Skip to main content

Penghasilan Terasa Tidak Cukup? Ada 5 Cara Dapat Tambahan Lho

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan beragam tuntutan hidup lain seperti pendidikan, biaya sosial, sampai tagihan dan cicilan, kamu tentu butuh biaya yang tidak sedikit. Ada kalanya, gaji bulanan bahkan tidak cukup dan memaksamu harus memutar otak.

Daripada terus-menerus mengandalkan pinjaman tak produktif, kenapa tidak mencari pekerjaan sampingan saja untuk mencari pendapatan tambahan? Ini beberapa yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Berjualan Online


Kalau kamu ingin memperoleh tambahan penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utamamu, berjualan online adalah pilihan yang sangat tepat. Kamu bisa menjadi dropshipper untuk produk fashion, buku, makanan, dll.

Selain tidak butuh modal untuk menyetok barang, pekerjaan ini juga sangat fleksibel karena bisa diselesaikan kapan saja dan di mana saja, terutama ketika sedang bersantai di rumah. Keuntungannya lumayan banget, lho, apalagi kalau kamu rajin promosi di media sosial.

2. Kuliner

Makanan pasti akan sangat laku dijual di kantor-kantor. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini buat mencari pendapatan tambahan. Coba buka pre-order makanan apa saja yang bisa kamu buat, lalu jual kepada teman-teman kantor.

Untuk permulaan, kamu bisa membawa tester. Selanjutnya, tanyakan kepada mereka sekiranya ada yang berminat untuk memesan. Kalau makananmu sudah terkenal kelezatannya, dijamin pembeli akan selalu ada.

3. Jual Foto di Internet

Punya keahlian memotret dan memiliki banyak stok foto menarik? Jual saja di situs-situs penyedia foto di internet. Nantinya, kamu akan mendapat komisi (dalam bentuk dollar) untuk setiap foto yang dipakai atau dibeli orang secara online. Jadi tidak menumpuk tak tersentuh lagi deh hasil karyamu.

4. Jasa Penerjemah

Menguasai bahasa asing adalah poin plus yang wajib kamu manfaatkan. Kamu bisa menggunakannya untuk membuka jasa penerjemahan. Coba promosikan diri dengan melampirkan portofoliomu.

Jasa penerjemah ini akan selalu dibutuhkan pasar untuk mengalihbahasakan berbagai dokumen, makalah, jurnal, buku-buku, sampai artikel. Selain bayarannya tinggi, kamu juga bisa mengerjakannya di rumah. Enak sekali, bukan?

5. Jasa Les Privat

Masih punya banyak waktu usai pulang kantor? Coba buka jasa les privat untuk murid-murid sekolah di sekitarmu. Kamu bisa fokus ke satu bidang studi atau di banyak mapel jika memungkinkan. Tetapkan honor per jam, misalnya Rp50.000.

Jika dalam seminggu kamu memberi les sampai 5x, sebulan kamu mendapat tambahan Rp1.000.000. Wah, lumayan sekali kan untuk tambahan investasimu.

Selain kelima profesi di atas, pekerjaan lain yang bisa dicoba untuk mencari pendapatan tambahan adalah driver ojek online, desainer grafis, make-up artist (MUA), dan sebagainya. Dari semuanya, mana yang paling kamu minati?


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar