Skip to main content

Kunci Sukses Bagi Pengusaha Pemula


Sukses adalah kata yang sering diharapkan manusia agar bisa hadir dalam hidupnya, sukses juga merupakan kata penyemangat bagi mereka yang sedang berupaya bangkit dari kehidupan yang biasa-biasa saja.

Setiap orang boleh sukses, namun tidak semua orang dapat menggapai sukses, hanya karena tidak dapat memaknai kata sukses secara baik, sehingga sukses hanya menjadi tujuan semata. Jika saja setiap orang dapat mengerti makna kata sukses, bisa saja sukses tersebut telah lama ditemui.

Misalnya saja, seorang pengusaha pemula ketika baru memulai usaha, berharap bahwa usahanya bisa sukses, bayangan keberhasilan kerap menjadi pelecut semangat. Pada awalnya, setiap orang yang memulai usaha, selalu berharap demikian.

Namun hasilnya, tidak semua orang dapat merasakan sukses yang ia kehendaki, sebagian yang lain terus berusaha meski usahanya sering gagal, sebagian lagi memilih untuk berhenti berusaha dan memilih jalan lain.

Menurut saya ini hanya soal cara pandang, setiap orang pernah mendapatkan kesuksesan, tapi tidak merasakan bahwa itu adalah kesuksesan.

Kata sukses dalam usaha, biasanya diukur dengan ukuran material. Misalnya, seorang pengusaha menganggap bahwa ia sukses jika bisa membuka cabang baru, omzetnya banyak, hartanya bertambah banyak, dll.

Padahal, ukuran ini tidak semestinya menjadi satu-satunya ukuran. Seorang pengusaha yang baik tentu memiliki target disetiap langkahnya. Dan ini sebenarnya dapat dijadikan ukuran untuk sukses,

Sukses itu Ada Tahapannya

Benar kawan, ada tahapan-tahapan untuk sukses. Namun jangan lupa, tahapan ini sebenarnya kita sendiri yang harus membuat, bukan orang lain.

Misalnya begini, kamu sedang memulai usaha baru, lantas untuk menjalankan usaha ini kamu butuh modal. Maka ketika kamu telah mendapatkan modal usaha, itu adalah kesuksesan pertama.

Selanjutnya, modal tersebut kamu belanjakan untuk membuat usaha yang telah kamu impikan, kamu mendirikan toko atau warung di tempat yang telah kamu pilih, maka itu bisa kamu nilai sebagai kesuksesan.

Kemudian kamu berpikir untuk mendapatkan konsumen, kamu melakukan promosi dan ternyata hasilnya bagus, kamu berhasil mendapatkan konsumen, maka nilailah ini menjadi kesuksesan ketiga. Dan seterusnya.

Jika kita berat menggapai sukses, maka cobalah untuk memecah kesuksesan itu menjadi bagian kecil yang mudah untuk dilakukan.

Sukses adalah kumpulan kesedihan, kegagalan, penghianatan dan air mata.

Dengan begini kita bisa lebih mudah menggapai kesuksesan lo. Dan teruslah untuk melanjutkan usaha dengan semangat. Jangan menentukan standar berat jika kamu tidak bisa menggapainya dengan mudah.

Selamat berusaha.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar