5 Akibat Mematikan Komputer Tanpa Melakukan Shut Down

Harga komputer terbaru dari segala merk bisa Anda dapatkan informasinya melalui internet. Kecanggihan teknologi tidak hanya memungkinkan Anda untuk mencari informasi terkait harga dan spesifikasi komputer, Anda juga bisa melakukan pembelian komputer impian Anda melalui toko-toko online yang ada.

Sama seperti barang milik Anda lainnya, komputer yang Anda beli juga butuh dirawat. Terlebih harga komputer terbaru ini tidak bisa dibilang murah karena sudah dibekali teknologi masa kini. Meskipun sudah mahir mengoperasikannya, Anda perlu memahami cara menggunakan komputer dengan baik dan benar. Hal tersebut bertujuan agar komputer yang Anda miliki tetap awet, berumur panjang, dan

tidak cepat rusak.

Pengoperasian komputer yang baik juga harus didasari pengetahuan mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada komputer. Salah satu hal yang mungkin pernah atau bahkan sering Anda lakukan adalah mematikan komputer tanpa shutdown. Untuk beberapa alasan mendesak, mematikan komputer langsung dari tombol powernya memang disarankan. Tapi kalau alasannya hanya karena

terburu-buru, hal ini sangat tidak disarankan.

Jika Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

Mematikan komputer tanpa shutdown bisa menyebabkan kerusakan fatal. Apa saja  bahaya yang mungkin ditimbulkan dari mematikan komputer tanpa shutdown? Berikut penjelasannya.

1. Registry berantakan

Registry terletak pada sistem operasi komputer. Jika Anda mematikan komputer langsung melalui tombol power, hal tersebut akan mengakibatkan Registry akan berantakan dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Padahal Registry pada komputer berfungsi untuk mengatur kinerja hardware dan software agar dapat bekerja secara optimal.

2. Hard disk mengalami bad sector

Ketika komputer dalam kondisi menyala dan menggunakan hard disk, piringan yang ada di dalam hard disk akan berputar. Jika Anda mematikan komputer secara paksa, yaitu tanpa shutdown, piringan tersebut akan berhenti berputar secara tiba-tiba. Hal ni bisa mengakibatkan hard disk mengalami Bad Sector.

3. RAM mengalami masalah

Harga komputer terbaru salah satunya dipengaruhi oleh kapasitas yang RAM yang ditanamkan. RAM adalah salah satu komponen penting untuk menghasilkan kinerja komputer yang optimal dan maksimal.

Yang terjadi pada RAM ketika Anda mematikan komputer melalui proses shutdown adalah RAM akan menutup semua aplikasi yang berjalan secara teratur. Nah,  sekarang bayangkan jika Anda mematikan komputer tanpa melalui proses shutdown. Tentu saja RAM komputer Anda akan mengalami masalah bahkan kerusakan fatal.

4. Prosesor mengalami kerusakan

Prosesor berperan sebagai otak komputer. Berbeda dengan otak manusia, otak komputer tidak dapat dimatikan secara tiba-tiba tanpa proses shut down. Jika masih sayang dengan uang Anda dan tidak ingin hal buruk terjadi pada prosesor Anda, matikan komputer melalui proses shut down. Jangan matikan komputer langsung  dengan menekan tombol power.

5. Kerusakan pada power supply

Power supply berfungsi untuk memberikan dan membagikan daya ke seluruh komponen komputer. Mematikan komputer tanpa shutdown akan mengakibatkan kerusakan pada power supply. Komponen ini akan secara tiba-tiba berhenti memberikan aliran listrik ke seluruh komponen yang mengakibatkan komponenkomponen lain berhenti berfungsi.

Demikian lima hal yang bisa terjadi jika Anda mematikan komputer tanpa shutdown. Jika Anda tidak ingin komputer Anda mengalami kerusakan tertentu, sebaiknya Anda tidak mematikan komputer secara paksa. Kecuali jika memang dalam kondisi urgent, seperti komputer mengalami hang.

Jika Anda sudah membekali diri Anda mengenai pengoperasian komputer yang baik dan benar, sekarang saatnya Anda membeli komputer impian. Anda bisa  mendapatkan harga komputer terbaru impian Anda di Bukalapak. Atau jika Anda tertarik mencari tahu mengenai harga laptop macbook terbaru, Anda juga bisa mendapatkannya di laman dan aplikasi Bukalapak.

Mau laptop, mau komputer, apapun pilihan Anda, bisa membelinya di Bukalapak. Selain menyediakan pilihan yang banyak, transaksi di Bukalapak dijamin aman.

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan