Skip to main content

3 Tips Memulai Bisnis Online Dari Awal Hingga Sukses

Jualan online, dua kata yang sekarang ini sedang diminati oleh banyak orang. Dengan tingginya presentase pengguna internet di Indonesia, berjualan online tentu terdengar menjanjikan.

Meskipun begitu, kita tak bisa menutup mata pada kenyataan bahwa berjualan atau berbisnis online tidak semudah yang diucapkan. Ada kerumitan tersendiri yang tersembunyi di sana.

Kerumitan seperti apakah itu? Apa langkah awal yang harus dilakukan agar sukses berbisnis online? Mari kita kupas bersama satu per satu.

Mengawali Jualan Lewat Market Place atau Sosial Media?

Jualan online itu sebetulnya gampang banget, apalagi di Indonesia sekarang ini sudah banyak market place yang menyediakan bukan hanya sekedar lapak untuk jualan tapi juga mau bantu promosikan produk jualan kamu.

Sosial media macam instagram dan facebook juga sudah punya fitur sendiri untuk kamu yang berniat jualan di tempat mereka.

Sebagai langkah awal, jualan di dua platform ini memang yang paling mudah. Tak perlu baca artikel ini sampai selesai pun kamu bisa mulai jualan, sah sah saja. Banyak kok pebisnis online yang hanya mengandalkan market place dan sosial media sebagai tempat jualan mereka.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada kelemahan di balik kemudahan yang ditawarkan?

Pertama, kita cuma numpang. Ingat baik - baik, bahwa dengan berjualan online lewat market place ataupun sosial media artinya kamu sedang numpang jualan di tempat orang. Bukan tempat kamu sendiri. Artinya kamu bisa saja ditutup secara tiba - tiba.

Kedua, tak akan pernah punya brand. Ini adalah efek jangka panjangnya. Ketika kamu jualan di marketplace ataupun sosial media sulit buat brand kamu untuk berkembang dan punya kekuatan.

Lalu bagaimana cara mengatasi dua kelemahan ini? Tentu saja dengan membangun lapak kamu sendiri, atau kalau dalam dunia online kamu perlu membuat situs.

Menjalankan bisnis online lewat market place dan sosial media sekaligus juga memperkenalkan situs bisnis online kamu sebagai langkah awal untuk mengembangkan merek dagang.

Baca mengenai pentingnya situs web untuk bisnis online kamu di repetisi.com supaya kamu tahu lebih dalam tentang situs web.

 Tips Memulai Bisnis Online Dari Awal Hingga Sukses

1.  Website Tempat Jualan

Langkah pertama dalam berbisnis online adalah membuat website. Buat situs web yang menarik dan sederhana.

Yang utama adalah pastikan semua informasi penting terlihat jelas seperti gambar produk, deskripsi dan harga produk.

Fitur penting seperti fitur transaksi juga harus dipastikan mudah terlihat.

2.  Sosial Media Tempat Promosi

Kebanyakan pebisnis online menggunakan sosial media sebagai tempat jualan. Namun jika kamu ingin bisnismu berkembang dan punya nama, gunakan sosial media kamu sebagai tempat promosi bukan tempat jualan.

Raih banyak followers, sertakan gambar - gambar menarik, tuliskan nama website kamu di sosial media tersebut sehingga orang yang akan membeli produk kamu akan berpindah ke situs web yang sudah tersedia.

Meski hanya sebagai tempat promosi, tapi informasi yang kamu tulis juga tetap harus jelas ya. Gambar, deskripsi produk, harga, dan cara membeli harus tertulis.

Gunakan setidaknya 10 hashtag yang berkaitan. Juga lakukan post 1-2 kali sehari atau lebih juga boleh asal jangan jadi spam. 

3.  Pecah Telur

Buat website dan sosial media itu perkara mudah. Tantangan utamanya adalah bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pembeli pertam alias pecah telur.

Kalau bicara website tentu bicara SEO juga, maksimalkan SEO tapi jangan bergantung kepadanya.

Promosi tetap harus kamu lakukan, misalnya saja lewat forum tertentu seperti kaskus. Tapi yang perlu kamu tahu adalah, orang - orang yang berada di forum ataupun komunitas bukanlah orang yang mencari barang atau jasa melainkan orang yang mencari hiburan dan informasi.

Tapi, mereka tetap berpotensi menjadi pembeli. Bagaimana cara mendapatkan atensi dan minat mereka terhadap produk atau jasamu?

  1.  Cari komunitas yang sejalan dengan bisnis kamu
  2.  Temukan permasalahan utama yang sering jadi hot topic disana
  3.  Buat konten yang kira - kira bisa menjadi solusi
  4.  Perkenalkan situs web jualan kamu

Cara ini efektif untuk membantu mengembangkan brand dan meningkatkan traffic situs web kamu.

4.  Dari Jualan Menjadi Bisnis

Jualan dan bisnis adalah satu aktifitas yang sama dengan dua tujuan yang berbeda.

Ada 6 tahapan bagi seorang pelanggan dari yang awalnya tidak tahu sampai kepada proses membeli

  1.  Kenal atau sadar mengenai keberadaan produk yang kamu jual,
  2.  Tertarik kemudian ingin tahu lebih dalam lagi,
  3.  Mempertimbangkan untuk mencoba 
  4.  Membeli produk
  5.  Loyal pada produk yang kamu jual
  6.  Merekomendasikannya pada orang lain disekitar mereka.

Kalau kamu hanya jualan, maka proses tersebut di atas berhenti sampai tahapan no.4.

Seorang penjual sudah merasa puas saat produknya berhasil dibeli. Sedangkan seorang pebisnis, mereka menyelesaikan semua tahapan karena kepuasan pelanggan adalah poin penting dalam keberlangsungan suatu bisnis. Kamu juga bisa cek 8 langkah awal bisnis online yang lebih spesifik dari repetisi.com untuk menambah referensi.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar