Skip to main content

Software Koperasi Karyawan

Software Koperasi Karyawan adalah sebuah aplikasi komputerisasi yang memuat manajemen akuntansi sederhana dan khusus dirancang untuk usaha simpan pinjam, di mana setiap modul (pinjaman, simpanan, deposito kas bank, jurnal dan lain-lain) sudah terhubung secara terpadu (integrated). Sehingga bagi para pengguna aplikasi ini akan lebih efektif dan efisien dalam membuat jurnal, serta secara otomatis dapat membuat laporan rugi laba dengan mudah dan cepat.

Salah satu Software Koperasi Karyawan yang telah banyak dipercaya dan digunakan oleh Koperasi Karyawan adalah aplikasi Armadillo Simpan Pinjam. Yang mana aplikasi ini dapat digunakan pada koperasi simpan pinjam, Koperasi karyawan, Koperasi Unit Desa dan sejenisnya baik KSP maupun USP.

Aplikasi Armadillo Simpan Pinjam diklaim mudah digunakan karena berbasis operating system windows dan memakai bahasa Indonesia. Modul - modul yang ada disesuaikan dengan kepentingan koperasi simpan pinjam seperti: Data Penyimpan dan Peminjam, Transaksi Pinjaman dan Simpanan, perhitungan bunga simpanan dan pinjaman baik berupa bunga Harian (menurun) maupun Flat, Perhitungan simpanan berjangka (deposito), keluar masuk kas dan bank dan lain sebagainya.

Kelebihan Aplikasi Koperasi Karyawan

  1. Bunga simpanan bisa menggunakan metode bunga rata-rata atau bunga dari saldo minimum.
  2. Metode perhitungan bunga pinjaman bisa dengan system menurun (Bayar Bunga saja) atau flat ( Bayar Pokok dan bunga).
  3. Bisa menambah dan menentukan sendiri kode sandi transaksi apa saja yang terdapat dalam modul pinjaman maupun modul simpanan.
  4. Desain pencetakan bentuk kartu simpanan bisa diatur sendiri.
  5. Terdapat posting untuk simpanan pokok dan wajib.
  6. Bisa di pisah antara perkiraan Pinjaman Yang diberikan (Uang beredar) dengan perkiraan Pendapatan Yang masih Harus diterima ( Pendapatan bunga metode acrruel basis).
  7. Pendapatan bunga bisa menggunakan metode accruel basis atau cash basis (manual) pada bunga dengan sistem Flat.
  8. Mudah untuk membuat data baru karena dilengkapi panduan tahap demi tahap dalam pembuatan nya.
  9. Satu Aplikasi bisa menangani banyak data.
  10. Laporan neraca dan rugi laba bisa di konsolidasi (digabungkan) dengan laporan neraca dan rugi laba (usaha) lainnya.
  11. Semua data pada setiap modul sudah terhubung secara otomatis sampai dengan jurnal dan laporan neraca.
  12. Bisa di gunakan dalam jaringan.
  13. Dilengkapi dengan password dimana hak akses setiap orang bisa di bedakan sesuai dengan jabatan atau tugasnya.
  14. Dilengkapi fasilitas backup data dan kompresi (pemampatan data).
  15. Laporan bisa di export ke bentuk Ms Excel.
  16. Bisa membuat bermacam-macam produk simpanan atau simpanan berjangka

Selain memiliki beberapa fitur unggulan tersebut, Aplikasi Koperasi Karyawan ini juga memiliki modul akuntansi yang mana merupakan nafas dari aplikasi akuntansi. Sebaiknya jika anda hendak memakai aplikasi untuk koperasi Karyawan yang sudah serba otomatis, perhatikan module yang ada dalam aplikasi tersebut. Istilah lainnya adalah, aplikasi ini punya apa dan bisa apa saja.

Fitur Software Koperasi Karyawan Armadillo Simpan Pinjam

1. Pinjaman

Pinjaman Bunga Menurun(Angsuran Bunga saja), Pinjaman Bunga Flat (Angsuran Pokok dan Bunga), Kartu pinjaman, Posting bunga Flat (otomatis), Posting bunga menurun (otomatis), pembayaran angsuran flat (otomatis),Kartu Pinjaman, saldo pinjaman (sisa pokok dan bunga)

2. Simpanan

Transaksi simpanan dan deposito, posting bunga rata-rata, posting bunga saldo minimum, Kartu simpanan. Mencetak kartu, Posting bunga simpanan (otomatis), posting bunga deposito, posting simpanan wajib

3. Data

Daftar Peminjam, Daftar avalis, Daftar jaminan, Daftar Penagih,Daftar Penabung dan saldonya, daftar deposito, deposito jatuh tempo.

4. Kas_Bank

Kas masuk kas keluar, Bank masuk bank keluar, Daftar BG, Daftar Bank, Rekonsiliasi Bank.

5. Jurnal

Daftar perkiraan , Daftar jurnal, Saldo perkiraan, Buku bantu perkiraan, Anggaran

6. File

Data Baru, Restore, Backup dan Kompres data, Laporan

Aplikasi Koperasi Karyawan Armadillo dapat digunakan di komputer dengan spesifikasi Pentium 4 atau lebih, Memory 256 Mb atau lebih, Windows XP atau Windows 7, Hd 50 MB free Space untuk aplikasi, CD ROM, Mouse, Super VGA (800 X 600) 256 Color, Card LAN dan HUB jika menggunakan jaringan, Printer Tinta atau Dot Matrik /Pass book untuk mencetak laporan dan slip.

Jika anda tertarik dengan aplikasi ini, anda bisa mencobanya dalam beberapa hari dengan melakukan download dan instalasi melalui link ini Armadillo Simpan Pinjam, atau jika anda ingin tahu lebih banyak namun tidak ingin mendownloadnya, ada bisa bertanya langsung pada pembuatnya, melalui tombol di bawah ini:

Memahami Koperasi Karyawan (KopKar)

Koperasi Karyawan adalah koperasi yang berada/bernaung di dalam perusahaan tertentu. Anggota dari koperasi karyawan adalah para karyawan dari perusahaan tersebut. Lazimnya Koperasi karyawan harus memiliki badan hukum dan terdaftar. Sebagai patokan, awal keberadaan kopkar di perusahaan swasta kiranya dapat mengacu pada saat lahirnya UU No 12 tahun 1967 tentang Pokok-pokok Perkoperasian. Meski pada banyak penjelasan, tidak tahu kapan pastinya pertama kali kopkar ada.

Meskipun Koperasi Karyawan bernaung di dalam perusahaan namun ia bukan sebagai kepanjangan tangan perusahaan, apalagi alat kepentingan perusahaan. Kopkar justru dianggap sebagai mitra usaha dari perusahaan tempat ia ada.

BACA:

Aplikasi Manajemen Keuangan Hotel Lengkap
Aplikasi Manajemen Keuangan SPBU

Semangat dari adanya kopkar ini sebenarnya adalah untuk melakukan pemerataan pendapatan bagi para anggotanya. Keberadaannya sebagai manifestasi dari upaya penciptaan nilai tambah ekonomi bagi para karyawan. 

Sebagaimana penjelasan di atas, Koperasi karyawan beranggotakan karyawan-karyawan perusahaan dan melakukan kegiatan yang hasilnya dikonsumsi oleh anggota-nya sendiri, seperti barang-barang konsumsi, kredit, perumahan, simpan pinjam dan sejenisnya.

Software Koperasi Karyawan telah banyak dipakai mengelola manajemen Koperasi Karyawan, terbukti semenjak di rilis, 60% dari client perusahaan CV. Radian Multi Prima (pihak developer aplikasi ini), adalah usaha jenis Koperasi Karyawan. Padahal tidak hanya aplikasi ini yang telah berhasil dibuat oleh  CV. Radian Multi Prima.


Newest Post
HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar