Skip to main content

Cara Agar Postingan Blog Muncul di Halaman Pertama Pencarian Google


Kiat Blogger - Bagi seorang Blogger, bisa membuat artikel yang dapat menduduki peringkat pageone (halaman pertama) di pencarian Google adalah sebuah impian.

Bagaimanapun juga ketika kita (Blogger) memperoleh kesempatan tersebut, cenderung akan dapat meningkatkan visitor ke dalam blog yang kita miliki.

Visitor (pengunjung) adalah satu-satunya tujuan mutlak yang melatarbelakangi para blogger untuk terus membuat konten di dalam blognya.

Maka, karena hubungan antara pageone dan visitor ini sangat kuat, setiap blogger berlomba-lomba untuk menerapkan SEO (Search Enggine Optimation).

SEO lebih banyak berbicara tentang kiat-kiat khusus untuk dapat merebut posisi postingan di pencarian Google.

BACA:
Jasa Edit SEO Template Blog (artikel ini mengulas tentang apa saja yang dinilai dalam SEO)

Berbicara tentang posisi pageone, lebih tepat jika berbicara tentang ilmu SEO, karena memang semua kiat-kiatnya telah include di dalam pembahasan ilmu tersebut.

Namun kita tidak boleh parsial dalam menerapkan kiat ini, karena SEO tidak hanya berbicara tentang satu atau dua kiat, melainkan berbicara kiat secara keseluruhan.

Pada dasarsnya SEO dibagi menjadi dua bagian, yaitu, SEO Onpage dan SEO Offpage, masing-masing bagian memiliki penjelasan tersendiri, serta penerapan yang berbeda.

Oh ya, untuk memahami SEO ini, anda bisa membaca artikel saya tentang Cara Cek Skor SEO. Di dalam artikel ini anda dapat memahami SEO secara perlahan.

Untuk dapat menempati posisi halaman pertama di pencarian Google, ada beberapa kiat yang bisa anda lakukan, di antaranya adalah:

Buatlah Template Blog yang Sudah SEO

Template blog memiliki pengaruh cukup signifikan dalam hal SEO, ini sangat benar. Karena di dalam template tersebut, lebih banyak memuat kebutuhan SEO Onpage.

Template blog yang bagus, tidak hanya berbicara masalah tampilan, tapi juga berbicara tentang struktur data, serta telah mengikuti update yang diberlakukan oleh Google itu sendiri.

Di dalam blog ini, ada berbagai macam kiat yang mengulas tentang template. Anda cukup mencarinya di kolom pencarian atau klik tautan ini: Kiat Mengoptimalkan Template Blog.

Sampai sekarang, saya tetap mempercayakan template untuk blog ini kepada Bang Adhy Suryadi, pemilik blog Kompiajaib.com.

Karena untuk template yang ia jual, selalu update mengikuti perkembangan kebijakan Google. Jadi saya tidak perlu repot untuk memahaminya sendiri.

Jika tidak bisa membuat template yang support SEO, lebih baik membelinya saja pada ahlinya.

Untuk mengukur apakah template blog sudah bagus atau belum, anda bisa memakai Google Lighthouse. Silakan mencobanya sendiri.

Buatlah Artikel yang Dicari Banyak Orang

Jadi Blogger jangan egois dong, kita tidak mungkin hanya berharap kepada pembaca untuk menyukai artikel yang telah kita tulis, tanpa memikirkan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh mereka.

Selama saya menjadi seorang blogger, sekitar 80% pengunjung saya berasal dari penelusuran organik, rata-rata mereka membuka artikel saya yang membahas tutorial tertentu. Atau cenderung membaca artikel yang informatif.

Dari sini dapat saya simpulkan bahwa, mereka tidak sekedar mau membaca artikel yang tidak bermanfaat bagi mereka. Rata-rata orang ingin membaca apa yang mereka butuhkan. Dan tentu saja kebutuhannya tidak sama dengan kebutuhan kita.

Di dalam blog ini, ada banyak artikel yang menjelaskan tentang kiat-kiat membuat artikel yang bagus. Juga ada artikel yang khusus membahas konten tanpa keyword: Kiat-kiat Menulis di Blog.

Pastikan Robot Google Dapat Mengindeks Blog Kamu

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa robot Google dapat mengindeks blog kamu sehingga muncul di dalam pencarian Google.

Caranya adalah dengan melakukan pendaftaran di Google Search Console terlebih dahulu. Ini untuk memberi tahu robot google untuk melakukan indeks secara penuh pada sitemap milik blog kita.

Sitemap adalah peta situs yang berisi kumpulan url yang ada di dalam blog, selain kita dapat melakukan submit artikel secara manual, dengan cara ini robot Google akan meng-crawl peta situs kita secara otomatis.

Terkait bagaimana cara melakukan submit artikel secara manual disetiap kali kita memposting tulisan, bisa kamu baca di artikel ini: Cara Terbaru Submit Artikel ke Google Webmaster.

Meskipun cara ini sangat penting, namun belum bisa memberi kepastian pada blog anda untuk bisa nagkring di halaman pertama. Karena pada dasarnya kiat ini hanya untuk memberi tahu google untuk mengindeks blog kita.

Jangan Sungkan Mencari Backlink Berkualitas

Backlink adalah link atau tautan alamat web yang masuk dari blog lain. Keberadaannya sangat penting untuk menunjang blog kita bisa sampai pada halaman pertama pencarian Google.

Ada beberapa artikel yang bisa kamu pelajari:

Ciri-ciri Backlink yang Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas dari Staticaly.com
Backlink Gratis Berkualitas Dari Mas Trigus

Pada umumnya backlink bekerja untuk menambah tingkat hubungan sebuah blog dengan blog lainnya, namun ini tidak bisa diartikan dengan saling tukar link seperti yang biasa digunakan blogger jaman dahulu.

Semakin banyak link blog kita yang tertanam di blog orang lain, semakin baik nilainya. Namun hal ini juga harus memperhatikan relasi terhadap artikel yang ditulis dan link yang ditautkan.

Kenapa bisa begitu?

Menurut informasi terkini, robot Google lebih menyukai tautan link yang masih relevan dengan tema artikel yang ditulis. Relevan berarti masih ada kaitan, masih berhubungan.

Yang perlu diperhatikan, meskipun backlink itu bagus, namun jika tidak diterapkan secara hati-hati, justru akan menghancurkan blog itu sendiri. Oleh karenanya kita harus benar-benar bijak.

Keyword Itu Penting, Tapi Bukan Hal Utama

Cobalah untuk membuat artikel yang mengulas tentang nama anda, publish dan silakan submit ke Google Search Console. Supaya lebih unik tambahkan kata yang jarang dipakai orang.

Kemudian silakan cek di google search, saya jamin artikel anda akan ada di urutan paling atas.

Kenapa bisa begitu?

Pada prinsipnya keyword bekerja dengan merekam kata kunci utama dalam artikel yang kita buat. Ketika kita mencari di pencarian Google, maka robot menampilkan artikel yang paling relevan dengan kata kunci tersebut.

Namun pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ada orang yang akan mencari kata kunci tersebut?

Ya, mestinya akan ada orang yang mencari kata kunci yang telah anda buat tersebut. Orang tersebut adalah anda sendiri.

Kita tidak hanya bicara tentang artikel yang bisa nongkrong di halaman pertama pencarian Google, kalau targetnya hanya demikian, itu adalah pekerjaan mudah.

Yang menjadi target adalah, artikel kita bisa muncul di halaman pertama google search dan tentunya banyak dicari oleh pengguna internet.

Namun yang demikian ini sulit dilakukan karena harus bersaing dengan blogger-blogger lainnya. Ketepatan kata kunci dan dengan dukungan SEO Onpage dan SEO Offpage adalah kombinasi yang bisa memenangkan persaingan ini.

Sulit memang, tapi di situlah asyiknya. Ketika saya beberapa kali memenangkan kata kunci yang menyebabkan artikel saya bisa berada di posisi paling atas, membuat saya lebih semangat untuk ngeblog.

Oh ya, saya sudah menulis Tips Menulis Blog Tanpa Riset Keyword Untuk Pemula, silakan dibaca supaya pengetahuan kita bertambah.

Kiat-kiat supaya Postingan Blogger Menempati Halaman Pertama itu ada banyak macamnya, dan ada berbagai macam triknya, sekali lagi kita jangan menganggap itu berasal dari satu kiat dan langsung berhasil.

Yang paling utama, selalu perbarui konten blog anda, dan selalu mengamati perkembangan blog anda. Ada berbagai macam tool yang bisa anda gunakan.

Semua itu sebenarnya tergantung pada bagaimana kamu memperlakukan blogmu sendiri, apakah serius atas hanya ala kadarnya saja. Ingat, hasil tidak pernah menghianati proses, kecuali apes.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar