Skip to main content

follow us

Adsense diblokir/dibanned. Perlu anda pahami bahwa, saya di sini  tidak sedang menjalani profesi sebagai Google atau sok menjadi polisi kebijakan. Saya hanya menulis pengalaman yang telah saya dapatkan, supaya kita bisa bertukar pikiran tentang bagaimana supaya akun adsense yang kita miliki tidak diblokir Google. Jika menurut Anda ini perlu silakan lanjutkan membaca, namun jika Anda rasa ini tidak penting, silakan keluar dari halaman ini.

Saya pernah memiliki akun adsense dan pada akhirnya di blokir oleh Google, alasannya tidak cukup jelas, namun hanya menyebutkan terkait adanya viloation atau pelanggaran. Selama yang saya tahu, Google memiliki beberapa cara untuk mengingatkan pemilik akun jika terjadi pelanggaran, yaitu:
  1. Langsung menonaktifkan akun adsense tanpa memberikan peringatan terlebih dahulu, dan
  2. Memberikan peringatan kepada pemilik akun dan menyuruhnya untuk memperbaiki.
Untuk kasus pertama saya sudah pernah mengalaminya dan begitu juga untuk kasus kedua. Dan dari kedua kasus, rata-rata yang mudah untuk diperbaiki adalah kasus yang nomor 2, sedangkan kasus nomor satu, rata-rata tidak bisa diselamatkan, meskipun pemilik akun mengajukan banding.

Kenapa Google Memblokir Akun Adsense?

Jawabannya hanya satu, Google memblokir akun adsense jika terjadi pelanggaran terhadap situs atau halaman. Menurut pengetahuan saya, ada dua jenis peringatan yang diberikan Google kepada pemilik akun, yakni peringatan tingkat situs dan peringatan tingkat halaman. 

Peringatan Pelanggaran Tingkat Situs

Yang dimaksud dengan peringatan tingkat situs adalah peringatan yang diberikan Google kepada pemilik akun, untuk memberitahukan bahwa telah terjadi pelanggaran pada keseluruhan situs web/blog.

Pelanggaran jenis ini menurut saya susah untuk di identifikasi, karena Google biasanya tidak menjelaskan secara detail tentang pelanggaran apa yang dimaksud. Jika peringatan ini diberikan kepada anda, sebaiknya lebih banyak membaca materi Kebijakan Program Adsense yang telah disediakan oleh Google. Dari situlah kita dapat mengidentifikasi secara manual.

Ingat, sudah menjadi keharusan jika Publisher Adsense memahami keseluruhan kebijakan yang telah dibuat oleh Google tanpa itu kita hanya akan menjadi pengumpat dan pendendam serta menyatakan bahwa Google tidak adil.

Peringatan Pelanggaran Tingkat Halaman

Dibandingkan dengan jenis pelanggaran pertama, pelanggaran tingkat halaman lebih mudah untuk diidentifikasi, karena biasanya Google memberitahukan kepada kita terkait halaman mana yang melanggar kebijakan Google Adsense.

Saya kerap mendapati peringatan ini, semisal menulis materi yang agak sensitif, ternyata setelah Google berhasil mengindeks dan mempelajari materi yang ada di dalam artikel tersebut, ia memberikan peringatan kepada saya bahwa halaman tersebut tidak sesuai dengan kebijakan yang telah mereka buat. 

Ada rekomendasi yang diberikan kepada saya, seperti menyuruh untuk memperbaiki materi yang ada di halaman, atau menghapus halaman tersebut. Google melakukan tugasnya dengan tidak menampilkan iklan di halaman yang melanggar tersebut.

Sampai di sini saya paham, jika kita tidak membuat banyak kesalahan sehingga menyebabkan adanya pelanggaran blog/web, kita hanya diperingatkan pada halaman-halaman yang sekiranya tidak sesuai dengan kebijakan. Saya rasa Google memiliki keadilan.

Masalah Pemilik Akun / Webmaster

Dahulu, ketika pertama kali Google memblokir akun adsense yang saya miliki, saya benar-benar marah. Pasalnya saya tidak merasa melanggar kebijakan seperti yang telah di tuduhkan oleh Google. Saya hanya menulis dan mempostingnya, dan saya tidak melakukan hal-hal aneh.

Kemudian saya tidak langsung patah semangat, mungkin benar bahwa blog saya melanggar kebijakan tingkat situs sehingga Google memblokir akun adsense saya, lantas saya mempelajari apa saja hal yang bisa dianggap melanggar oleh Google.

Mendapatkan penghasilan dari Adsense itu penting, namun menyajikan konten berkualitas adalah prioritas. Itulah mindset yang seharusnya dibangun oleh seorang blogger.

Dahulu saat saya membuat blog ini, saya kerap menerapkan trik-trik usang yang berserakan di Google search dan juga forum-forum Blogger. Sebagian trik yang mereka tulis, ternyata tidak sesuai dengan standar kebijakan Google. Tapi karena dahulu saya pernah menerapkan di Blog, mungkin Google masih menyimpan beberapa pelanggaran yang saya buat.

Jika blog sudah ter-indeks, segala perubahan yang telah kita buat di blog akan tercatat. Catatan ini bisa di-tracking kembali jika dibutuhkan. Hal inilah yang saya pikirkan, mungkin Google benar, ia telah melihat apa saja yang pernah saya lakukan di blog dan menimbang apakah menjadi kesalahan atau tidak. Selanjutnya Google membuat keputusan.

Selain itu, jika kita mau membaca artikel yang telah dibuat oleh Google, di sana telah dijelaskan daftar konten terlarang secara detail. Silakan pelajari sendiri supaya anda paham dengan apa yang telah anda buat. 

Kiat Aman Supaya Akun Adsense Tidak Diblokir

Saya merekomendasikan kepada diri saya sendiri dan kepada anda untuk berhati-hati dalam membuat blog atau konten yang nantinya akan ditautkan dengan iklan adsense. Ini bertujuan supaya Google tidak dengan gampang memblokir akun adsense dan menyebabkan kerugian pada kita sendiri.

Namun jika anda rasa bahwa "diblokir" bukanlah masalah, itu juga tidak apa-apa, segala sesuatu tergantung kepada yang menjalaninya. Namun terimalah segala konsekuensi dari apa yang telah anda putuskan.

Menurut pengalaman saya, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan supaya Akun Adsense aman dan tidak diblokir, di antaranya adalah:

Buatlah Blog yang Mematuhi Pedoman Kebijakan Webmaster

Google telah membuat artikel yang berisi materi tentang Pedoman Webmaster. Di dalam artikel tersebut telah dijelaskan secara gamblang mengenai Pedoman Umum, Pedoman Kualitas, Prinsip Dasar, dan Pedoman Spesifik.

Beberapa di antara yang disebut dalam artikel tersebut, seperti Prinsip Dasar yang dimaksud Google, adalah:
  1. Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
  2. Jangan menipu pengguna Anda.
  3. Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur.
  4. Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik. Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda.
Untuk lebih jelas mempelajari Blog yang baik menurut Google, bisa anda pelajari di sini: Pedoman Webmaster.

Buatlah Konten Orisinal, Bukan Artikel Copas

Mindset buruk menjadi seorang blogger adalah terfokus pada penghasilan dan menganggap remeh kualitas konten. Pemikiran seperti ini hanya akan menjebak diri pada kerja-kerja instan dan tidak belajar bagaimana cara membuat konten berkualitas.

Mendapatkan penghasilan dari Adsense itu penting, namun menyajikan konten berkualitas adalah prioritas. Itulah mindset yang seharusnya dibangun oleh seorang blogger.

Jika artikel atau konten yang anda sajikan di blog adalah hasil dari karya anda sendiri, saya rasa tidak adalah bagi Google untuk melakukan banned pada akun Adsense. Namun sebaliknya, jika anda tetap ngotot melakukan copas konten, jikalau Google tidak lagi mengizinkan anda menayangkan iklan, tidak perlu meraung-raung seperti orang yang tidak mengerti mengenai kebijakan.

Hindari Trik-Trik Murahan yang Menyesatkan

Tidak ada yang tidak bisa, karena semua hal selalu mempunyai cara, termasuk cara untuk meningkatkan visitor dan merajai artikel di SERP. Namun segala cara dan trik selalu mengandung resiko. Kalau resikonya baik, itu bisa kita terapkan, namun jika resikonya buruk, lebih baik jangan anda lakukan.

Di dalam artikel berjudul Menjadi Blogger Sukses dan Profesional saya mengulas bagaimana persiapan untuk menjadi blogger yang baik. Lebih khusus saya tekankan mengenai persiapan blogger dalam belajar membuat konten orisinal dan berkualitas.

Artikel tersebut untuk menjawab beberapa kasus blogger yang memilih menggunakan cara instan dengan menerapkan trik-trik murahan yang biasa dirangkum dalam sebuah tool. Tool ini dibuat untuk mencari keuntungan, yang belum tentu si pembuat tool berhasil mencari pendapatan dari Google Adsense. Oleh karenanya ia hanya bisa membuat tool murahan yang ditawarkan kepada para blogger pemula yang frustasi karena tidak kunjung berhasil.

Hindari Klik Iklan Sendiri

Mendapatkan keuntungan dari Google Adsense bukan dengan cara klik iklan sendiri, itu sama halnya bunuh diri. Ingat, iklan itu ditujukan kepada pengunjung blog, dan anda adalah seorang publisher. jangan melakukan klik iklan jika tidak mau melanggar kebijakan.

Kita juga tidak boleh menyuruh orang untuk klik iklan di blog kita atau membuat iklan pop-up sehingga menyesatkan pengunjung.

Saya rasa untuk kasus ini sudah banyak dimengerti oleh para Blogger. Kalau blog anda tidak kunjung mendapatkan klik, pakailah teknik yang sehat, seperti menerapkan template blog yang bisa menaikkan CTR.

Dan yang terakhir adalah bersabar sekaligus melakukan perbaikan-perbaikan kualitas blog, tambah wawasan dengan mengikuti forum-forum blogger profesional, membaca artikel terkait tentang menjadi publisher adsense, serta jangan mudah terprovokasi oleh screenshot penghasilan adsense puluhan juta.

Jadi tetaplah fokus untuk membuat konten yang bermanfaat bagi pengunjung blog anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar