Skip to main content

Peluang Bisnis di Bulan Agustus


Mastrigus.com - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Agustus, di mana bulan ini dikenal sebagai bulan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Tahukah anda kapan Indonesia merdeka? Jika anda tidak tahu, sudah selayaknya anda ditenggelamkan ke dasar laut palung Mariana, supaya dapat bertemu dengan Spongebob dan dapat bertanya langsung kepadanya perihal kapan Indonesia merdeka. Sebagai bagian dari bangsa yang besar sudah selayaknya anda tahu kapan negara ini merdeka dari penjajahan.

Biasanya, memasuki perayaan bulan Agustus, akan ada banyak kerepotan yang diprakarsai oleh manusia, seperti membuat karnaval, gerak jalan, upacara, lomba agustusan dan pelbagai aksi masyarakat yang notabene bertujuan untuk menangkap esensi kemerdekaan Indonesia itu sendiri. Kerepotan itu akan muncul dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional. Selama tidak bertentangan dengan hukum, apapun model perayaan untuk merayakan kemerdekaan memang patut diapresiasi.

Termasuk bagi para pebisnis yang pandai menangkap peluang bisnis dari perayaan ini, tentu bisa mengambil bagian dalam perayaan besar ini, sekedar untuk sedikit membantu meringankan beban orang lain yang kebetulan tidak mau repot namun memiliki uang yang hendak dibelanjakan. Peluang-peluang bisnis ini hendaknya akan saya list supaya dapat menjadi rujukan bagi anda yang ingin mendapat keuntungan dalam perayaan kemerdekaan 17 Agustus 2019.

Nah, kira-kira peluang bisnis apa saja yang bisa anda ambil, silakan simak dengan baik tulisan ini, dan apabila anda benar-benar menerapkannya, jangan lupa bagi keuntungan dengan saya ya. Hehehe.

1. Jualan Bendera Merah Putih

Yups, satu peluang bisnis yang bisa anda ambil adalah berjualan bendera merah putih. Seperti kita ketahui bersama bahwa, bendera merah putih atau kain berwarna merah putih akan banyak dikibarkan oleh orang-orang, baik di pinggir jalan, di depan rumah, di ruas-ruas jalan bahkan selama itu pula akan banyak warna merah putih melekat di badan orang-orang.

Saat ini banyak orang menginginkan sesuatu yang instan, termasuk dalam hal jual beli. Maka silakan ambil peluang ini untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. 

Anda bisa bekerjasama dengan para penjahit atau toko kain penjual bendera merah putih dan menjualnya ulang. Akan lebih baik jika anda menawarkan langsung kepada orang-orang disetiap rumah supaya banyak yang termudahkan dengan layanan yang anda berikan.

Selain anda mendapatkan keuntungan uang, tentu anda juga mendapatkan sisi semangat patriotisme. Bukankah menawarkan kain bendera nasional kepada penduduk negeri adalah bentuk patriotisme?

Atau jika anda tidak memiliki waktu untuk keliling rumah, anda juga bisa mengambil spot strategis di pinggir jalan dan memajang kain merah putih supaya banyak orang yang melihatnya. Dengan demikian, jika anda orang yang tertarik dengan barang anda, mereka akan mendatangi dan membeli dagangan anda. Simple bukan.

Saya merekomendasikan kepada anda untuk mengawali perencanaan berbisnis bendera merah putih ini sejak sekarang. Supaya perencanaannya lebih matang lagi serta tentu saja anda bisa langsung menghitung keuntungan dari berapa potong kian bendera yang hendak anda jual.

2. Membuka Jasa Pembuat Maskot Karnaval

Ada Agustus hampir selalu ada karnaval, itu yang biasa kita saksikan ketika memasuki bulan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Para pelajar melalui sekolah di mana ia belajar dikoordinasi oleh pihak sekolah untuk menunjukkan eksistensi mereka kepada masyarakat melalui makeup dan maskot yang mereka pakai. Semakin unik maskot dibuat, semakin baik pula apresiasi yang didapatkan.

Faktanya, tidak semua orang bisa membuat kreasi maskot karena keterbatasan imajinasi dan kreativitas, namun mereka butuh untuk menampilkan eksistensinya kepada publik. Maka jika boleh saya analisa, ini adalah kesempatan terbaik bagi para kreator pernak-pernik untuk menjelma menjadi pembuat maskot.

Beberapa hal yang sering dibanggakan oleh lembaga para pemakai maskot ini ketika mereka bisa menampilkan maskot yang terbuat dari sesuatu yang tidak berharga, misalnya sampah plastik. Seperti mendapat ilham pengkreasi maskot dari bahan sampah, mereka percaya telah mengubah sampah-sampah ini menjadi sandangan (pakaian) yang mendatangkan decak kagum dari para penonton di pinggir-pinggir jalan. Meskipun demikian, maskot dari bahan sampah tersebut, akan kembali menjadi sampah ketika perayaan telah usai.

Namun anda tidak perlu risau, momen yang diambil dalam pertunjukan maskot ini adalah pada saat karnaval digelar, anda tidak perlu lagi memikirkan bagaimana keadaan maskot tersebut ketika sudah tidak dipakai lagi. Maka jasa anda dalam membuat maskot bisa dikaryakan disetiap tahunnya.

Yang terpenitng dari bisnis ini adalah, anda membutuhkan desain maskot yang hendak ditawarkan kepada masyarakat. Syukur jika desain ini sudah menjadi prototype yang bisa ditunjukkan kepada calon pembeli jasa anda. 

Setelah itu yang perlu anda lakukan adalah memberi tahu masyarakat melalui media sosial atau melalui broadcast Whatsappp. Syukur-syukur jika anda memiliki list kontak sekolah-sekolah di sekitar anda juga daftar nomer handphone pejabat pemerintah. Mungkin dengan sedikit trik menawarkan bagi hasil keuntungan, anda akan segera mendapatkan calon pembeli jasa yang anda tawarkan. 

Jasa membuat maskot karnaval menggiurkan bukan?

3. Jasa Salon Rias Dan Penyewaan Kostum Karnaval

Jika merujuk pada curhat para penyedia jasa rias saat menjelang agustusan, peluang bisnis ini tentu masih sangat terbuka lebar bagi anda. Para perias mengaku sering kewalahan melayani permintaan dari clientnya sehingga banyak yang menolak. Kenapa bisa begitu?

Ini sangat mudah dianalisa, bahwasanya yang hendak tampil dalam karnaval lebih banyak jumlahnya jika dibandingkan dengan para perias itu sendiri. Oleh karenanya, seandainya banyak jasa salon rias yang menawarkan diri kepada para peserta karnaval, tentu ungkapan "kewalahan" tidak muncul lagi.

Namun menjadi perias tidak bisa dilakukan secara instan. Untuk menjadi salon perias yang diakui dan berpredikat baik, anda butuh sertifikat keahlian serta jam terbang yang banyak. Untuk itu, saya tidak menyarankan kepada anda untuk membuka jasa salon rias secara mandiri. Karena orang tidak mudah percaya dengan kualitas sebelum mereka merasa yakin dengan siapa mereka mendapatkan layanan.

Nah untuk itu, mumpung masih sekarang, bagi yang berminat bisa gabung kepada rekan-rekan anda yang kebetulan punya jasa salon rias. Bukankah ini ide yang menarik?

4. Jasa Catering

Semua orang sibuk menyiapkan perayaan besar, mulai dari ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai guru, pembawa acara, kaum pejabat dan wanita-wanita karir lainnya. Anda juga punya kesempatan bagus untuk menjadi wanita karir yang memiliki usaha jasa catering.

Anda dapat memanfaatkan keahlian memasak untuk memudahkan mereka yang sedang sibuk menyiapkan perayaan. Mulailah untuk menghitung anggaran untuk belanja bahan mentah dan membuat daftar siapa kira-kira customer yang hendak anda tawari.

Saya sarankan untuk menghubungi sekolah atau instansi pemerintah maupun kolompok pemuda dan pemudi yang turut meramaikan pesta kemerdekaan Indonesia. Dengan begitu, anda bisa lebih detail dalam menyiapkan bisnis catering kepada konsumen.

Nah ini dia 4 peluang bisnis yang bisa anda terapkan menjelang perayaan kemerdekaan 17 Agustus tahun 2019. Sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang bisa anda cari sendiri. Yang terpenting dari bisnis momentum ini adalah, anda harus berpikir bagaimana cara memudahkan orang-orang yang sedang sibuk.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar