Skip to main content

Cara Menggunakan Masker yang Benar Sesuai Standar Kesehatan


Virus Korona - Ada berbagai upaya, dilakukan pemerintah guna membatasi penyebaran virus korona. Mulai dari imbauan pembatasan fisik (physical distancing) sampai imbauan untuk menggunakan masker.

Hal ini dilakukan demi menurunkan tingkat penyebaran virus berbahaya ini, karena penularan v.irusnya, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh para ahli, menyebar dari manusia ke manusia.

Masyarakat diwajibkan memakai masker kain guna menjaga saluran pernapasan tetap aman dari virus dan juga bakteri yang dapat memicu penurunan kualitas imun.

Sebelumnya, imbauan penggunaan masker hanya untuk kalangan tenaga kesehatan, orang yang merawat orang sakit, dan orang-orang yang memiliki gejala-gejala pernapasan, seperti demam dan batuk.

Setelah itu muncul imbauan dari pemerintah kepada masyarakat untuk memakai masker, terutama masker kain.

Tapi tahukah anda, bagaimana cara mengenakan, menggunakan, melepas dan membuang masker yang benar, sesuai dengan standar kesehatan.

Bagi yang selama ini belum tahu, dadi begini caranya:

  • Sebelum menyentuh masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60%).
  • Ambil masker dan periksa apakah ada sobekan atau lubang.
  • Pastikan arah masker sudah benar (pita logam terletak di sisi atas). Jika memakai masker kain, silakan tandai mana bagian depan dan mana bagian dalam. Karena terkadang masker kain tidak memiliki ciri khusus depan belakang.
  • Pastikan sisi depan masker (sisi yang berwarna) menghadap depan Letakkan masker di wajah Anda.
  • Tekan pita logam atau sisi masker yang kaku sampai menempel sempurna ke hidung Tarik sisi bawah masker sampai menutupi mulut, hidung dan dagu, pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  • Setelah digunakan, lepas masker, lepas tali elastis dari daun telinga sambil tetap menjauhkan masker dari wajah dan pakaian, untuk menghindari permukaan masker yang mungkin terkontaminasi.
  • Segera buang masker di tempat sampah tertutup setelah digunakan. Jika memakai masker kain, setelah pemakaian 4 jam, cuci dengan sabun sampai bersih dan keringkan untuk dipakai kembali.
  • Bersihkan tangan setelah menyentuh atau membuang masker/cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, cairan pembersih berbahan alkohol (minimal 60%).
Ada perlakukan khusus yang harus diperhatikan ketika memakai masker. Karena fungsi masker adalah untuk melindungi saluran pernafasan, maka jangan taruh masker sembarangan.

Demikian artikel singkat saya, jika ada yang kurang silakan ditambahkan di kolom komentar.

Sumber: 
covid19.go.id
WHO

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar