Skip to main content

follow us


Mastrigus.com - Terkadang tanpa sengaja, kita mendengarkan musik yang menurut kita enak didengar, biasa terjadi saat di pasar (musik yang diputar abang penjual CD bajakan), di dalam Bus, di stasiun, di dalam kereta, di cafe dan di mana-mana, akan tetapi kita tidak tahu judul lagu tersebut.

Mendengarkan musik tanpa mengenal judulnya adalah penyiksaan bagi para pecinta musik, soalnya, dengan kekurangan tersebut, jika kita hendak mendengarkannya kembali saat di rumah atau hanya ingin memutarnya di gadget, itu tidak bisa.

Alih-alih jika kita sedikit hafal dengan liriknya, mungkin tidak akan sesulit yang dibayangkan, karena Google Search sudah terlalu canggih untuk mencari judul lagu dari sebaris lirik. Namun kalau misalnya kita tidak hafal liriknya (karena liriknya pakai bahasa inggris) apa yang hendak kita lakukan, mungkin kamu akan bertanya kepada kawan dengan menirukan nadanya dan berakhir dengan pembulian, misal "mana ada lagu seperti itu".

Oke Gaes, mungkin perkara tidak tahu apa judul dari sebuah lagu itu hanya boleh terjadi di zaman batu, eh ya, zaman batu memangnya sudah ada musik? Maksudnya, di zaman ketika smartphone belum sampai di tangan kita.

Untuk saat ini, berhubung kalian juga sudah memiliki smartphone ada baiknya kalian menginstal sebuah aplikasi kecil berbasis android yang berfungsi sebagai pencari judul lagu dan nama penyanyinya.

Nama aplikasi tersebut adalah Shazam Lite, berfungsi dengan baik saat saya jalankan di android. Aplikasi ini hanya berukuran setengah Mb namun memiliki daya pengenalan yang luar biasa terhadap musik.

Misalnya, saat saya memutar lagu, belum sampai si penyanyi menyuarakan liriknya (masih pada intro), si aplikasi langsung mengenali apa judul lagu dan siapa penyanyinya. Ini seperti quiz tebak lagu yang pernah ada di salah satu TV swasta Indonesia.

Silakan instal aplikasi tersebut di android kamu, caranya:

  1. Buka playstore;
  2. Cari aplikasi bernama Shazam Lite
  3. Instal dan tunggu sampai proses download dan instalasi selesai
  4. Buka aplikasi tersebut
  5. Dekatkan pada soundsystem (bisa sound hp, ipod, atau mulut kamu) yang sedang bernyanyi. Dan otomatis, si Shazam akan langsung mencari apa judul dan siapa penyanyi lagu tersebut.

Cukup simple dan mudah kan, coba saja sendiri kalau tidak percaya. 

Cara ini saya lakukan karena satu hal, saya memiliki file music di hardisk yang jumlahnya ribuan. Namun sayang karena nama file tersebut tidak menyebuatkan judul lagu dan nama penyanyi. File sebanyak itu hanya memiliki nama lagu1, lagu2, lagi3 dst.

Ketimbang harus menghapus lagu rasanya tersebut sayang, download ribuan lagu tentu menghabiskan kuota internet bergiga-giga, so supaya lebih irit, saya menggunakan Shazam Lite sebagai apliksi pembantu mencari tahu judul lagi dan nama penyanyi.

Cukup sekian dan terima kasih.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar
banner