Skip to main content

Desain Custom Tampilan Template Kompi Flexible

Saya masih sangat yakin, template blogger terbaik yang saya percayai adalah Kompi Felxible. Sebuah template garapan Adhy Suryadi yang menurut saya terlalu keren, baik diukur dari sisi harga maupun dari sisi struktur.

Oleh karena itu, sampai sekarang saya belum mengganti template untuk Mastrigus.com, bahkan untuk tahun-tahun mendatang, saya akan tetap memakai template ini.

Salah satu hal yang saya sukai dari template ini adalah, adanya update berkala dari developer dengan pertimbangan perkembangan teknologi yang diterapkan saat ini, juga struktur coding yang dibuat dengan bagus.

Hal ini sangat memudahkan saya untuk belajar lebih mengenai bahasa logic, dengan bermodal kejelian mengamati dari struktur code yang telah dibuat. Template Kompi Flexible sangat mendukung keinginan saya ini.

Custom Kompi Flexible

Struktur yang dibuat sangat bagus, ini memberikan kita akses lebih untuk sekedar melakukan custom terhadap tampilan yang kita kehendaki.

Alasan mendasar kenapa kita kerap melakukan editing pada tampilan blog adalah karena setiap orang punya kecenderungan untuk berbeda. Saya rasa ini sangat manusiawi.

Benar saya memakai template Kompi Flexible, secara default tampilan blog ini sudah bagus, namun saya ingin memiliki tampilan berbeda.

Alih-alih supaya tidak sama dengan yang lain (pemakai template Kompi Flexible) saya melakukan editing tampilan sehingga seperti yang anda lihat di blog ini.

Beberapa orang yang melihat hasil editing saya, mengaku tampilannya menjadi lebih clean. Bahkan sebagian ada yang hendak meniru tampilan tersebut dengan membeli template yang saya pakai.

Tentu saja tidak saya ijinkan, karena pada dasarnya, sebuah tampilan terlihat bagus jika ia sendiri, akan tetapi jika sudah banyak dipakai orang lain, tidak menjadi bernilai lagi.

Kreasindoco Memakai Template Custom Kompi Flexible

Beberapa saat yang lalu, pemilik perusahaan Kreasindoco menghubungi saya untuk membeli Jasa Edit SEO Template Blog, dan seperti biasa saya menyanggupinya, tentu dengan harga yang disepakati.

Namun ketika masuk ke dashboard blogger tersebut dan membuka struktur template yang digunakan, saya menemukan kerancuan dalam template tersebut.

Misalnya, CSS yang dibuat tidak dikelompokkan dengan baik, ia menyatu menjadi satu. Saya curiga jika template tersebut dibuat dari hasil konversi tool tertentu sehingga terlihat berantakan. Dan lagi, HTML yang dipakai masih versi 2.

Tentu saja ini sudah usang alias ketinggalan jaman, saat ini HTML sudah sampai di HTML 5, bahkan untuk yang lebih keren, ada versi HTML AMP seperti yang saat ini saya pakai.

Setelah mendapati beberapa kelemahan tersebut saya merekomendasikan kepada Mas Widodo (pemilik Kreasindoco) untuk mengganti template yang strukturnya sudah terupdate. Plus mengatakan kepadanya bahwa, tidak ada gunanya lagi jika mengedit template yang sudah terpasang.

Dia sepakat, dan mempercayakan pergantian template tersebut, akan tetapi tampilannya jangan jauh-jauh berbeda dari yang sudah terpasang. Akhirnya kami menyepakati project ini.

Memakai Template Custom Kompi Flexible Untuk Web Perusahaan

Pertama-tama saya memakai Kompi Flexible dan melakukan edit tampilan menyesuaikan dengan tampilan semula.

Saya berkolaborasi dengan Bang Adhy Suryadi selaku developer Template Kompi Flexible, beliau menyepakati project ini.

Saya lebih banyak mengatur pernak pernik blog (tampilan) dan melengkapi beberapa hal supaya lebih SEO. Sedangkan Bang Adhy Suryadi banyak bergerak menyesuaikan code supaya lebih kompatible dengan tampilan yang dikehendaki.

Dalam waktu 4 hari, template sudah jadi dibuat, dan saya memasangnya di web kreasindo.id. Sampai di sini project ini sudah berhasil dan lihat sendiri tampilannya. Mas Widodo mengaku sangat puas dengan hasilnya.

Jadi sebenarnya kita bisa membuat custom semau kita dengan memakai template Kompi Flexible, baik versi AMP maupun versi HTML 5. So, apa kalian tertarik dengan template ini?


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar