Skip to main content

follow us

Apakah kamu ingin mengubah nama file atau nama folder di OS Windows? Biasanya untuk melakukan ini kita hanya tinggal melakukan klik kanan di file atau folder dan memilih tombol Rename, atau hanya menekan tombol F2, selanjutnya memasukkan nama baru yang ingin kita berikan pada file atau folder tersebut. Cara ini sudah banyak diketahui oleh pengguna windows.

Namun bagaimana jika kita ingin merename file dan folder banyak sekaligus. Sehingga kita kita tidak perlu mengubah nama file atau folder satu persatu? Tentu ada caranya. Cara ini efektif diterapkan guna menamai ulang beberapa file dan folder sekaligus.

B A C A:

12 Kombinasi Rahasia Keyboard yang Jarang Diketahui
Cara Meningkatkan Kecepatan Windows 10

Namun, kita hanya bisa mengubah nama file dan folder menjadi nama yang mirip saja, dan untuk memberikan nama yang berbeda pada banyak file dan folder, sampai saat ini saya belum mengetahui caranya.

Bagaimana Cara Cepat Rename File atau Folder?

  1. Buka file atau folder yang akan di rename
  2. Blok semua file atau folder atau tekan CTRL + A
  3. Pilih salah satu file atau folder (direkomendasikan yang paling awal) kemudian tekan F2 (rename)
  4. Input nama baru pada file atau folder kemudian tekan enter
  5. Semua file atau folder akan berubah nama.

Hasilnya semua file dan folder akan memiliki nama yang hampir sama, hanya dibedakan dengan adanya nomer dalam kurung (1), (2) dan seterusnya.

Misal jika saya memberi nama file atau folder "Mas Trigus" maka semua file atau folder akan menjadi "Mas Trigus (1), Mas Trigus (2), dst.

Lihat contoh gambar di bawah ini:

Demikian artikel tentang bagaimana cara merename folder atau file windows banyak sekaligus secara cepat, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar