Skip to main content

Cara Edit Permalink Postingan di Blogspot yang Terlanjur di Posting


Mastrigus.com - Permalink adalah istilah yang dipakai untuk menyebut alamat URL dari sebuah situs/websites/blog, baik yang mengarah langsung ke halaman postingan atau menuju halaman statis sebuah websites. Misalnya, permalink dari web Mas Trigus adalah www.mastrigus.com.

Setiap halaman situs selalu memiliki permalink, dari alamat inilah publik dapat mengakses halaman tersebut. Selain untuk memberikan alamat, permalink juga berfungsi untuk mengarahkan publik langsung ke halaman situs yang dimaksud.

Saat kita hendak membuat postingan baru di blog, secara otomatis blogspot akan membuat permalink sebagai alamat URL dari halaman posting baru kita tersebut. Dengan tindakan otomatis ini tentu mempermudah kita dalam membuat postingan konten.

Meski sebenarnya, kita juga dapat mengedit permalink secara manual. Blogspot mengijinkan kepada kita untuk melakukan hal tersebut. Pengaturan permalink ditunjukkan seperti gambar di bawah ini:

Jika kita menghendaki supaya permalink dibuat otomatis, maka biarkan centang berada pada tautan Permanen Otomatis. Biasanya blogspot akan menyesuaikan dengan judul yang telah kita buat, tentu dengan pembatasan.

Jika kita hendak mengubahnya secara manual, maka silakan centang Tautan Permanen Khusus, ketika di tandai maka akan muncul kolom dialog yang mengharuskan kita untuk membuat permalink sesuai yang kita kehendaki.

Akan tetapi jika kita membiarkan permalink dibuat secara otomatis dan terlanjur memposting konten yang telah kita buat, maka tombol Tautan Permanen Khusus tidak akan lagi muncul di halaman edit.

Kenapa bisa terjadi?

Karena pada prinsipnya, link yang telah terbuat tidak boleh diubah, dengan alasan, jika orang lain sudah menerima link sebelumnya, dan ternyata kita telah mengganti permalink tersebut, maka link pertama tidak dapat menampilkan halaman psotingan.

Lalu bagaimana cara untuk mengedit permalink setelah artikel terlanjur di posting?

Caranya cukup mudah, seperti halnya ketika kita hendak mengedit label postingan secara berjamaah (banyak sekaligus).

Cara Edit Permalink Blogspot

Ikuti step by step anjuran yang saya berikan ini, pasalnya anjuran ini ampuh untuk menyembuhkan kegalauanmu. Caranya adalah:

  1. Masuk ke dashboard blogger, cari artikel yang hendak kalian ubah permalingnya.
  2. Setelah itu, klik Edit.
  3. Di halaman edit post, silakan pilih Kembali ke Draft (berada di pojok kanan atas)
  4. Setelah itu klik Tautan Permanen, maka tombol edit permalink secara manual akan muncul kembali
  5. Isikan nama permalink sesuai yang anda kehendaki.

Caranya cukup mudah bukan, namun sebenarnya dengan melakukan ini ada hal yang harus anda perhatikan dengan seksama.

Melakukan edit permalink berarti mengubah alamat sebelumnya menjadi alamat yang sekarang. Artinya, alamat URL yang dahulu tidak dapat dibuka lagi, alias jika dibuka maka akan menuju halaman 404.

Hal ini dapat mempengaruhi trafik blog dari halaman yang telah diubah permalinknya tersebut. Jika ini dibiarkan, maka Google indeks menganggap bahwa blog kita memiliki broken link.

So, saran saya kepada kalian yang hendak mengubah permalink adalah, jangan mengubah halaman yang memiliki banyak trafik dan kadung terindeks oleh Google.

Apalagi artikel tersebut sudah kamu share di media sosial, maka sudah bisa dipastikan tautan tersebut tidak dapat dibuka lagi.

Jadi ubah permalink pada artikel yang belum pernah anda tautkan ke situs lain. Selamat mencoba, terima kasih sudah mampir.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar