Skip to main content

Aplikasi Manajemen Keuangan SPBU

Aplikasi Manajemen Keuangan SPBU adalah sebuah sistem pengelolaan keuangan yang dikhususkan untuk SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), dirancang untuk mencatat transaksi pembelian dan penjualan bahan bakar, mencatat pengeluaran umum, mencatat aset dan melaporkannya ke dalam standar pencatatan KAS secara digital.

Saya baru mengetahui ada aplikasi semacam ini setelah dimintai bantuan oleh kenalan untuk mengelola keuangan SPBU di mana ia bekerja. Menurutnya selama ini pencatatan keuangan SPBU masih memakai pencatatan manual sehingga sangat sulit dilakukan pengecekan secara rinci, karena yang tahu model pelaporan selama ini hanya yang membuat laporan, sedangkan direksi hanya bisa mengetahui total pendapatan bulanan.

Ini sangat wajar sekali, di jaman yang serba digital, orang sudah tidak lagi pandai membaca laporan kas secara manual. Hanya orang-orang tertentu yang dapat memahami dan mengerti apa maksud dari nama-nama kode akun serta penjelasannya. Saya pernah belajar akuntansi dan gagal memahaminya secara utuh. Tapi saya yakin masih ada akuntan handal di sekeliling kita, hanya saya jumlahnya tidak banyak.

Karena dimintai bantuan, saya merasa terpacu untuk bisa memberi bantuan segera mungkin, namanya juga dimintai bantuan. Meskipun sebenarnya, saya tidak tahu apakah ada aplikasi yang bisa dipakai untuk mengelola keuangan SPBU secara khusus, tapi saya yakin, Google cukup bisa dipakai mencari aplikasi semacam itu.


Mencari Software Manajemen Keuangan SPBU

Dengan keyakinan itu saya mencari aplikasi manajemen keuangan SPBU di Google search, mulai dari mengetik kata kunci Aplikasi SPBU, Aplikasi Keuangan SPBU, Aplikasi Pertamina sampai Jasa Penyedia Aplikasi SPBU. Google menampilkan artikel rekomendasi yang akhirnya saya cek satu persatu.

Banyak memang aplikasi yang menjelaskan terkait pengelolaan keuangan SPBU, namun tidak secara jelas merinci fungsi dari aplikasi tersebut, bahkan tidak menampilkan Screenshot dari aplikasi. Padahal saya menginginkan aplikasi yang cara penginputannya sederhana, namun sudah terintegrasi dengan sistem pelaporan KAS secara digital. Rata-rata apa yang direkomendasikan Google tidak memenuhi ekspektasi saya.

Tidak sampai putus asa, saya tetap mencari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pelaporan keuangan, hingga pada akhirnya dipertemukan dengan aplikasi manajemen keuangan bisnis beserta pelaporan KAS yang lebih rinci, aplikasi tersebut bernama Armadillo.

Kenapa Saya Tidak Membuat Sendiri Software Manajemen Keuangan SPBU

Sebenarnya, saya memiliki tim yang bisa membuat aplikasi pelaporan transaksi jual beli berbasis SQL. Namun itu lebih ke pencatatan keuangan secara sederhana. Berputar di pencatatan penjualan dan pembelian saja. Lalu laporan yang dibuat hanya sederhana, seperti laporan laba rugi. Ini tentu menyesuaikan dengan kondisi bisnis mikro.

Sama halnya dengan aplikasi manajemen keuangan yang dikhususkan untuk UMKM yang sifatnya online, jadi bisa mengecek laporan transaksi secara realtime. Tapi bagi SPBU sebenarnya itu tidak terlalu penting. SPBU lebih pas dikelola secara offline, karena ada office dan ada admin serta supervisor yang ada disatu tempat.

Alasan lain kenapa saya tidak membuat aplikasi tersebut adalah, terletak pada budget. Budget yang diberikan oleh rekan saya untuk pengadaan software manajemen keuangan SPBU tidak mencukupi membayar tim. Dan tentu ini rugi jika aplikasi yang telah dibuat tidak boleh dijual lagi. Jadi hanya sekali buat dan selesai. Lagian untuk biaya perawatan aplikasi seharusnya juga ditanggung oleh perusahaan, dan seperti yang saya jelaskan di atas, itu tidak ada.

Menimbang dari keadaan yang ada, akhirnya saya lebih memilih untuk memakai software yang sudah ada dan sudah sesuai dengan keinginan serta ada pelayanan purna jual yang bisa menghandle problem pada aplikasi, jika terjadi. Saya putuskan untuk menghubungi pihak Armadilo.

Sekilas Tentang Armadillo Accounting

CV Radian Multi Prima adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang system consultant, berdiri di kota Malang - Jawa Timur sejak tahun 2002. Salah satu produk dari CV ini adalah Aplikasi Armadillo Accounting yang kini sudah saya terapkan di SPBU Prigi.

Sedangkan aplikasi Armadillo sendiri adalah sebuah sistem aplikasi akuntansi sederhana untuk usaha dagang dan jasa, berbasis windows dan berbahasa indonesia yang meliputi modul penjualan, pembelian, persediaan (stock), hutang, Piutang, Kas Bank dan Jurnal. Lebih khusus di desain untuk digunakan pada usaha kecil dan menengah (UKM), selain itu juga bisa di gunakan pada koperasi serba usaha.

Aplikasi ini cenderung mudah dan sederhana dalam pemakaian, selalu di kembangkan sesuai perkembangan jaman. Semua modul sudah menghasilkan jurnal secara otomatis, sehingga dengan menjalankannya, kita langsung mempunyai laporan neraca dan rugi laba secara up to date.

Meski demikian aplikasi ini bisa di improvisasi sesuai dengan kebutuhan pencatatan keuangan. misalnya dapat diterapkan pada manajemen keuangan SPBU, karena secara prinsip, apapun yang berkaitan dengan pencatatan keuangan, aplikasi bisa diadaptasikan.

Kemampuan Aplikasi Armadillo Accounting

Pada dasarnya aplikasi ini dapat mencatat:
  1. Penjualan: Transaksi penjualan retur dan order , Daftar penjualan, Omzet penjualan, Daftar pelanggan, Pengingat order penjualan dan Penerimaan Order penjualan
  2. Pembelian: Transaksi pembelian retur dan order, Daftar pembelian, Daftar pemasok, Pengingat order pembelian
  3. Hutang: Transaksi hutang dan pembayaran hutang, umur hutang, pengingat pembayaran, kartu hutang
  4. Piutang: Transaksi piutang dan pembayaran piutang, umur piutang, pengingat pembayaran kartu piutang
  5. Persediaan: Daftar persediaan dan jumlah stocknya , Costing (membiayakan) Assembling (perakitan/proses produksi) stock opname, penyesuaian barang, mutasi barang,kartu barang
  6. Kas dan Bank: Kas masuk kas keluar, Bank masuk bank keluar, Daftar BG, Daftar Bank, Rekonsiliasi Bank.
  7. Jurnal: Daftar Jurnal (Otomatis), Jurnal lain-lain, Daftar Perkiraan, Daftar Saldo
  8. File: Data baru, Restore , Backup dan Kompres data, Laporan

Satu hal yang membuat saya sangat tertarik dengan aplikasi ini adalah saya tidak perlu susah-susah mempelajari aplikasi ini secara manual, karena pihak pembuat aplikasi mengirimkan tenaga supporting yang bertugas untuk memasang, memanage kebutuhan pencatatan sekaligus mengajarkan pada admin sampai bisa. Bahkan juga membuatkan SOP pengoperasian aplikasi sesuai dengan kebutuhan pencatatan keuangan.

Cara Beli Aplikasi Armadillo Accounting



Sayangnya ketika saya mencari informasi di situs company profil mereka, tidak ada kejelasan informasi mengenai harga. Mungkin itu bagian dari standar perusahaan yang mereka terapkan. Jadi tidak seperti penyedia aplikasi kebanyakan yang dapat dibeli melalui sistem marketplace online.

Namun ada kontak yang telah disediakan yang dapat dihubungi, saya mencoba menghubungi dan bertanya-tanya mengenai layanan pra jual dan purna jual, lebih mendetailkan apakah sama dengan yang ditawarkan dan apa saja yang belum dijelaskan dalam situs yang mereka kelola.

Dan saya mendapatkan penjelasan sesuai yang saya tanyakan. Proses selanjutnya adalah membeli produk tersebut. Mereka mengirimkan berkas penawaran kepada saya. Ternyata harga aplikasi belum termasuk jasa layanan yang mereka tawarkan, akan tetapi untuk total keseluruhan harga, saya menyepakati karena masih masuk budget yang telah diberikan pada saya.

Sesuai dengan berkas penawaran, saya hanya perlu membayar separuh dari total harga yang ditawarkan, saya membayarnya dan langsung mendapatkan jadwal kunjungan guna memasang dan mengajarkan aplikasi tersebut.

Oh ya, customer service yang saya maksudkan tadi hanya bisa dihubungi saat-saat jam kerja saja lo. Untuk di luar jam kerja dan hari libur, ketika saya bertanya tidak ada jawaban. Jadi bagi anda yang menghendaki aplikasi ini, bisa komunikasi dengan saya, saya bisa menghubungkan anda dengan Marketing Manager & Research and Development Team, karena pada saat berkunjung ke SPBU yang saya kelola, sang manager hadir bersamanya dan memberikan privilage pada saya.


Pemasangan Aplikasi Armadillo Accounting: Software Managemen Keuangan


Seperti yang saya jelaskan tadi, pemasangan aplikasi plus aktivasi dilakukan oleh tim yang telah dikirim ke lokasi tempat usaha, hal ini untuk memastikan bahwa aplikasi dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan usaha yang dimiliki. Seperti yang saya alami, mereka datang ke Trenggalek untuk memasangkan aplikasi serta mengajarkan bagaimana cara penggunaan aplikasi Armadillo.

Mula-mula setelah melakukan instalasi, tim ini melakukan review pada pencatatan transaksi keuangan manual yang telah biasa dilakukan oleh SPBU Prigi, setelah itu mereka merangkumnya menjadi SOP dan melakukan setting aplikasi sesuai dengan SOP yang dibuat. Dengan begitu, meskipun pemilik usaha belum pernah memakai aplikasi ini dan juga belum tahu mekanisme pencatatan keuangan secara digital, tidak menjadi masalah karena sudah ditangani oleh tim Armadillo.

Sejauh saya memakai jasa mereka, saya menilainya puas karena semua dijalankan secara profesional dan juga keramahan dalam menjawab setiap pertanyaan yang saya ajukan.

Saya sudah memakai Software Armadillo Accounting untuk Manajemen Keuangan SPBU Prigi, selanjutnya adalah anda, jika berminat, bisa kontak saya. Saya akan senang membantu anda, tanpa mengharap imbalan dari anda. Semoga sukses.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar