Skip to main content

Cara Menghapus Akun WA Permanen

Cara Menghapus Akun WA di sini bukan dalam arti menghapus aplikasi WhatsApp dari handphone, namun menghapus akun WA secara permanen yang berarti bahwa, nomor HP anda tidak akan muncul sebagai pengguna WA saat tersimpan di handphone orang lain.

Sebelumnya, di artikel lain, saya sudah pernah bercerita panjang lebar mengenai keputusan saya untuk menghapus akun WA yang disebabkan oleh faktor ketidaknyamanan. Saat anda sudah masuk ke puluhan group WA, anda akan merasakan apa yang saya rasakan.


Alasan Menghapus Akun WA

Untuk alasan keamanan data, dengan menghapus akun WA berarti anda menghapus data tentang diri yang tersimpan baik di server WA. Selama akun WA tidak dihapus, maka data akan tetap tersimpan di database. Tidak seperti aplikasi Telegram yang secara otomatis akan menghapus akun jika tidak dibuka selama 6 hingga 12 bulan.

Ini sangat berbeda dengan hanya menghapus aplikasi WhastApp dari gadget, jika hanya ini yang dilakukan, akun kita masih tersimpan di server WA sehingga orang-orang yang telah menyimpan nomor seluler kita, masih dapat melihat bahwa kita memiliki akun WA.

Namun menghapus akun WA dari server, benar-benar menghilangkan kita dan tidak dapat terdeteksi oleh handphone orang lain. Jadi bedakan antara menghapus aplikasi dan menghapus akun WA secara permanen.


Resiko Menghapus Akun WA

Namun menghapus akun WA memiliki beberapa resiko yang langsung anda terima, resiko tersebut di antaranya adalah:

  1. Nomor HP anda lagi tidak lagi terdaftar sebagai akun WA;
  2. Semua history chat dan backup di cloud akan terhapus, sehingga anda tidak akan memiliki backup lagi, kecuali sudah diamankan terlebih dahulu;
  3. Anda akan keluar dari semua group WA, dan semua anggota group akan tahu jika anda keluar;
  4. Jika suatu saat anda memakai nomor tersebut untuk mendaftar di WA, akan tercatat sebagai pengguna baru.
  5. Dan yang pasti, dengan menghapus akun WA tersebut, anda tidak akan bisa berkirim pesan melalui WA, kecuali anda memakai nomor lain untuk mendaftar.

Beberapa resiko di atas sudah saya dapatkan, dan ternyata saya merasa nyaman dan tidak lagi terganggu oleh pesan WA, yang kadang pesan-pesan tersebut tidak penting dan bahkan cenderung menjadi percakapan "sampah".

Akan tetapi jika anda memiliki client yang selama ini anda layani melalui pesan WA, jangan lakukan hal ini, dikarenakan akan menyulitkan proses komunikasi. Terlebih, orang-orang lebih banyak menggunakan WA sebagai media komunikasi ketimbang aplikasi yang lain.


Cara Menghapus Akun WA

Saya ingatkan sekali lagi, jika anda menghapus akun WA, maka proses ini tidak bisa dibatalkan, dan anda akan menanggung segala resiko seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Pertama-tama simpanlah terlebih dahulu foto-foto penting WA, biasanya jika anda sudah mengizinkan WA untuk mengakses galeri, semua foto WA akan tersimpan di memori internal atau eksternal handphone. Hal ini supaya anda tidak benar-benar kehilangan foto penting. Lakukan hal sama kepada file penting lain seperti dokumen, video dan file audio.

Silakan ikuti gambar dan penjelasannya di bawah ini:


Setelah itu buka aplikasi WA ==> Setelan (pojok kanan titik 3) ==> Akun ==>Hapus Akun Saya ==> Masukkan nomor handphone yang terdaftar di WA ==> kemudian HAPUS AKUN SAYA.

Dengan begitu, akun WA milik anda akan langsung terhapus dari server. Oh ya, biasanya hal ini dibarengi dengan adanya pemberitahuan di grup WA yang menyatakan bahwa anda telah keluar dari grup. Pastikan anda telah menyiapkan jawaban atas pertanyaan teman-teman dekat yang ingin mengetahui alasan kenapa anda keluar dari grup.

Sekian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat. Jika membutuhkan bantuan, silakan tinggalkan komentar di kolom bawah. Terimakasih.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar