Skip to main content

follow us

Dalam percobaan kali ini, saya akan mencoba untuk mengoperasikan Raspberry Pi 3 Model B dari Laptop. Sebenarnya ini hanya untuk meminjam monitor laptop sebagai monitor Raspi sehingga saya bisa mengoperasikan si Raspi dari laptop. Uji coba berhasil 100%.

Namun sebelumnya, saya tuliskan terlebih dahulu detail Raspi yang saya gunakan, serta OS yang terinstal di dalamnya. Ini supaya kita lebih mudah menerapkan pengalaman yang sama. Karena di beberapa tutorial yang saya baca, penulisnya tidak menyertakan spesifikasi Raspi yang digunakan, sehingga sangat sulit membuat pengalaman yang sama.

Spesifikasi Raspi yang saya pakai:
  • Raspberry Pi 3 Model B
  • OS menggunakan Ubuntu Mate
Untuk bisa menerapkan tutorial ini kita hanya membutuhkan Kabel Lan Cros untuk menyambung kan antara laptop dan Raspi. Untuk itu silakan membuatnya atau membelinya di toko terdekat.

CATATAN PENTING:
Sebelumnya, kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu SSH yang ada di Raspi supaya dapat di akses dari komputer lain. Cara mengaktifkannya: Buka terminal - Ketik sudo su - ketik raspi-config - pilih Interfacing Options - Pilih SSH - Pilih YES - Pilih OK.


Tanpa terlebih dahulu mengaktifkan SSH secara manual, kita tidak akan bisa mengakses Raspi sebagaimana tutorial yang saya buat ini.

Tahap Persiapan

  1. Pastikan bahwa Raspi sudah terinstal OS Ubuntu Mate Raspi seperti OS yang saya pakai.
  2. Melakukan konfigurasi IP statis pada Raspi, supaya mudah di akses melalui laptop
  3. Sambungkan kabel lan ke port Raspi dan port laptop.
  4. Instal aplikasi MoboXtream. Silakan cari di internet.
CATATAN: Untuk melakukan konfigurasi IP Lan, supaya lebih mudah, lakukan pada Raspi dengan monitor terpisah. Saya anggap kalian sudah memasang Raspi pada monitor, keyboard dan mouse. Intinya, sudah mengoperasikan Raspi pada kelengkapan alat sebagaimana seharusnya.
Baca ulasan saya di sini supaya paham: 

STEP-1: Buat IP Statis

Buatlah IP statis di Raspi. IP Raspi ini akan kita samakan dengan IP yang ada di laptop. Misalnya, saya mengatur IP Statis di raspi 192.11.22.1, sedangkan di laptop saya mengaturnya 192.11.22.2.

Dengan cara ini kita tidak perlu melakukan scan ip sebagaimana yang diperintahkan pada tutorial-tutorial yang berbeda.

STEP-2: Tancapkan Kabel LAN

Dalam percobaan kali ini kita menyambungkan koneksi laptop dan raspi menggunakan kabel LAN. Sebenarnya memakai wifi juga bisa. Akan saya bahas di artikel terpisah.

STEP-3: Buka MoboXtream

Buka aplikasi tersebut dan ikuti step ini:

Step-3.1: Klik menu Session, pilih New Session
Step-3.2: Klik SSH dan ikuti pengaturan seperti gambar di bawah ini:


STEP-4: Tampilan Raspi

Setelah ini MobaXtream akan membuka layar baru yang nantinya akan menampilkan Raspi, namun sebelumnya, kita harus memasukkan terlebih dahulu username dan pasword yang sebelumnya sudah kita buat di Raspi, sesaat setelah instalasi selesai.

Jika konfigurasi yang telah kamu buat benar, maka layar laptop kamu sekarang menampilkan layar Raspi.

Jangan putus semangat jika belum bisa, kamu bisa meminta batuan kepada saya secara langsung. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar, nanti akan saya balas, jika saya tahu. Terimakasih.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar