Skip to main content

Cara Mudah Mengeluarkan Kapas Cotton Bud yang Tertinggal di Dalam Telinga


Mastrigus.com - Terlepas dari kontroversi tentang bahaya membersihkan telinga dengan cotton bud (sogok curek), sampai saat ini saya masih menggunakan benda seperti pegangan premen pentol dengan kapas di pucuknya tersebut untuk membersihkan telinga.

Sampai saat ini saya belum bisa move on dari cotton bud untuk membersikan telinga atau sekedar dipakai sebagai ganti telunjuk untuk menggaruk telinga ketika gatal, kita tahu bahwa lubang telinga tidak bisa mengakomodir telunjuk.

Jadi ketika lubang telinga gatal, entah karena kemasukan air atau berkeringat atau memang banyak kotorannya (curek) salah satu cara untuk meredam rasa gatal tersebut adalah dengan menggunakan cotton bud.

Sebenarnya ada cara lain yang biasa saya gunakan ketika dulu masih kecil, yakni dengan memakai bulu ayam. Bulum ayam menurut saya adalah solusi untuk membersihkan lubang telinga, tentu setelah dibersihkan. Selain karena bulu ayam mampu menyerap air, namun ia tidak mudah rusah karena basah.

Namun sekarang jarang ada ayam berkeliaran dan menjatuhkan bulunya, apalagi hidup di kota. Hampir tidak pernah menjumpai ayam yang hidup disela-sela kehidupan kita.

Cotton Bud Sebenarnya Bahaya?

Benar, cotton bud memang bahaya dipakai untuk membersihkan telinga, itu jika dengan tidak hati-hati. Karena pada prinsipnya, lubang telinga yang kecil tersebut berfungsi untuk melindungi area sensitif pada lubang telinga.

Dan menurut penjelasan para ahli telinga, adanya kotoran dalam telinga (curek) sebenarnya secara alami melindungi dari hewan-hewan kecil yang masuk ke lubang telinga tanpa sengaja.

Tekstur kotoran telinga yang lengket dan memiliki rasa pahit (kalau tidak percaya silakan jilat sendiri) efektif menjebak hewan kecil seperti semut untuk tidak masuk lebih dalam sampai gendang telinga, dan lagi berfungsi untuk membunuh hewan kecil tersebut.

Bahaya yang muncul saat membersihkan telinga dengan cotton bud adalah ketika kotoran tersebut dibersihkan. Selain itu bisa lebih berbahaya jika kapas cotton bud tertinggal di dalam lubang telinga.

Cara Mudah Mengeluarkan Cotton Bud Yang Tertinggal di Dalam Telinga 

Saya sendiri sering mengalami kondisi seperti ini, baik secara sadar maupun tidak sadar. Pernah suatu ketika tanpa sadar saat membersihkan telinga dengan bulu sayap ayam, ada benda yang berhasil keluar (terjerat helai bulu ayam), ternyata benda tersebut adalah kapas cotton bud.

Kapas tersebut sudah berwarna coklat kehitam-hitaman, prediksi saya kapas tersebut sudah lama tertinggal di dalam telinga tanpa saya ketahui.

Saat artikel ini saya tulis, beberapa menit sebelumnya saya sedang membersihkan lubang telinga dengan cotton bud, dan kapasnya tertinggal di dalam telinga. Saya tidak panik karena sudah tahu bagaimana cara mengeluarkannya dengan mudah.

Inilah caranya:

  1. Ambil cotton bud yang lain, tariklah sedikit kapas yang berada di paling ujung, dan upayakan jangan sampai lepas semua.
  2. Pilin serabut kapas tersebut sehingga membentuk untaian (seperti benang)
  3. Masukkan ke dalam telinga, dan putar perlahan (pakailah insting bahwa kapas tersebut menyentuh kapas yang tertinggal)
  4. Lalu tariklah cotton bud tersebut, maka kapas yang tertinggal akan ikut tercabut oleh cotton bud yang sudah dipilin tadi.
  5. Lakukan sampai berhasil.

Bentuk cotton bud yang telah dimodif untuk mengambil benda di dalam telinga kira-kira seperti ini:

Cara Kerja Benda tersebut sebenarnya cukup simple serta masuk akal. Kapas yang tertinggal adalah kapas yang tidak terlalu kuat terikat pada batang cotton bud. Ia terlepas saat diputar di dalam telinga. Bisa jadi karena kualitas produksi cotton bud tidak bagus. Saran saya, pilihlah cotton bud yang bagus jika tidak ingin tertinggal di dalam telinga.

Kapas yang terlepas biasanya terburai, ia tidak lagi menjadi kapas padat, maka banyak serabut kapas yang mudah dikait dengan benda sejenisnya.

Dengan membuat modifikasi cotton bud seperti gambar di atas, memungkinkan untuk mengait kapas yang tertinggal di dalam telinga. Proses pemelintiran (memutar) kapas adalah upaya untuk mengait atau mengikat benda tersebut sehingga terbawa saat kapas di tarik.

Gambar di bawah ini adalah hasil dari praktik yang saya lakukan. Benda yang saya lingkari warna kuning adalah kapas yang tertinggal di dalam telinga saya. Alhamdulillah.

Oleh karenu itu, jika kebetulan anda mengalami hal serupa dengan yang saya alami, tidak perlu panik. Silakan lakukan upaya seperti yang saya contohnya, mudah-mudahan itu berhasil. Dan apabila mengalami kendala, silakan pergi ke dokter telinga untuk mendapatkan penanganan khusus yang lebih profesional.

Terima kasih sudah mampir di mastrigus.com, semoga artikel Cara Mudah Mengeluarkan Cotton Bud yang Tertinggal di Dalam Telinga bermanfaat bagi kita semua.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar