Skip to main content

Cara Berhenti Berlangganan Dari Email yang Mengganggu (Unsubscribe)

Mastrigus.com - Email dalam perkembangannya sangat dibutuhkan bagi umat manusia, terutama bagi merek yang ingin tetao terhubung ke dunia maya. Email bisa dikatakan sebagai prasyarat utama untuk bisa terhubung dengan media sosial.
Padahal menurut sejarahnya, email dipakai sebagai pengganti surat konvensional berupa kertas dan tulisan, dikarenakan pengiriman surat manual lebih memakan waktu dan biaya, maka email menjadi salah satu solusi yang dibuat. Email dahulu kala tidak lebih dari sekedar untuk mengirim surat, pesan, catatan, dan lain-lain.

Salah satu fungsi penting email di era teknologi adalah, ia menjadi rujukan utama untuk bisa terhubung dengan media sosial lain, misalnya Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Email dijadikan sebagai syarat utama untuk bisa memakai layanan media sosial selain memakai nomer seluler. Bahkan bagi pengguna smartphone berbasis android, untuk bisa tehubung dengan playstore dan bisa mengunduh aplikasi android, diwajibkan untuk memiliki akun email.

Maka sudah bisa dipastikan, bagi pengguna android, perangkat yang digunakan telah terintegrasi dengan email, khususnya email yang disediakan oleh Google, yakni Gmail. Bukan suatu yang sulit, kini orang-orang dapat membuat email gmail dengan mudah. Bahkan bisa membuatnya melalui HP.

Mengirim Email dan Menerima Email

Yang paling lazim dari email adalah adanya fitur keluar masuk pesan (surat) tanpa biaya administrasi (kecuali biaya internet). Kita dapat mengirimkan email kepada orang lain dengan mudah, tinggal buka, ketik, kirim. Pun dengan menerima email, kita bisa menerima email sekejap setelah email tersebut dikirimkan oleh pengirim. Karena kemudahan ini, email bagi sebagian orang tidak dianggap penting dan hanya difungsikan sebagai syarat untuk bisa memakai media sosial.

Sebagai contoh, saat kita ingin daftar akun Facebook, saat daftar kita diminta untuk memasukkan email yang kita miliki, lalu facebook mengirimkan link konfirmasi melalui email. Setelah berhasil membuat akun, rata-rata banyak orang meninggalkan email tersebut bahkan cenderung tidak mengingat password emailnya.

Padahal, email tersebut sangat berguna untuk mengembalikan akun Facebook jika sewaktu-waktu lupa password, email dipakai untuk recovery akun.

Di sisi lain, email hanya menjadi tempat sampah bagi email pemberitahuan dari media sosial yang tertaut dengan akun email, tidak heran jika pesan-pesan yang masuk di email, sepenuhnya adalah pemberitahuan dari akun media sosial lainnya.

Bagi saya ini menjengkelkan, terlebih jika pesan pemberitahuan tersebut masuk ke dalam email primary (akun utama), karena selain mengganggu, juga saya rasa tidak penting, kecuali pemberitahuan tertentu, misalnya pemberitahuan untuk mengamankan akun karena hendak dibobol orang lain.

Oleh karenanya saya membuat tulisan ini untuk berbagi pengalaman tentang bagaimana cara berhenti berlangganan email dari pengirim email otomatis.

Cara Berhenti Berlangganan Email

Surat elektronik yang masuk ke alamat email kita tidak semuanya dikirimkan oleh manusia (human), namun juga dikirimkan oleh robot. Terutama email yang sifatnya notifikasi pemberitahuan.

Robot-robot ini tidak bekerja tanpa ijin dari pemilik email. Jika ada email masuk hampir disetiap harinya dan isinya hampir sama, itu adalah pesan yang telah anda setujui untuk dikirimkan kepada anda.

Tentu saja, sebagian orang merasa tidak sadar dengan hal ini, karena tidak terlalu memperhatikan aturan saat mendaftar akun tertentu.

Jika menurut anda menganggu, silakan berhenti berlanganan dari email tersebut. Caranya cukup mudah, ikuti pentunjuk gambar di bawah ini:


Petunjuk:

  1. Buka email lalu masuk ke akun milik anda
  2. Pilih salah satu pesan masuk (inbok) yang ingin di unsubscribe
  3. Scroll hingga bawah, cari keterangan seperti yang ada di gambar atas. Biasanya ada kata unsubscribe, berhenti berlanggan, pengaturan notifikasi dan lain-lain, yang intinya upaya untuk berhenti dari pesan update.
  4. Selesai.
Dengan begitu, anda tidak akan lagi mendapatkan pesan yang masuk inbok email secara berkala. Pakai cara ini dengan bijak dan untuk jenis pesan yang memang tidak anda kehendaki. Terima kasih sudah membaca. Salam 

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar