Skip to main content

Solusi Tidak Bisa "Save For Web" Pada Photoshop

Pengalaman menyebalkan, saat desain dari photoshop siap di simpan melalui menu "Save For Web", ternyata setelah ditekan menu tersebut, yang keluar ada keterangan "The operation could not be completed. The system cannot find the path specified."

Meski menyebalkan, saya merasa senang dengan permasalahan ini. Pasalnya, menjadi Blogger yang kerap membuat konten-konten tips dan trik, kiat dan juga solusi pemecahan masalah harus sering bertemu dengan masalah yang kudu diselesaikan.

Ini penting supaya artikel yang dihadirkan merupakan pengalaman dalam menyelesaikan masalah, dan hasilnya lebih jelas tulisannya jika mengalami sendiri. 

Oke kembali ke laptop.

Permasalahan ini muncul pasca saya melakukan migrasi sistem windows dari HDD ke SSD tanpa harus instal ulang lagi. Prosesnya berhasil, semua sistem yang berada di folder C bisa dipindahkan ke SSD. Tujuannya supaya loadingnya lebih cepat.

Namun ternyata ada permasalahan sedikit ketika saya tengah bekerja memakai aplikasi photoshop. Yes, sesuai yang saya singgung di atas, aplikasi photoshop saya tidak bisa dipakai untuk "Save For Web". Padahal, fitur ini sangat penting bagi blogger untuk membuat konten gambar berkualitas bagus namun ukurannya kecil.

Tidak boleh menyerah begitu saja, akhirnya saya coba untuk melakukan browsing seputar permasalahan ini, dan ternyata solusinya cukup mudah.

Ikuti step by stepnya:

  1. Tekan tombol windows + R, setelah kolom dialog muncul, ketik regedit, tujuannya adalah untuk masuk ke menu Registry.
  2. Setelah itu cari folder ini (silakan copy teks ini dan paste di kolom dilaog registry editor) HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\User Shell Folders
  3. Di file Personal klik 2 kali, akan muncul kolom dialog dengan teks seperti ini (%USERPROFILE%\Documents), silakan hapus lainnya sehingga tinggal menyisakan teksnya menjadi %USERPROFILE%\ saja kemudian save.
  4. Buka photoshop dan cobalah untuk "melakukan save for web"
Sampai di sini permasalahan telah dipecahkan, saya berhasil memperbaiki eror tidak bisa save for web di photoshop dengan memakai cara ini. 

Selamat mencoba ya kawan.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar