Skip to main content

Inilah Cara Memperbaiki Hardisk (HD) Atau Flashdisk (FD) Ketika Minta Format Tanpa Kehilangan Data

Mastrigus.com - Suatu hal yang paling menjengkelkan di dunia ini salah satunya adalah ketika hardisk atau flashdisk minta di format ketika hendak di pakai. Seringkali kejadian ini ditandai dengan munculnya pesan box berisi pemberitahuan bahwa hardisk atau flashdisk tidak dapat di buka dan minta diformat. Bagi saya ini adalah pemberitahuan paling menjengkelkan.

Apalagi hardisk yang kita miliki tersebut sudah berisi berbagai macam file yang telah kita buat selama beberapa tahun dan tidak ada backup file lain selain yang ada di hardisk tersebut. Karena salah satu fungsi hardisk atau flashdisk eksternal adalah untuk mem-backup file yang ada di penyimpanan internal.

Jika keadaan ini sedang anda alami juga, saya sarankan jangan terburu-buru untuk melakukan format karena beresiko menghilangkan data yang anda miliki. Saya pernah mengalami kondisi seperti itu dan bisa mengatasinya tanpa melakukan format terhadap hardisk atau flashdisk.


Penyebab Hardisk atau Flashdisk Minta Format

Bukan hal aneh, alat penyimpanan yang error sudah jamak terjadi di mana-mana. Ini menandakan bahwa memang tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali Tuhan Yang Maha Kuasa.

Hardisk atau Flashdisk merupakan peralatan yang difungsikan untuk menyimpan data dan memiliki masa pemakaian. Namun pemakaian alat yang teratur dan mengikuti kaidah-kaidah manual book yang direkomendasikan oleh si pembuat peralatan tersebut, biasanya bisa memperpanjang usia pemakaian.

Ada beberapa tips cara merawat peralatan yang saya telah saya buat, silakan baca artikelnya di bawah ini:
Beberapa hal yang membuat hardisk atau flasdik minta untuk di format adalah:

1. Melepas Hardisk Atau Flashdisk Secara Paksa

Meskipun jargon yang biasa dipakai oleh alat penyimpanan adalah plug and play, namun bukan berarti bisa dipakai begitu saja tanpa memperhatikan rekomendasi dari si pembuat. Plug and play berarti tancap dan langsung bisa dipakai. Namun ini tidak berlaku jika kita hendak melepaskan alat penyimpanan tersebut dari perangkat komputer.

Ketika melepas hardsik atau flashdisk dari lubang usb komputer, selalu lepaskan terlebih dahulu dari sistem yang bekerja. Untuk flashdisk kita bisa melakukannya dengan cara memilih drive flashdisk tersebut dari my computer, klik kanan dan eject from computer.

Untuk hardisk kita bisa melakukannya dengan cara memutus hubungan melalui tombol pojok kanan bawah (icon flasdisk: safely remove hardware and eject media ), setelah itu klik kanan dan pilih eject USB. Dengan begitu sistem akan memutuskan hubungan antara flasdisk atau hardisk dengan komputer. Silakan cabut penyimpanan eksternal tersebut dengan aman.

Pada dasarnya saat usb terhubung komputer, ia akan bekerja untuk mengenali dan membaca isi penyimpanan eksternal tersebut. Dan jika saat terjadi hubungan tersebut kita langsung mencabutnya maka akan menyebabkan file korup.

Itu sama halnya saat kamu sedang menjalin hubungan dengan kekasihmu lantas ada orang ketiga yang mencabut hubungan tersebut, biasanya akan menyebabkan kamu atau kekasihmu stres. Begitulah hardisk dan flasdisk bekerja.

2. Ada File yang Korup Di Dalam Flashdisk atau Hardisk

Akibat dari asal cabut sebelum klimak selesai proses, menyebabkan HD atau FD menjadi error, bisa juga menyebabkan file atau data menjadi korup. Keadaan ini menyebabkan alat tidak bisa diakses dengan normal. Atau malah menjadikan HD atau FD menjadi bad sector.

Jangan abaikan bad sector, karena inilah salah satu pemicu dari HD dan FD minta diformat ketika diakses. Seperti yang saya alami beberapa saat lalu, permintaan format tersebut lantaran  ada sector penyimpanan yang error sehingga tidak bisa dibaca dengan baik oleh komputer.

Cara Memperbaiki HD/FD Minta Format

Ikuti cara ini untuk memperbaiki HD dan FD yang minta format tanpa kehilangan data:
  1. Sambungkan FD atau HD ke komputer (jika muncul pesan minta format abaikan saja)
  2. Buka my computer, kenali drive tersebut di huruf apa (drive C, D, E atau F)
  3. Buka cmd sebagai administrator lalu ketik chkdsk /r /f G (G adalah posisi drive), enter
  4. Tunggu proses sampai selesai
  5. Done, silakan eject dan tancap lagi. Apakah HD atau FD masih eror?
Perintah cmd akan tampak sepperti gambar di bawah ini:


Dengan cara ini FD atau HD yang anda miliki selamat dari hasutan komputer yang menyarankan kepada kita untuk memformatnya.

Jadi, kita tidak membutuhkan aplikasi ketiga untuk mengatasi persoalan ini, cukup dengan menerakan tutorial Cara Memperbaiki Hardisk (HD) Atau Flashdisk (FD) Ketika Minta Format Tanpa Kehilangan Data. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan selamat mencoba, semoga berhasil.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar