Skip to main content

follow us


Wifi Hotspot Raspberry 3 - Ada banyak hal yang bisa kita lakukan pada Raspi, sebutan bagi single-board circuit bernama Raspberry. Mulai dari membuat hal sederhana hingga membuat alat-alat yang canggih. Di luaran sana, banyak orang mengembangkan proyeknya memakai Raspi.

Menurut saya Raspi adalah barang mewah, ia menawarkan fasilitas bagus namun tidak langsung memberikan kemudahan bagi penggunanya. Ibaratnya seperti berkata begini "Ini ada barang bagus, kamu apakan saja bisa, tapi kamu harus mencari sendiri caranya, kamu ingin apa, carilah caranya".

Tidak seperti komputer lainnya yang menawarkan satu paket lengkap kemudahan bagi pembeli. Ketika membeli paket tersebut, berarti user tinggal memakainya dan tidak perlu edit sana edit sini.

Oleh karenanya saya puas membeli Raspi. Ia mengingatkan masa-masa penasaran, yang dari rasa penasaran tersebut, muncul sebuah gagasan atau solusi untuk memecahkan pertanyaan yang sudah kita buat. Jadi, memiliki raspi, kembali pada masa penasaran.

Baca artikel saya lainnya:
Unboxing & Review Raspberry Pi 3 Model B

Raspi bisa di instal berbagai macam OS. Saya sudah mencoba Raspibian dan Ubuntu Mate Raspi. Semuanya enak dan memiliki kelebihan. Jika ingin kemudahan pakailah Ubuntu Mate, jika ingin kesederhanaan, pakailah Raspibian.

Wifi Hotspot Raspi

Kalau kita memakai Ubuntu Mate, kita bisa langsung membuat wifi hotspot dengan mudah. Oh ya, hotspot ini berfungsi untuk membagi jaringan kepada perangkat lain, sehingga orang lain bisa mengakses internet atau file yang ada di Raspi kita. Dengan cara ini kita tidak membutuhkan lagi tambahan alat seperti acces point. Raspi sudah dilengkapi penerima wifi, dan bisa digunakan untuk menyebarkan wifi juga.

Namun jika kita memakai Raspibian (OS khusus untuk Raspi), itu tidak bisa kita lakukan secara langsung tanpa mengatur konfigurasinya. Seperti yang saya katakan di atas, Raspibian adalah OS yang sangat sederhana.

Oke sekarang kita akan membuat Wifi Hotspot di Raspibian, ikuti step-stepnya ya Gaes.

STEP 1: Buka terminal
STEP 2: Ketik perintah di bawah ini satu persatu (silakan di copy)

sudo apt update

sudo apt updatsudo apt install network-manager network-manager-gnome openvpn \openvpn-systemd-resolved network-manager-openvpn \network-manager-openvpn-gnomee

sudo apt purge openresolv dhcpcd5

sudo ln -sf /lib/systemd/resolv.conf /etc/resolv.conf

STEP 3: Menampilkan Icon di Panel

Selanjutnya kita akan menempatkan icon pengaturan jaringan di panel atas, supaya lebih mudah kita konfigurasi nantinya. Pengaturan ini akan menghapus icon default pengaturan wifi pada Raspi dan menggantikannya dengan yang baru saja kita pasang.

STEP 4: Buka Panel Preference 

Caranya adalah, klik kanan pada panel atas (sidebar) dan pilih Panel Setting

STEP 5: Pilih Panel Applets

Di Panel Applets kita akan menghapus icon tertentu, cari teks Wireless & Wired network, pilih lalu klik remove, lakukan juga pada Spacer.

STEP 6: Reboot

Ini dilakukan untuk menampilkan konfigurasi yang telah kita buat tadi. Setelah reboot, akan muncul icon di panel, menggantikan icon Wireless default Raspibian. Nah, icon tersebutlah yang akan kita pakai untuk membuat hotspot.

STEP 7: Konfigurasi Hotspot

Cara ini terlalu mudah untuk saya tuliskan, karena hampir sama dengan cara membuat hotspot di Ubuntu Mate.

Untuk melanjutkan proses membuat Wifi Hotspot di Raspibian, silakan ikuti pengaturan sesuai video tutorial di bawah. Semua yang telah saya jelaskan di atas, sudah ada di dalam video.


Ternyata membuat Wifi Hotspot di Raspi 3 sangatlah mudah bahkan tanpa tambahan peralatan lain. Namun sebenarnya, mencari tutorial seperti ini tidak mudah, saya butuh waktu 2 hari untuk menenemukan tutorial yang bisa diterapkan dengan mudah. Dan hasilnya memang memuaskan. Kalau hidup ini bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah. Benar nggak Gaes?

Thanks to Amine Tech

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar