Skip to main content

follow us

Dari beberapa orang yang pernah berdiskusi terkait Dunia Blogger dengan saya, yang paling membanggakan ya Mas Timon. Kenapa bisa begitu? Ya karena dari dialah saya belajar blog dan dari sayalah ia mendapatkan momentum istimewa hingga bisa membangun blog hingga sekarang.

Mudah-mudahan ia sepakat dengan claim saya ini ya, hahahahaha.

Saya dan dia dahulu sering berdiskusi bagaimana memecahkan masalah blog dan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan inti per-blogger-an seperti: "Bagaimana visitor blog bisa naik? dan Bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog?

Cerita tentang pertemanan saya dengan Mas Timon sudah saya tulis loh, kalau kamu belum baca silakan segera klik link ini dan seriuslah dalam membaca. jangan di scroll sebelum kamu paham:

Cerita Sukses Mas Timon, Dari Kepala HRD Hingga Menjadi Blogger Sukses
Mastimon.com Menggila! Penghasilan Adsense Sehari 1 juta

Satu hal yang saya tahu dari Mas Timon dahulu ketika masih sama-sama belajar blog untuk pemula adalah, ia bukanlah orang yang senang dan pandai menulis. Seluruh konten blog yang ia buat adalah hasil dari copas, hingga akhirnya blognya dihapus. Mungkin saat itu terkena inspeksi polisi google ya. hehehe.

Ada beberapa kalimat yang ia ucapkan sambil mengajari saya bagaimana cara mengatur tata letak blog:

"Nggak usah nulis saja visitorku sudah banyak kok, males nulis" begitu katanya dulu.

Saya pun menjadi ketularan untuk membuat blog yang kontennya penuh dengan artikel copas, sampai-sampai, nama blog sayapun tergolong gila, judulnya "COPPASUS, Copy Paste Suka-suka", apa ndak gendeng itu namanya.

Berhubung kita berdua menyepakati satu hal "Copas Itu Enak" kita tidak lagi mendebatkan persoalan hak cipta. Yang penting setiap hari posting. Bahkan saat itu kita rajin membuat artikel berbau "lendir" yang kontennya juga dari copas. Artikel model beginian, visitornya bejibun, bahkan lebih-lebih.

Jadi Geng, Saya dan Mas Timon pernah melakukan hal-hal busuk dalam dunia blogger, itu kami lakukan karena tidak tahu sama sekali apakah itu boleh dan benar.

Blog Dunia Internet milik Mas Timon, sukses dihapus google, ia meradang dan merana bahkan berhenti dari dunia blogger. Sedangkan saya, sepulang ke Jawa saya banyak mempelajari blog yang baik dan legit, serta memungkinkan disukai oleh Robot Google. Saya mempelajari teknik ngeblog yang sehat bertujuan supaya blog saya langgeng dan tidak dihapus.

Ternyata mempelajari dan menerapkan ilmu yang begituan bukan persoalan mudah, saking kerap bosan karena harus menulis sendiri artikel dan memastikan bahwa ia berguna bagi orang lain. Apa yang kami pelajari dahulu adalah menciptakan hal yang instan seperti: pengunjung instan, pendapatan instan dan terkenal instan. Ini kan paradoks namanya.

MENEMUKAN MOMENTUM

Karena memaksakan diri untuk terus membuat konten asli, akhirnya kebosanan itu hilang tak membekas. Apalagi setelah berupaya sekian lama, Google memberikan imbalan yang cukup bagi saya, waktu itu nilanya kurang lebih sebesar Rp. 5.000.000,- Menurut saya ini sangat sensasional lagi menyenangkan.

Dan saat itu Mas Timon berniat untuk membangun blog lagi, mungkin karena rasa kangennya timbul, bagaimanapun juga ia adalah blogger, dan seorang blogger meskipun sudah pensiun akan selalu kangen dengan dunia blogger.

Ia bertanya bagaimana cara membangun blog yang benar seperti blog milik saya, ia melihat kalau blog saya memiliki kualitas dalam penulisan (asli) dan setelah ia cek, skor SEO nya bagus, waktu itu saya masih menggunakan Template Kompi Flexible Non AMP karya Adhy Suryadi. Ia bahkan kepincut menggunakan template yang sama. Sampai sekarang.

Lalu karena dihujani pertanyaan penasaran olehnya, saya memberi tahu Rahasia yang saya dapatkan dari momentum sebelumnya, jadi saya katakan begini, "kalau serius, lakukan hal-hal ini mas"
  1. Tinggalkan cara-cara masa lalu, apapun yang kita pelajari dahulu bagus, namun salah jika diterapkan, cukuplah dijadikan pengalaman.
  2. Buatlah konten sendiri mas, jangan copas. Ini adalah hal berat baginya, karena seperti yang saya katakan di atas, ia tidak bisa menulis bagus. Namun saya katakan, COBALAH. Tulislah apapun, meracaulah sesukamu, jangan pedulikan baik dan buruk, yang penting keluarkan unek-unekmu pada blog. 
  3. Pakailah template yang bagus, template yang saya pakai ini luar biasa bagus. Dan saya memberikan template yang saya pakai tanpa cuma-cuma dengan separuh harga. Saya tahu ini terlalu perhitungan, tapi setidaknya, ini adalah berpikir investasi.
  4. Yang terakhir, jangan berhenti menulis, dan jangan sampai terlewat barang sehari. Kalau terpaksa tidak bisa ya minimal seminggu 4 kali.
  5. Lakukan dengan semangat dan jinakkan kemalasan menulis. Selamat mencoba.
Setelah itu ia benar-benar menulis sendiri semua artikel yang ia posting, ia keluarkan semua ide yang terlintas di kepala. Saat itu memang tulisannya masih sulit dicerna, tapi setidaknya ia berkali-kali mencoba memperbaikinya. Kalau sedang tidak punya ide, ia baca artikel orang lain dan mengambil gagasannya lalu ia tulis sendiri memakai bahasanya.

Jarang-jarang berhubungan, saya mendapatkan kabar darinya setelah ia berhasil mendapatkan banyak uang dari blog, bahkan nominalnya jauh melampaui yang saya dapatkan. Ia telah menemukan momentumnya sendiri, bukan karena siapa-siapa, tapi karena dirinya sendiri yang berupaya keras untuk membuat blog berkualitas.

Kini ia telah menjadi panutan bagi banyak blogger pemula, yang menurut penilaian saya, mereka adalah blogger yang terhipnotis oleh penghasilan yang telah didapatkan oleh Mas Timon. Semangat ini bagus, tapi cepat pupus jika tidak kunjung menemukan momentum.

RAHASIA MAS TIMON

Saya iseng-iseng bertanya kepadanya, bagaimana cara Meningkatkan Visitor dan Pengunjung Blog. Ia malah tertawa terkekeh seakan menyiratkan bahwa ia tidak berbuat apa-apa. Tapi selanjutnya ia mengatakan begini "Apa ya mas, yang penting rajin menulis dan posting". Katanya.

Haaah, bukankah itu adalah ucapan saya dulu, tidak mungkin lah kalau hanya menulis dan posting, saya sudah melakukannya dari dulu bahkan lebih dulu dari Dia, tapi hasilnya tidak sebagus Mas Timon, pasti ada trik khusus yang ia sembunyikan. 

Tapi saya langsung mendapat jawaban dari dalam hati "HOKI", benar saya dan dia menerapkan hal sama, tapi HOKI manusia tidak bisa disamakan. Ini harus diterima dengan lapang dada, urusan rejeki mah sudah urusannya Gusti Alloh. Iya kan?

Setidaknya ada beberapa tips dari Mas Timon supaya visitor dan pendapatan blog meningkat, di antaranya adalah:
  1. Buat artikel asli minimal 500 kata, maksimal 700 kata;
  2. Artikelnya harus asli buatan sendiri, soal gagasan, bisa ambil gagasan orang lain, tapi patuhi etika, kasih kredit bagi pemilik asli gagasan;
  3. Posting tiap hari minimal 1 artikel;
  4. Buatlah 3 artikel sederhana dan 1 artikel trending (3:1);
  5. Jangan lupakan keyword, tapi jangan terlalu rakus memasukkan keyword;
  6. Kalau bisa jangan hanya punya 1 blog, tapi uruslah semuanya;
  7. Backlink penting, tapi pastikan yang berkualitas, kalau tidak bagus, mending tidak.
Tips ini sebenarnya adalah pengetahuan dasar bagi seorang blog, yang terpenting harus konsisten menerapkan dan jangan cepat bosan.

Untuk Tips Menulis darinya, Ada 5 cara mendapatkan Ide Menulis di Blog/WEB yaitu:
  1. Menulis tentang Pengalaman Pribadi
  2. Berkunjung ke situs Orang lain
  3. Melihat status di Media Sosial
  4. Buat artikel lebih Medetail ke satu produk baru melangkah ke yang lainnya.
  5. Mencari kata kunci saat melakukan Riset Keyword.
Dan dari ketelatenan, saya rasa setiap blogger berhak untuk menemukan special momentum asal ia tidak bersikeras ngeblog hanya karena kepincut dengan penghasilan orang lain. Ketahuilah, dibalik itu semua, ada perjuangan maksimal tanpa kenal bosan dan lelah. Karena jika ngeblog itu mudah, pasti Indonesia ini sudah sejahtera. Ia kan? 

Upayakan rajin meninggalkan komentar di blog yang kamu kunjungi, salam blogger dari Mastrigus.com

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar