
Kelemahan-kelemahan tersebut bisa saja di atasi sementara, namun tidak semua user telaten melakukannya. Berikut beberapa artikel yang sudah saya tulis untuk membantu pembaca.


Menggunakan Progressive Web Apps (PWA) di Android

Instagram dan Twitter sudah menerapkan PWA di situsnya, kabar baik ini langsung saya respon dengan menghapus aplikasi dari HP dan menggantinya dengan PWA. Untuk urusan begini, saya tidak terlalu ambil pusing.

Keuntungan bagi saya adalah, meski tidak menggunakan aplikasi tersebut dan lebih memilih PWA, saya tetap bisa mendapatkan fitur sama, ditambah kecepatan loading cepat, tidak membebani RAM, memori HP tetap longgar dan yang terpenting, bisa IG nan seperti biasa, sampai bosan.

Cara menggunakan PWA Twitter dan Instagram adalah:

STEP 1 Buka Google Chrome di Android

STEP 2 Buka alamat situs www.intagram.com

STEP 3 Add Instagram to Home Screen

Tunggu loading selesai, nanti akan ada notifkasi di layar bawah "tambahkan Instagram ke layar utama". Lalu akan ada proses pemasangan Instagram di Home screen. Tunggu sebentar.

STEP 4 Buka IG di Home Screen

Setelah itu pergi ke home screen dan cari icon IG, silakan buka, itu adalah Instagram versi PWA. Nah sangat mudah sekali. Untuk efisiensi, silakan hapus Aplikasi Instagram yang kamu dapatkan dari Play Store.

Kamu bisa menerapkan cara ini untuk Twitter dan situs lain, misalnya nggalek.co. Situs tersebut sudah support PWA.

Lihat SS ini untuk memudahkan pemahaman penjelasan saya di atas:



Sebenarnya saya sudah membuat PWA di beberapa webstite yang saya kelola, ada yang berhasil dan ada yang tidak.

kalau di WP, membuat PWA sangat mudah, karena ada plugin yang tersedia. Namun ketika menerapkan di blog ini, saya menemui kendala. Ternyata blogspot belum bisa sepenuhnya PWA. Kelemahannya berada pada notifikasi Add to Homescreen. Tapi mastrigus.com bisa di tambahkan di Home Screen memakai cara manual. Dan ini kurang asyik menurutku.

Oke Gaes, Terimakasih sudah membaca artikel Cara Instal Progressive Web Apps (PWA) di Android Sebagai Pengganti APK. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berkomentar.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar