Skip to main content

Aplikasi Manajemen Keuangan Hotel Lengkap

Software Manajemen Hotel Indonesia - Aplikasi Manajemen Hotel adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu mencatat semua kebutuhan manajemen hotel baik yang berada di Front Office maupun yang ada di Back Office. Secara lebih detail, aplikasi manajemen Hotel lengkap jika sudah mengintegrasikan kebutuhan pencatatan seperti Reservation, Guest in House, House Keeping, Guest Bill, Daily Report, Room Statistic, Group Management, General Ledger, Purchasing, Inventory, Account Payable, Account Receivable, Job Costing, Financiaal Report, Resto POS, Room Service Bill, Laundry Bill, Charge to Room dan lainnya yang meliputi dari kebutuhan hotel itu sendiri.

Sebenarnya semua kebutuhan pencatatan tersebut berfungsi hanya untuk dua kebutuhan pokok dalam bisnis, yakni pencatatan rugi dan laba. Setiap bisnis selalu membutuhkan modal (capital), dan setiap modal yang dikeluarkan untuk bisnis, selalu memiliki tujuan utama, yakni mendapatkan laba atau keuntungan.

Meski demikian dalam dunia bisnis tidak mungkin menafikan pentingnya analisa hasil dari modal yang telah dikeluarkan. Baik hasil laba atau hasil rugi adalah kedua hal yang harus diperhatikan, maka di sinilah pentingnya pencatatan keuangan, yaitu untuk mengetahui hasil analisa usaha, apakah mendapatkan keuntungan atau malah mendapatkan kerugian.

Maka sudah bisa dipastikan bahwa, setiap bisnis, baik bisnis hotel, bisnis simpan pinjam, bisnis SPBU dan bisnis-bisnis sekala besar lainnya membutuhkan alat bantu berupa aplikasi manajemen keuangan. Sifat dibutuhkannya aplikasi bukan semata untuk memudahkan pencatatan keuangan saja, melainkan juga berfungsi sebagai alat analisa usaha. Saya pernah menerapkan Aplikasi Manajemen Keuangan SPBU dan hasilnya menjadi lebih mudah.

Dalam bisnis perhotelan ada banyak sekali item yang harus dicatat secara rinci guna mendapatkan analisa perusahaan yang tepat dan akurat. Kebutuhan seperti pencatatan kas, keuangan bank, piutang, persediaan barang, pendapatan, pembiayaan, tagihan dll, murni tidak bisa dianggap sebagai hal yang tidak penting. Perlu dimengerti bahwa, melihat perkembangan bisnis hotel tidak hanya mengacu pada omset yang didapatkan, melainkan juga melihat sektor-sektor lain yang merupakan bagian integrasi dari kekayaan hotel. Anda tidak mungkin bisa mengontrol kekayaan hotel bersama para karyawan jika anda tidak menguasai analisa keuangan menyeluruh pada hotel.

Mencari Aplikasi Manajemen Hotel yang Lengkap

Salah satu aplikasi manajemen hotel yang bisa anda pakai untuk mengelola manajemen hotel adalah Aplikasi Armadillo Hotel, sebuah aplikasi yang dirancang khusus guna mempermudah pengelolaan hotel, homestay, penginapan, villa, guest house dan bisnis sejenisnya.

Tentu ada banyak sekali aplikasi yang ditawarkan oleh pembuatnya, namun sebelum memutuskan untuk membeli Aplikasi Manajemen Hotel sebaiknya dicatat dulu apa saja fitur yang anda butuhkan. Persoalan memilih aplikasi Aplikasi Manajemen Hotel bukan hal yang bisa dianggap biasa. Sebaiknya memilih aplikasi yang pas sesuai keinginan dapat dilakukan di awal membuka bisnis ini, karena mengganti aplikasi Aplikasi Manajemen Hotel di tengah jalan adalah hal berat. Butuh tenaga ekstra untuk menginput semua dari awal.

Meski demikian, jika anda sudah memakai aplikasi manajemen hotel dan hendak berpindah ke aplikasi Hotel Armadillo, bukan hal sulit, karena ada support dari mereka yang memungkinkan untuk membantu memindahkan semua laporan yang ada ke sistem Armadillo.

Kenapa saya membahas Aplikasi Armadillo Hotel?

Ini tentang kepercayaan, sebelumnya saya telah memakai aplikasi manajemen keuangan SPBU dan merasakan hasilnya. Juga yang lebih penting adalah layanan purna jual yang mereka berikan juga bagus. Kita tidak perlu memasangnya sendiri karena mereka sudah menyiapkan sumberdaya support sistem yang tentu memudahkan pihak pemilik usaha.

Ada beberapa Aplikasi Armadillo Hotel yang bisa dipakai menyesuaikan dengan kebutuhan hotel anda, di antaranya:

1. Armadillo Hotel Front Office System (FO)

Armadillo Hotel adalah sebuah system komputerisasi Front Office Hotel sederhana, di mana Modul yang ada (Reservasi, Reception, kasir dan house keeping) di buat sesederhana mungkin mengacu dari minimal kondisi yang terjadi disebuah hotel kelas menengah ke bawah. Dengan menggunakannya Anda tidak perlu mengetahui bagaimana membuat sebuah laporan front office hotel, dan juga tidak perlu mengetahui cara menjurnal (laporan keuangan) bisnis hotel.

Armadillo Hotel Property Management System (PMS) for Front Office (FO) System menawarkan keuntungan bagi pemakainya, yaitu:

  • Hanya Menampilkan Feature pilihan yang paling sering di pakai di bisnis hotel, menjadikan system ini MUDAH DAN SEDERHANA
  • Hanya SEKALI BAYAR Tanpa Biaya Tahunan (atau bulanan)
  • Tidak ada batasan Jumlah KAMAR, Tidak ada batasan TRANSAKSI, Tidak ada batasan jumlah TAMU, Tidak ada batasan jumlah USER
  • Link dengan Program Back Office (Accounting) – Automatic Journal dan Automatic Link dengan management piutang travel Agent
  • Link dengan Program Restauran (Armadillo Resto) – Pilihan Charge to Room, Automatic Piutang dan Laporan keuangan bisa jadi satu dengan laporan Front Office kasir
  • LIFE TIME WARANTY (berbayar saat Anda mendatangkan team supportnya saja)
  • Tersedia ONLINE support
  • Sistem yang terus dikembangkan (UPDATE)

2. Armadillo Accounting Back Office System (BO)

Aplikasi ini memuat fitur-fitur accounting pada umumnya, dengan mengintegrasikan bersama aplikasi Armadillo Hotel Front Office System, akan ada banyak kemudahan yang bisa di dapat. Beberapa fitur yang ada di Armadillo Accounting Back Office System adalah: pencatatan dan pelaporan Pembelian, Penjualan, Hutang, Piutang, Persediaan, Kas Bank, Jurnal, Neraca, Rugi laba, Konsolidasi. Dengan memakai aplikasi ini anda dapat dengan mudah membuat laporan kas.

3. Armadillo POS Resto / F&B System

Armadillo POS Resto / F&B System adalah software Penjualan Point Of Sales (POS) yang didesain khusus untuk usaha Restaurant, Rumah makan, Fast Food , Depot dan Bisnis makanan lainnya.

Tidak sekedar software penjualan, Armadillo Resto juga sudah terpadu (integrated) dengan system Back Office (Armadillo Accounting), di mana Anda bisa mengontrol Bahan baku (Inventory), hutang , piutang dan laporan keuangan sampai dengan Neraca dan Rugi Laba.

Dilengkapi dengan menu kitchen Managemen (Dapur) , Daftar Menu dan Modul Resep.

4. Armadillo Hotel Online Mobile Report

Armadillo Hotel Online Mobile Report adalah aplikasi mobile yang dapat dipakai untuk memudahkan pengecekan pelaporan, cocok dimiliki oleh pemilik perusahaan atau pihak manajemen untuk mendapatkan pelaporan secara realtime.

Semua aplikasi ini berdiri masing-masing, artinya tidak ada dalam satu aplikasi, namun semuanya bisa digabungkan karena memakai sistem integrited. Jadi, anda bisa membeli aplikasi yang paling dibutuhkan, tidak harus semuanya.

Istilah FO untuk menyingkat aplikasi front office dan istilah BO digunakan untuk menyingkat Back office. 

Misalnya anda memiliki guest house hotel skala kecil, anda bisa hanya dengan memakai aplikasi Armadillo Hotel Front Office System (FO) saja. Jika anda memiliki hotel yang lumayan besar namun tidak memiliki restoran dan room service, anda cukup memakai FO dan BO saja.

Sedangkan untuk aplikasi Armadillo POS Resto / F&B System bisa anda gunakan jika anda memiliki hotel yang memiliki restoran. Bahkan tanpa memiliki hotel aplikasi ini bisa dipakai. Misalnya untuk warung makan, restoran, kedai dan warung.

Aplikasi ini asli buatan putra-putri Indonesia untuk mendukung bisnis hotel Hotel, Homestay, Penginapan dan restoran yang dibuat dengan memperhatikan kebutuhan hotel pada umumnya. Dukung terus Software Hotel Indonesia.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar