Skip to main content

Sungai di Trenggalek yang Airnya Bersih dan Bagus Untuk Berenang

Tidak banyak daerah yang memiliki air sungai bersih, terutama di kota-kota besar padat penduduk. Karena lebih banyak air sungainya keruh bercampur limbah dan polutan. Namun di Trenggalek, masih terdapat sungai dengan air bersih (bisa dikatakan masih alami) yang mengalir deras di sepanjang tahun. Nah artikel ini kali ini akan membahas beberapa spot sungai di Trenggalek yang masih dialiri air bersih.

Aku senang berenang di sungai, itu hal penting yang kudu dilakukan jika sudah mulai suntuk dengan berbagai hal, misalnya saja saat otak sudah penuh dengan pikiran. Untuk mereset kapasitas otak supaya kembali fresh memproduksi gagasan-gagasan baru, biasanya aku pergi ke sungai, lalu mandi. 

Ini bukan ritual lo ya, hanya semacam kesenangan berbaur dengan alam, bagiku, sungai adalah luapan syukur bumi atas berkah yang diberikan oleh Gusti Alloh, kemudian air-air yang mengalir membelah daratan ini, ikut membagikan rahmat bagi semesta. Sungai dengan air bersih, adalah perpaduan sesama makhluk yang memberikan energi positif. Dengan berbaur bersama mereka, aku turut mendapatkan energi positif, alih-alih membuang energi negatif bersama-sama.

Ini ceritaku, tentang bagaimana aku memberikan pandangan terhadap bumi dan isinya, terhadap alam yang aku adalah salah satu bagian darinya. Serta bermunajat bersama makhluk-makhluk yang selalu patuh terhadap perintah Illahinya. Maka jika air-air ini menjadi keruh, penyebabnya tidak jauh dari betapa keruhnya manusia yang ada di sekitarnya. Ada banyak manusia yang abai terhadap sungai, namun ada pula yang peduli terhadapnya.

Trenggalek, adalah daratan yang berada di titik akhir garis teritorial Indonesia bagian selatan, ia adalah benteng yang terbuat dari air-air sungai yang mengumpul di lautan. Setiap hari air ini mengalir tanpa henti dan berakhir di laut dengan membawa berbagai nutrisi untuk makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Tidak semua bersih, namun ada beberapa sungai yang saat ini masih bersih, tidak banyak limbah dan polutan. Sangat direkomendasikan untuk berenang. Sungai-sungai ini adalah:

Sungai Bersih di Watulimo 

Sungai yang masih layak di sebut alami yang berada di Kecamatan Watulimo adalah, sungai keping dan sungai watu lawang.

Sungai keping (kali keping) adalah sungai yang mengalir di lokas wisata Banyu Anget dan Kedung Rang Kambu, Desa Dukuh Kecamatan Watulimo. Ada beberapa tulisan yang bisa kalian baca untuk mengenali sungai ini:

Kedung Urang Kambu Desa Dukuh
Berenang di Jurug Urang Kambu
Serunya Bermain Air Sungai Watu Lawang

Sungai Bersih di Munjungan

Selain di Watulimo, juga terdapat sungai bersih di Kecamatan Munjungan. Tepatnya berada di Desa Bangun. Saya pernah ke sana beberapa waktu lalu dan menuliskannya di artikel ini: Liburan ke Coban Wonoasri Desa Bangun, Munjungan.

Dibandingkan dengan sungai yang ada di Watulimo, sungai di Munjungan yang saya maksud lebih jernih dan sejuk. Namun ada beberapa kedung yang dalam sehingga saya tidak berani berenang. Karena memang saya tidak bisa berenang. 

Berkunjunglah


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar