Skip to main content

follow us

Kecantikan wisata Bromo Malang memiliki pesona yang tidak ada habis-habisnya. Ada puluhan tempat wisata Bromo dan sekitarnya yang bisa Anda eksplore keindahannya, sehingga tempat ini menjadi favorit bagi wisatawan dalam hingga mancanegara.

Satu dari sekian banyak wisata Malang yang menarik perhatian adalah sunrise di Bromo. Anda tidak boleh melewatkannya ketika mengunjungi Kota yang terkenal dengan buah Apel ini.

Gunung Bromo adalah gunung berapi yang terkenal di Jawa Timur. Ketinggiannya mencapai 2.392 mdpl dan memiliki kawasan pegunungan yang bertautan dengan ngarai dan lembah. Di sekitarnya ada hamparan pasir dengan luas 5.300 hektar. Gunung yang satu ini menjadi spot unggulan di Kota Malang karena memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Gunung Bromo disebut juga sebagai Gunung Brahma yang menjadi tempat suci di antara kawasan Tengger yang lain. Untuk menikmati keindahan matahari terbit, Anda perlu mendaki sekitar 2.780 meter dari Puncak Penanjakan.

1. Wisata Bromo Selain Gunung

Selain gunung, ada beberapa spot yang patut untuk dieksplore. Diantaranya:

Pasir Berbisik

Lautan pasir ini letaknya ada di bagian timur Bromo. Areanya sangat luas, pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan seru. Meliputi berkuda atau mengendarai motor.
Nama pasti berbisik berasal dari sebuah film dengan latar hamparan pasir Bromo yang berjudul Pasir Berbisik dengan sutradara Garin Nugroho. Angin menggerakkan butiran pasirnya dan menimbulkan suara alam yang indah.

Bukit Kingkong

Jika ingin melihat sunrise, alternatifnya adalah dari Bukit Kingkong. Jaraknya sekitar 2,5 km dari Penanjakan Satu.

Desa Ngadas

Wilayahnya ada di Kecamatan Poncokusumo dan menjadi pemukiman dari Suku Tengger. Adat yang masih terpelihara membuat desa ini jadi unik. Anda akan disambut oleh masyarakat Desa Ngadas dari arah dapur

Bromo MilkyWay

Tunggu hingga malam hari untuk melihat kerlip bintang di langit Bromo. Ada banyak spot yang cocok untuk hunting foto. Jangan lupa siapkan kamera bagus saat melihat Bromo MilkyWay.

2. Lokasi Wisata Gunung Bromo

Lokasi Gunung Bromo melingkupi 4 kawasan kabupaten di Provinsi Jawa Timur meliputi Kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang. Wisatanya mudah diakses karena kondisi jalan yang baik. Rute paling mudah adalah melalui Probolinggo.

Dari Kediri, Tulung Agung, atau Jombang silahkan naik Bus Harapan Jaya jurusan Surabaya dan berhenti di Terminal Mojokerto. Setelah itu, rutenya adalah sebagai berikut: Naik bus menuju Pasuruan – Terminal Pasuruan – naik bus – Terminal Probolinggo – Kota Kediri – rental mobil di Probolinggo – menuju ke Kawasan Wisata Bromo.

3. Biaya Wisata Bromo

Sebenarnya, biaya berwisata ke Bromo tergantung dari masing-masing wisatawan. Namun, untuk seorang backpacker, biayanya hanya sekitar 550 ribu rupiah dengan
  • Tiket KA kertajaya Jakarta – Surabaya : Rp 150.000,-
  • Tiket KA Matarmaja Malang – Jakarta : Rp 109.000,-
  • Bus Kota ke Terminal Burungasih : Rp 5.000,-
  • Bus antar kota Surabaya – Probolinggo : Rp 20.000,-
  • ELF ke Bromo : RP 25.000,-
  • Homestay 1 malam : Rp 75.000,-
  • Sewa jeep ke Penanjakan dan Kawah Bromo : RP 67.000,-
  • Bus antar kota Probolinggo – Malang : Rp 20.000,-
  • Angkot AG Terminal Arjosari – Pasar Gadang : Rp 7.000,-
  • Bus Sentosa Pasar Gadang – Pasar Turen : Rp 8.000,-
  • ELF Pasar Turen – Pantai Sendang Biru : Rp 30.000,-
  • Angkot AG Pasar Gadang – Stasiun Malang : Rp 7.000,-
  • Total : Rp 548.000,-
Tertarik untuk pergi ke Bromo? Siapkan budgetnya, serta jangan lupa kunjungi berbagai wisata menarik di sekitarnya ya!

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar