Skip to main content

follow us

Kenapa handphone masa kini lebih sering disebut smartphone? Jawabannya ternyata simpel banget, itu karena, handphone yang beredar saat ini, telah dibekali fitur-fitur cerdas dan bisa bekerja dengan cerdas. Kecerdasan inilah yang akhirnya menjadi brand bagi handphone itu sendiri, sehingga layak disebut sebagai telepon cerdas.

Meski HP dikatakan sebagai alat cerdas, terkadang penggunanya belum cerdas lo, hehe. Kenapa bisa begitu? Menurut saya, itu terjadi karena sebagian besar pemilik HP belum mengetahui berbagai macam fitur yang ada di dalamnya. Percaya nggak percaya memang itu fakta dari beberapa orang yang sama temui.

Saya pengguna Xiaomi Redmi 4X dan hingga saat ini, saya masih puas dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya. Meski hingga saat Redmi 4X masih kebagian MIUI 9, namun saya masih enjoi mempertahankan. Sebenarnya sih ingin sekali menikmati fitur MIUI 10 versi stable. Sayangnya Redmi 4X belum kebagian update OTA versi stable.

Di dalam Xiaomi yang memakai MIUI 9, kita dapat menikmati salah satu fitur yang bisa kita manfaatkan untuk merekam layar handphone aktif. Nama fitur tesebut adalah Rekam Layar (jika memakai pengaturan bahasa Indonesia) atau Screen Recorder (jika memakai pengaturan bahasa Inggris).

BACA JUGA:
Cara Membuat Video Time Lapse dengan Kamera Xiaomi MIUI 8
Cara Download Video Youtube Dari Android

FITUR SCREEN RECORDER XIAOMI

Screen Recorder Xiaomi atau Rekam Layar Xiaomi ini memiliki beberapa fitur keren, diantaranya adalah:
  1. Pengaturan Resolusi. Kita bisa merekam layar dengan resolusi 1280*720 atau 800*470.
  2. Kualitas video dibagi menjadi 2Mbps dan 1Mbps.
  3. Orientasi bisa memilih Otomatis, Portret (Vertical) dan Landscape (Horisontal).
  4. Memilih sumber suara video menjadi hening, suara dari mikrofon dan dari sistem suara (suara internal).
  5. Laju bingkai bisa diatur menjadi 15fps, 24 fps dan 30fps.
  6. Pengaturan untuk menghentikan perekaman dengan tombol kunci.
  7. Menampilkan visualisasi gerakan sentuhan di hasil rekaman. dll
Semua fitur tersebut sudah tertanam di handphone Xiaomi tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu.

Namun jika kamu bukan pengguna Xiaomi, aplikasi ini bisa kamu download dan dipasang di Handphone kamu. Untuk caranya, silakan lihat di bawah, karena saya akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana Screen Recorder ini bekerja.

Cara Merekam Layar HP Menggunakan Screen Recorder



Sebelum merekam layar, kita akan melakukan konfigurasi atau pengaturan terlebih dahulu supaya hasilnya maksimal. Untuk itu silakan ikuti gambar yang telah saya buat di atas
  • STEP 1: Bukan aplikasi Rekam Layar/Screen Recorder;
  • STEP 2: Sentuh tombol gear seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah nomor dua;
  • STEP 3: Ikuti pengaturan di gambar paling kanan atau buatlah pengaturan sendiri. Misal jika kamu ingin suara video dihasilkan dari audio internal, ubah pengaturan Sumber Suara menjadi Sistem Suara
Setelah itu kita siap untuk melakukan perekaman layar. Caranya seperti ini, simak gambarnya ya:


STEP 1
Buka aplikasi Rekam Layar/Screen Recorder atau jika kamu masih berada di menu pengaturan seperti gambar di atas, tinggal sentuh tombol back. Intinya kita menuju pada tampilan utama aplikas Rekam Layar

STEP 2
Sentuh tombol seperti yang telah saya tunjukkan di nomor satu gambar di atas. Nanti kamu akan diarahkan pada tampilan home screen. Maksudnya, aplikasi menyuruh kamu untuk memilih apa yang ingin kamu rekam.

STEP 3
Tetapkan layar handphone yang ingin kamu rekam. Setelah ketemu silakan tekan tombol No 2 (lihat gambar), maka aplikasi akan secara otomatis merekam layar kamu, rekam layar Android kamu sesuai kebutuhan. Dan apabila kamu sudah selesai merekam, tekan tombol itu lagi untuk stop dan tekan lagi untuk close.

STEP 4
Jika pada pengaturan kamu menyetel aplikasi akan kembali ke tampilan utama aplikasi Rekam Layar, setelah menekan tombol close, pastinya kamu akan masuk secara otomatis ke layar yang menampilkan hasil rekamanmu tadi. Cuma gitu doang dan selesailah sudah tutorial ini.

Gimana, mudah sekali bukan? Dengan aplikasi ini kamu bisa berkreasi sesuka hati membuat video dari android. Khususnya untuk merekam layar aktif android.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel saya, jika ada yang belum jelas, tinggalkan komentar di bawah. InsyaAllah saya akan membalasnya segera.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar