Skip to main content

follow us

Sobat, pernahkah kalian memakai bit.ly? Bitly.com adalah sebuah situs terkenal dengan fitur yang dapat memperpendek URL panjang. Fasilitas yang mereka berikan sangat bermanfaat bagi pengguna yang menyukai URL pendek.

Saya kerap menggunakan bit.ly untuk keperluan memperpendek link panjang yang kebetulan ingin saya share kepada orang lain. Ini sangat bermanfaat bagi orang lain, karena simpel. Selain itu, bagi orang lain yang tidak terlalu familiar dengan link panjang kadang malah membuat mereka menjadi bingung.

Fitur Free yang diberikan Bitly.com tidak mengizinkan user untuk membuat multipel link sekaligus. User hanya bisa membuat link pendek sejumlah satu dalam sekali kerja. Jadi ketika kita memiliki 500 link panjang dan ingin memperpendek di bit.ly, kita harus melakukannya satu persatu sebanyak 500 kali kopi paste. Tentu bukan pekerjaan yang mudah.

Berbeda dengan fitur premium, pengguna dapat membuat multipel link sekaligus. Namun tentunya harus membayar kepada pengelola bit.ly.

Membuat Multiple Link Bit.ly

Sebenarnya ada cara khusus yang bisa dipakai untuk membuat multiple link via bit.ly. Dengan memanfaatkan Google Spreadsheets, memungkinkan kita untuk membuat link pendek sekali kerja. Cara kerjanya seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini:



PETUNJUK:

Silakan buat akun bit.ly terlebih dahulu, ikuti setiap petunjuknya hingga akhir.


Lihatlah kode login dan API key di pengaturan. Caranya: Klik icon 4 garis sejajar di pojok kanan atas) - Setting - Advanced Settings - API Support. Kemudian catat kode yang tampil. Kalau tidak ada silakan klik generated. Lihat gambar di bawah



Buka Spreadsheets yang telah disediakan melalui link ini: Shorten Urls Bit.ly. Perhatian, Spreadsheets tersebut saya buat hanya boleh dilihat oleh orang lain, serta tidak bisa di edit. Untuk membuat yang bisa diedit, buatlah salinan sendiri.

Caranya: Klik File - Buat Salinan nanti otomatis akan membuat file sendiri yang tersimpan di Google Drive kalian. Sebelum melakukan ini, pastikan kamu sudah login di akun Google.


Salin kode yang didapat dari STEP 2 tadi ke kolom yang telah disediakan di Spreadsheets. Lihat gambar di bawah ini:



Setelah itu kita tinggal memasukan URL panjang ke kolom URL di Spreadsheets, dan link bit.ly secara otomatis muncul. Selesai.

Ternyata caranya cukup mudah bukan? Dengan begini kita bisa menggunakan waktu dan tenaga lebih efisien. Terimakasih sudah mempelajari tutorial ini, semoga bermanfaat.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar