Skip to main content

Laptop HP 14-cm0008AU Makin Kenceng Setelah Upgrade SSD


Saya termasuk pengguna laptop yang suka kecepatan tanpa kehilangan grafis memukau, mungkin sama dengan kamu, so karena budget yang saya miliki tidak mampu untuk membeli laptop bertenaga gahar seharga puluhan juta, maka pilihan jatuh pada Laptop HP 14-cm0008AU.

Saya cukup percaya diri ketika memilihnya, karena menurut penjelasan yang beredar, laptop ini sudah dibekali prosesor AMD Ryzen generasi 3 yang katanya bagus dalam performance dan untuk masalah grafik sudah dibekali dengan Radeon Vega Graphics AMD.

Melihat secara detail spesifikasi yang dimiliki ditambah harganya ndak mahal-mahal amat, akhirnya saya membeli laptop HP 14-cm0008AU ini. Dan saat ini saya bekerja memakai laptop yang kabarnya bagus.

Namun setelah mencoba, saya agak kecewa, pasalnya untuk kecepatan performance, laptop ini cenderung tidak stabil apabila dipakai membuka aplikasi berat semacam photoshop, coreldraw, office 2016. Terlebih jika aplikasi tersebut dibuka secara bersamaan.

Menurut pengalaman saya, saat sedang melakukan desain melalui photoshop dengan dibarengi membuka aplikasi lain seperti Google Chrome, kecepatan bisa benar-benar menurun. Mungkin karena memori sedang bekerja keras membagi tenaga pada aplikasi yang dibuka.

Dan ternyata itu benar, setelah melakukan cek pada Task Manager, memori sampai mentok diangka 100%. Ini tidak normal jika saya bandingkan dengan laptop yang saya pakai sebelumnya, yaitu Acer 4741 yang sejak saya pakai hingga saya wariskan keponakan, tetap enak dipakai bekerja.

Mengupgrade SSD Laptop HP

Laptop ini dibekali slot SSD, yang mana bisa dipakai untuk menaikkan performance laptop secara signifikan. Kenapa bisa begitu?

Kabarnya, karena SSD memiliki kecepatan berlipat jika dibandingkan dengan HDD, terutama untuk dipakai menginstal sistem OS.

Saya akhirnya membeli SSD merk HP type EX900 M.2 berukuran 250GB untuk dipasangkan dengan HP 14-CM0008AU.

Oh ya untuk spesifikasi SSD tersebut, silakan browsing sendiri. Saya tidak mencantumkan di sini karena sudah banyak yang mengulas spesifikasinya.

Hasilnya, setelah SSD terpasang, kecepatan laptop naik secara signifikan. Terutama sangat terasa cepat ketika browsing, membuka aplikasi baru, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dan lain-lain.

Saya menjadi paham bahwa, soal kecepatan laptop generasi sekarang tidak melulu pada besar kecilnya RAM, akan tetapi juga soal jenis penyimpanan. Tentu saja selain dipengaruhi oleh prosesornya sendiri lo. Saya tidak bisa membandingkan kecepatan intel i3 dengan intel i7, tentu saja masing menang i7 jika dibandingkan.

Akhirnya saya bisa menutupi rasa kecewa setelah menambah SSD pada Laptop HP 14-cm0008AU. pekerjaan menjadi lebih lancar dan tidak disibukkan dengan perkara loading lambat.

Oh ya, kenapa saya memiliki SSD merk HP? Sepertinya karena soal merk saja sih. Laptopnya HP dan merk SSDnya HP, jadi klop deh.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar