Skip to main content

follow us

Cara Mengusir Lalat. Entah kenapa, setiap kali musim mangga, lalat selalu berdatangan. Selain pada musim mangga, lalat mendatangi rumah-rumah saat musim buah dan juga musim hujan. Keberadaannya juga sebagai penanda akan terjadinya musim mencret alias murus alias muntaber.

Saya tidak perlu menjelaskan tentang lalat. Semua orang tahu apa itu lalat, di daerah saya tinggal, lalat disebut dengan laler. Meski ia adalah hewan kecil, namun memiliki kemampuan terbang yang lihai.

Karena keahliannya dalam terbang inilah, lalat sangat sulit untuk ditangkap. Jalan satu-satunya untuk menghalau kedatangannya adalah dengan mengusirnya atau dengan menangkapnya dengan benda yang didesain untuk mengusir lalat.

Saat artikel ini saya tulis, lalat telah menyerbu rumah, meski serbuannya tidak seperti serbuan air hujan, namun cukup membuat jengkel seisi rumah. Bagaimana tidak, lalat tidak punya etika sama sekali, ia menghinggapi apa saja yang ia anggap bahan makanan, atau tempat yang cocok untuk bertelur.

Misalnya ada kopi di meja. ia tidak segan-segan untuk meluncur dengan cepat memakai sayap aerodinamis dan menukik tepat di bibir gelas kopi yang biasa saya pakai. Kalau sampai ia bertelur di bibir gelas, apa jadinya bibir saya.

Kadang kala ia terjebur di dalam kopi dan mengobok-obok sampai ia lelah dan mati. Kalau untuk kasus yang ini saya tidak terlalu pusing. Sekalian saya celupkan lalat tersebut di dalam kopi lalu mengaduknya dan setelah itu meminum kopi.

Misteri Sayap Lalat

Nabi Muhammad bersabda:

Apabila seekor lalat masuk ke dalam minuman salah seorang kalian, maka celupkanlah ia, kemudian angkat dan buanglah lalatnya sebab pada salah satu sayapnya terdapatpenyakit dan padasayap lainnya ada obatnya". (HR. Bukhari, Ibn Majah, dan Ahmad)

Dalam riwayat lain:

"Sungguh pada salah satu sayap lalat ada racun dan pada sayap lainnya obat, maka apabila ia mengenai makananmu maka perhatikanlah lalat itu ketika hinggap di makananmu, sebab ia mendahulukan racunnya dan mengakhirkan obatnya" (HR. Ahmad, Ibn Majah)

Membaca sabda Nabi Muhammad di atas saya menjadi terkagum-kagum, bagaimana bisa beliau tahu bahkan tanpa dukungan alat-alat sains yang ada di zamannya, namun beliau tahu apa yang terkandung pada sayap lalat. Saya mengimani bahwa itu adalah salah satu bukti bahwa Nabi Muhammad adalah kekasih Alloh dan beliau memiliki pengetahuan yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang di zamannya, kecuali disabdakan.

Brifeld salah seorang guru besar di Universitas Hal, Jerman pada tahun 1871 telah mengkaji terkait persoalan ini dan menyatakan bahwa ini benar. Di antara salah satu sayap lalat ada sumber penyakit namun disalah satu sayapnya juga ada obatnya.

Jika ada lalat terjebak pada makanan atau minuman maka dianjurkan mencelupkan lalat tersebut lalu membuangnya. Dengan melakukan ini maka makanan yang telah dihinggapi lalat akan menjadi netral kembali.

Universitas Colorado di Amerika pernah melakukan study yang menunjukkan bahwa lalat tidak hanya berperan sebagai penyebab penyakit melainkan juga membawa mikrobiota yang dapat bermanfaat.

Mikrobiota terdapat di dalam tubuh lalat, berupa sel yang hidup sebagai parasit di daerah perut. Sel ini berpindah-pindah untuk melengkapi siklus hidup mereka. Saat lalat dicelupkan ke dalam cairan, maka sel-sel tadi keluar dari tubulus ke cairan tersebut dan menyerang virus serta bakteri yang lain.

Maha suci Alloh atas segala firmannya dan Nabi Muhammad adalah kekasihnya. dengan penjelasan ini berarti semakin terang bahwa lalat bukanlah makhluk yang menjadi sumber penyakit saja, melainkan juga bisa menjadi penawar penyakit yang ia bawa. Sungguh benar-benar ajaib.

Cara Mengusir Lalat

Sebenarnya saya tidak benci lalat, namun hanya merasa jengkel dengan polah tingkahnya. Andai kata ia tidak suka mengganggu, saya pun juga sayang kepadanya. I love You Lalat, LOL.

Saat makan ia datang sekaan dengan berkata “plis bagi makananmu”. Bahkan saat saya tidur siang, ia hinggap di hidung, di kepala, di pipi, bahkan di bibir, oh rasanya seperti mau muntah. Kenapa lalat begitu bandel dan sekaan merasa tidak punya beban bersalah.

Sebagian orang merasa jijik dengan lalat, sebagian yang lain merasa sangat jijik. Coba bayangkan, baru saja kita lihat ia hinggap di kotoran ayam, lalu beberapa detik kemudian kita melihat ia hinggap di piring kita, entah itu lalat yang sama atau tidak , namun pikiran kita menyatakan bahwa lalat menjijikkan. Oleh karenanya, tidak ada jalan lain selain mengusir atau menjebak ia supaya enyah dari pandangan.

Ada beberapa cara yang diajarkan nenek moyang terkait bagaimana cara mengusir lalat. Di antaranya adalah:

1. Usir Pakai Sapu Lidi

Tidak perlu teriak waw, sapu lidi selain berfungsi sebagai alat menyapu, juga efektif mengusir lalat di sekitarmu. Ini tidak hanya untuk mengusir saja, namun sekaligus mematahkan sayap-sayapnya hingga binasa. 

Emak mertua saya tidak banyak cincong berurusan dengan lalat, saat ia duduk santai di teras depan lalu diganggu oleh lalat, ia segera mengambil sapu lidi dan mengibaskannya dengan cepat. Alhasil, 5-8 lalat terhempas di tanah lalu terabaikan. 

Cara ini tidak semudah yang kamu kira namun cukup baik. Alih-alih jika kamu memakai cara ini, supaya lebih semangat, niatkan untuk melatih kecepatan gerakan tangan sembari membayangkan belajar kungfu. Gokil kan?

Tapi, saya tidak merekomendasikan cara ini, karena sangat sadis. Bagi yang tidak tegaan, jangan memakai cara ini.

2. Pakai Kertas Lem Lalat

Cara nomor dua ini jauh lebih simpel untuk diterapkan, karena hanya perlu membeli Kertas Lem Lalat dan meletakkannya di tempat favorit lalat. Dengan menunggu beberapa jam, lalat akan terjebak di kertas tersebut dalam jumlah yang banyak, tergantung quantitas lalat di daerahmu.

Meski lalat bisa terbang cepat, namun ia tidak terlalu cerdas, ia hanya butuh hinggap di tempat-tempat yang diinginkan. Kertas lem lalat ini sepertinya mengandung aroma yang disukai lalat, jadi wajar saja jika lalat ingin menghinggapinya. Saya jadi sedih membayangkan pengkhianatan ini.

3. Letakkan Lilin di Sekitar Tempat Makan

Sayap lalat sangat rentan dengan api, oleh karenanya ia tidak suka dekat-dekat dengan api, takut terbakar katanya. Dan untuk antisipasi itu, kita bisa meletakkan lilin di sekitar tempat makan yang tujuannya untuk memberikan kode morshe kepada lalat, bahwa ini adalah area terlarang. 

Dengan begitu lalat tidak akan terlalu mendekat, paling-paling ia akan mencari tempat lain yang lebih favorit.

4. Gantunglah Kantong Plastik Berisi Air

Lalat memiliki mata majemuk, yang bisa melihat benda lebih rumit ketimbang manusia. Namun mata ini memiliki kelemahan seperti halnya mata sharingan (matanya Sasuke dalam serial manga Naruto). Mata ini menjadi tidak tajam ketika berdekatan dengan gantungan plastik berisi air.

Kenapa bisa begitu? Ini disebabkan karena kantong plastik berisi air, menghasilkan bias cahaya yang sangat mengganggu penglihatan lalat, dan membuat ia tidak senang. Namun syaratnya, kantong plastik harus berada pada ruang dengan cukup cahaya. Supaya lebih manjur, letakkan kantong plastik berisi air di bawah lampu yang menyala.

5. Gunakan Aroma Terapi Atau Wewangian

Entah bagaimana penciuman lalat di desain, namun mereka sangat menyukai aroma yang tidak disukai oleh manusia, katakanlah seperti kotoran ayam atau kotoran manusia. Benar-benar sesuatu yang kontradiksi menurut saya.

Lalat suka bau busuk menurut manusia dan tidak menyukai aroma terapi atau aroma wewangian. Kesempatan ini bisa kita terapkan untuk mengusir lalat dengan efektif. Aroma lavender atau kulit jeruk tidak disukai lalat tapi membuat manusia lebih rilex. Untuk itu oleskan minyak wangi pada kain atau spon dan letakkan di area yang kamu kehendaki. Beres.

Aroma yang biasa dipakai kebanyakan orang adalah, aroma daun pandan, aroma kulit jeruk, aroma serai, aroma kemangi, aroma minyak kayu putih, aroma bawah putih dan aroma-aroma menyengat lainnya. Asalkan bukan aroma busuk.

6. Rendam Cabe Merah di Air

Nenekku pernah membuat rendaman cabe merah di mangkok saat musim lalat datang, katanya ini untuk mengusir lalat. Saya sendiri belum tahu bagaimana hubungan lalat dan cabe, apakah karena aromanya atau karena intimidasi yang kita berikan kepada lalat dengan memakai cabe. "Kalau kamu mendekat, saya cabe kepalamu". LOL.

7. Hidupan Kipas Angin

Ini cara efektif lain yang sangat masuk akal. Seperti halnya mengusir nyamuk dan binatang-binatang kecil yang bisa terbang, kipas angin adalah salah satu alat pengusir lalat paling ampuh. Saya dan anda tahu alasannya apa, jadi saya tidak perlu menjelaskan.

Oke kawan, artikel saya sudah terlalu panjang, takutnya malah tidak terbaca. Adakalanya kita boleh mengusir lalat supaya nyaman, namun jangan membenci mereka. Mereka adalah makhluk Tuhan yang ciptakan seperti itu, yang pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Ingat, janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum, membuatmu berlaku tidak adil. Lalat sama dengan kita, bahkan ia diciptakan lebih dahulu ketimbang manusia, maka meski engkau mengusirnya, tetaplah sayang kepada lalat, I Love U Lalat.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar