Skip to main content

Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah di Traveloka

Penat bekerja saatnya pergi liburan. Cek tiket pesawat, tapi harganya tidak bersahabat. Alhasil liburan yang direncanakan terancam gagal. Semenjak Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan mengenai batas penawaran harga tiket pesawat terendah, memang hampir mustahil bisa mendapat tiket pesawat murah seperti tahun 2013.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapat tiket pesawat murah sama sekali. Mendapat tiket pesawat murah bukan hal yang mustahil, asal tahu caranya. Berikut beberapa tips berburu tiket pesawat murah agar liburanmu bisa tetap terealisasi:

Menentukan periode perjalanan

Menjelang akhir tahun dan masa libur sekolah, harga tiket pesawat pasti akan melambung tinggi. Inilah yang dinamakan peak season. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengatur periode perjalananmu pada saat off season. Bisa setelah masa libur panjang berakhir, atau beberapa saat sebelumnya. Pilih waktu penerbangan saat weekday karena akan lebih murah dibanding terbang saat weekend. Jam keberangkatan pagi hari dan tengah malam harganya juga akan cenderung lebih murah.

Fleksibel menentukan destinasi

Cuti kantor yang tidak bisa ditawar terkadang membuatmu menjadi tidak bisa menentukan periode perjalanan secara fleksibel. Jika demikian, coba siasati dengan lebih fleksibel menentukan destinasi liburan. Google flights dapat membantu kamu untuk mencari destinasi wisata dengan harga tiket pesawat lebih murah. Cara menggunakannya cukup mudah, cobalah masuk ke situs Google fight lalu klik peta. Masukkan bandara dan tanggal keberangkatan, Google akan menunjukkan kota dengan harga tiket pesawat termurah sesuai budget.

Terbang menggunakan LCC (Low Cost Carrier)

Tips ini berlaku bagi kamu yang berencana untuk pergi liburan ke luar negeri. Cobalah untuk riset dari internet mengenai LCC yang terbang ke negara tujuan. Meskipun tidak banyak, hingga saat ini masih ada beberapa maskapai yang menawarkan penerbangan low cost jarak jauh seperti Air Asia. Meski demikian, kamu harus tetap teliti karena bisa saja ada biaya tambahan yang memberatkan seperti biaya mencetak boarding pass dan biaya bagasi.

Cari tiket untuk satu orang terlebih dahulu

Liburan bersama dengan keluarga secara berombongan memang akan lebih mengasyikkan, jika demikian kamu juga perlu lebih jeli dalam memesan tiket pesawat untuk rombongan. Maskapai biasanya akan menunjukkan harga tertinggi jika Anda langsung membeli tiket secara rombongan. Meskipun membuat sedikit ribet, cobalah untuk mencari tiket untuk satu orang terlebih dahulu, setelah selesai diproses barulah kamu mencari tiket untuk orang berikutnya. Dengan demikian kamu bisa mendapat harga tiket termurah untuk semua orang dalam rombongan.

Mengaktifkan lonceng harga

Fitur lonceng harga atau ‘price alerts’ akan memberi notifikasi saat harga tiket pesawat menyentuh angka yang diinginkan. Tidak hanya informasi harga, informasi tanggal keberangkatan pun juga tertera. Layanan pembelian tiket online seperti Traveloka memiliki fitur ini ada aplikasinya. kamu jadi lebih mudah memantau pergerakan harga dengan menggunakan fitur lonceng harga.

Segera memesan

Jika sudah tahu akan berangkat kemana dan sudah menentukan tujuan, segeralah memesan tiket pesawat. Tidak menunggu lama-lama adalah salah satu strategi mendapat tiket pesawat murah. Dengan sering memantau harga tiket pesawat, kamu bisa mengetahui tren harga yang dipasang oleh maskapai. Jika merasa sudah menemukan harga termurah, maka segeralah memesan. Dibanding menungu promo yang belum tentu ada, booking sekarang saat sudah menemukan harga termurah. Harga tiket pesawat tidak akan menjadi semakin murah saat mendekati waktu keberangkatan.

Gunakan poin

Jangan lupa mendaftar keanggotaan frequent layer saat kamu sudah menjadi pelanggan loyal suatu maskapai. Keanggotaan ini akan mengantarkan kamu pada tiket pesawat gratis dengan cara mengumpulkan poin.

Tidak perlu khawatir, poin tidak hanya didapat ketika kamu terbang saja. Beberapa maskapai memiliki kerjasama dengan perusahaan online shopping dan kartu kredit yang memberikan poin di setiap transaksinya. Traveloka adalah salah satu aplikasi tiket online yang memberikan poin di setiap pembelian tiket. Semakin banyak transaksi maka semakin banyak poin yang terkumpul.

Tidak mustahil mendapat tiket pesawat murah di tengah-tengah semakin melonjaknya harga tiket saat ini. Gunakan 7 tips di atas untuk mendapat tiket pesawat murah di aplikasi Traveloka.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar