Skip to main content

follow us

Saya senang saat bermain kode blog, karena dari sana saya bisa belajar mengimplementasikan ide pikiran ke dalam kode dan hasilnya bisa langsung dilihat. Selain itu, berkutat di otak-atik template blog, mengajari saya tentang berfikir logic. Thats right, kenyataannya memang begitu, template blog memang terdiri dari kode logic.

Namun tahukah kalian, bahwa sebenarnya kebiasaan mengedit template itu telah disepakati oleh kebanyakan blogger sebagai penyakit lain yang biasa didera oleh para blogger. Biasanya, saking asyiknya melakukan perubahan-perubahan pada template membuat blogger abai terhadap konten yang dibuat. Padahal sudah kita ketahui bersama bahwa content is king. Kecuali anda memang berprofesi sebagai pembuat template blog.

Kendati demikian, saya telah menemukan alasan untuk tidak terjerumus terlalu dalam pada kebiasaan edit blog tanpa ada tujuan jelas. Tanpa menyombongkan diri saya sendiri, kebetulan saya bisa menilai mana tampilan blog yang bagus dan pas, dan mana blog yang tampilannya dibuat secara asal-asalan. Oleh karena itu, saya putuskan untuk membuka jasa edit template blog.

Selain itu, saya juga bisa menilai blog dari sisi kecepatan, ketepatan penerapan warna, desain logo dan bisa diajak diskusi terkait tema blog. Maka dari itu, tidak ada salahnya saya menawarkan diri untuk merombak tampilan blog anda menjadi semakin baik dan menyenangkan ketika dilihat serta memiliki kecepatan maksimal menyesuaikan dari skema blog yang telah anda pakai.

Portofolio Mas Trigus Dalam Blog 

Ada beberapa blog yang sudah saya buat dan sudah saya optimasi, di antaranya adalah:
  1. kreasindo.id
  2. kreasindoco.co.id
  3. cakdakelan.com
  4. aliyahmu.com
  5. esemkamu.com
  6. mbsmu.com
  7. sdinovatif.co.id
  8. familycookies.id
  9. nggalek.co (platform bukan blogger)
  10. paditren.com (platform bukan blogger)
  11. travel.or.id

  12. beberapa di antaranya dibiarkan mati oleh pemiliknya.
Saya menyadari bahwa saya bukan seorang ahli kode html, bahkan saya belum mampu membuat template blog sendiri. Yang saya bisa hanyalah memperbaiki dari apa yang belum sempurna menurut keinginan pemilik blog dan tentu saya sendiri, biasanya, jika ada yang belum pas, saya akan mengatakan kepada anda.

Apa Saja yang Bisa Saya Perbaiki?

1. SEO (Search engine optimization)

Biasanya saya memakai Lighthouse (LH) untuk mengecek kualitas SEO yang ada di dalam blog. Asalan utama kenapa memakai tersebut adalah, itu adalah salah satu tools yang dikembangkan oleh Google, sedangkan Blogspot adalah buatan Google juga. Beberapa hal yang patut disorot dari kualitas SEO Blog adalah:
  1. Mobile Friendly: Pastikan halaman blog Anda ramah mobile (smartphone) sehingga pengguna tidak perlu mencubit atau memperbesar untuk membaca halaman konten. Dalam bahasa lain disebut dengan responsif.
  2. Content Best Practices: Format HTML Anda dengan cara yang memungkinkan crawler untuk lebih memahami konten aplikasi Anda.
  3. Crawling and Indexing: Supaya artikel anda muncul di hasil pencarian, robot Google perlu akses ke aplikasi Anda. Pastikan ini sudah dilakukan.
Dalam hal ini, blog mastrigus.com ini sudah memiliki skor SEO 100, yang artinya sudah berada pada angka maksimal penilaian.


Di kategori sekor SEO, sebenarnya, menurut LH, ada 11 point yang harus dinilai. Untuk bisa mencapai skor 100, kita harus lulus uji semua. Alhamdulillah, mastrigus.com sudah lulus uji sehingga SEO nya 100.

2. Best Practices

Tahukah anda, LH melakukan audit di 16 hal yang ada di bawah ini. Seperti halnya skor SEO, untuk bisa mencapai angka 100. kita harus lulus audit.
  1. Avoids Application Cache
  2. Avoids WebSQL DB
  3. Uses HTTPS
  4. Uses HTTP/2 for its own resources
  5. Uses passive listeners to improve scrolling performance
  6. Avoids document.write()
  7. Links to cross-origin destinations are safe
  8. Avoids requesting the geolocation permission on page load
  9. Page has the HTML doctype
  10. Avoids front-end JavaScript libraries with known security vulnerabilities
  11. Detected JavaScript libraries
  12. Avoids requesting the notification permission on page load
  13. Avoids deprecated APIs
  14. Allows users to paste into password fields
  15. No browser errors logged to the console
  16. Displays images with correct aspect ratio

3. Accessibility

Pemeriksaan ini menyoroti peluang untuk meningkatkan aksesibilitas aplikasi web Anda. Hanya sebagian masalah aksesibilitas yang dapat dideteksi secara otomatis sehingga pengujian manual juga dianjurkan.

4. Performance dan PWA

Untuk performance biasanya mengukur kecepatan loading blog, semakin cepat berarti semakin mendekati angka 100. Namun bagi penayang iklan adsense, tampaknya ini adalah hal mustahil untuk dilakukan. Bagaimanapun juga kode script adsense menyumbang sekian persen lambatnya loading blog.

Selain itu, PWA (Progressive Web App) belum bisa 100% diterapkan di blogspot, kalau di WP sudah bisa. PWA merupakan sortchut blog yang hampir mirip dengan aplikasi android. Secara normal, ketika kita membuka situs yang sudah support PWA, situs secara otomatis memberikan notifikasi kepada pengguna untuk memasang situs di halaman depan smartphone. Di blog, hanya bisa dipasang secara manual.

Apa Saja yang Akan Saya lakukan pada Blog Anda?

Secara umum, saya akan melihat blog anda terlebih dahulu, lalu memberikan rekomendasi yang perlu untuk dibenahi, beberapa hal seperti:
  1. Memperbaiki kompilasi warna blog anda;
  2. SEO On Page dengan target skor 100;
  3. Masuk ke dalam blog anda, bisa dengan cara mengundang saya melalui email, atau memberi tahu username dan password anda. (insyaalloh aman, saya bisa dipercaya);
  4. Memperbaiki perfomance kecepatan blog hingga maksimal (sesuai dengan template blog yang anda pakai)
  5. Melaporkan pra dan pasca optimasi yang telah saya dilakukan, supaya anda tahu apa saja yang diperbaiki.
  6. Secara umum memperbaiki 5 poin penilaian dari LH.

Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan Dari Saya?

Saya bukan robot yang terbiasa melayani orang secara otomatis, oleh karenanya jika menginginkan layanan saya, silakan hubungi melalui kontak. Ceritakan apa yang anda inginkan, dan saya akan memberitahu step by step yang hendak kita lakukan. So, jangan sungkan untuk menghubungi saya.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar
banner