Skip to main content

20+ Peluang Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Dulu, untuk bisa memulai usaha diperlukan modal yang besar. Namun, sekarang kondisinya berbeda. Dengan adanya internet, setiap orang dapat memulai bisnis tanpa perlu memiliki modal puluhan atau ratusan juta rupiah. Bahkan, dengan modal kurang dari Rp 10 juta, Anda sudah bisa merintis usaha yang menjanjikan. Berikut puluhan ide usaha modal kecil yang dapat Anda coba.

1. Berjualan Minuman Kesehatan

Selain kopi kekinian, minuman kesehatan kini juga sedang banyak digemari. Bentuk pemasaran yang modern membuat minuman jahe, kunyit asam, beras kencur, dan susu kurma laris manis. Bahan-bahan dari minuman itu mudah didapat dan harganya pun cukup murah. Anda dapat menjualnya dalam skala rumahan. Cukup membeli botol plastik ukuran standar, lalu tawarkan ke lingkungan sekitar atau lebih luas lagi, melalui media sosial.

2. Katering 

Usaha katering memiliki skala yang bermacam-macam. Dengan keterbatasan dana yang ada, Anda dapat memulai usaha katering skala kecil, misalnya menerima pesanan membuat makanan untuk acara keluarga, arisan, pengajian, syukuran, pesta ulang tahun, dan sebagainya. Anda juga bisa menawarkan katering harian untuk rumah tangga atau inpidu.

3. Membuka Warung Makan

Bagi Anda yang gemar memasak, tidak ada salahnya memulai usaha warung makan. Meski berskala kecil, bisnis warung makan termasuk usaha yang menjanjikan karena selalu dicari oleh mereka yang tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri di rumah. Jenis makanan yang dijual pun termasuk sederhana karena menu masyarakat secara umum, jadi tidak membutuhkan modal besar. 

4. Menjual Makanan Khusus Pesan-Antar

Bila Anda tak punya area di rumah untuk dijadikan warung, atau tak ada dana untuk menyewa ruangan, Anda tetap bisa berjualan makanan. Cukup daftarkan usaha rumahan di aplikasi layanan pesan-antar, Anda pun seolah memiliki etalase untuk menjajakan makanan dan minuman dari rumah. Jenis makanan yang dijual pun dapat dipilih sesuai keinginan Anda, bisa camilan atau menu khusus.

5. Affiliate Marketing

Jenis usaha yang menjanjikan ini cukup menggiurkan karena bisa dibilang Anda tidak membutuhkan modal apa pun. Affiliate marketing adalah kegiatan mempromosikan produk pihak lain. Cara kerjanya adalah jika seseorang membeli produk menggunakan kode referral yang Anda berikan, Anda akan mendapat komisi sesuai perjanjian yang disepakati.

6. Menciptakan Kerajinan Tangan atau Aksesori

Anda dapat membuat kerajinan tangan atau aksesori dari bahan-bahan sederhana seperti benang rajut, tali, kertas atau kain, serta dari barang-barang bekas seperti botol plastik. Promosikan produk Anda melalui aplikasi pesan singkat atau media sosial agar orang-orang dapat melihatnya. Selain menjual produk yang sudah dibuat, Anda juga dapat menawarkan jasa membuatkan kerajinan tangan atau aksesori sesuai pesanan untuk kebutuhan suvenir ulang tahun, arisan, atau event skala kecil tertentu.

7. Menjual Pulsa

Usaha yang menjanjikan ini dapat dilakukan sebagai sumber pendapatan sampingan, terutama bagi Anda yang berstatus sebagai karyawan. Anda tidak perlu melakukan apa pun. Cukup menerima pesanan pulsa dan mengirimkannya kepada pemesan lewat aplikasi pesan singkat. 

8. Jasa Pengetikan

Bila Anda sudah mempunyai laptop, usaha kecil-kecilan ini dapat dicoba. Banyak pihak yang mencari jasa pengetikan untuk mencatat hasil wawancara secara tertulis atau untuk entri data, misalnya. Selain itu, kadang mahasiswa perguruan tinggi mencari jasa pengetikan untuk membantu mengerjakan tugas-tugas kuliah mereka.

9. Dropshipper

Menjadi dropshipper juga bisa dibilang sebagai usaha yang menjanjikan, meski tanpa modal karena Anda tidak perlu membuat produk apa pun. Sebagai dropshipper, Anda hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan proses pemesanan dari pembeli ke penjual. Selanjutnya, penjual akan mengirimkan produknya ke pembeli. Keuntungan Anda berasal dari selisih harga yang Anda terima dari pembeli untuk membeli produk dari penjual.

10. Penerjemah Lepas

Bagi Anda yang memiliki keahlian bahasa asing, cobalah promosikan keahlian tersebut kepada orang-orang di lingkungan terdekat, maupun kepada masyarakat umum melalui media sosial. Selama Anda dapat membagi waktu dalam mengerjakan pekerjaan yang diterima, Anda bisa mendapatkan penghasilan rutin seperti karyawan kantoran. Semakin tinggi jam terbang Anda, tarif Anda pun bisa meningkat.

11. Penulis Lepas

Bagi Anda yang memiliki keahlian menulis, manfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Bergabunglah dalam komunitas penulis lepas atau berbagai situs yang menaungi penulis lepas seperti Sribulancer dan Upwork untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Saat ini banyak pihak yang mencari penulis lepas untuk menulis konten di blog, situs web, dan aplikasi lainnya.

12. Jasa Menjahit 

Bagi Anda yang sudah memiliki mesin jahit, Anda dapat memulai usaha kecil-kecilan ini tanpa modal. Namun, bila Anda perlu membeli mesin jahit terlebih dulu, Anda perlu mengeluarkan uang senilai Rp 1-2 juta. Anda dapat menerima pesanan jasa menjahit pakaian, sarung bantal, atau masker, yang sekarang sedang banyak dicari.

13. Jasa Sewa Kostum

Setiap peringatan momen atau hari besar tertentu, banyak orang yang mengenakan busana atau kostum khusus. Anda bisa mengambil peluang usaha yang menjanjikan ini, dengan membuka jasa sewa kostum. Dengan modal yang tidak besar, Anda dapat menyediakan kostum profesi anak atau pakaian adat daerah yang tiap bulan-bulan tertentu pasti dicari anak-anak sekolah.

14. Menjadi YouTuber 

Merekam diri atau sesuatu kemudian mengunggahnya ke platform YouTube juga dapat memberikan penghasilan. Usaha yang menjanjikan ini bisa jadi minim modal bila Anda sudah memiliki ponsel pintar dan laptop. Anda hanya perlu membeli kuota internet untuk mengunggah dan mengecek channel YouTube Anda. 

15. Menjadi Reseller

Menjadi reseller berarti menjual kembali produk yang telah Anda beli. Usaha modal kecil ini banyak diminati karena Anda hanya perlu menyetok barang yang akan dijual, lalu menjualnya secara online maupun offline. Contoh barang yang dapat dijual oleh reseller adalah pakaian, produk kecantikan dan gadget. 

16. Jasa Les Privat

Bila Anda memiliki keahlian khusus, Anda dapat mencoba menawarkan jasa mengajar les privat bagi anak-anak atau orang-orang di lingkungan terdekat. Materi yang diajarkan dalam les privat tidak harus terkait mata pelajaran sekolah. Anda juga bisa mengajar bahasa asing, menyanyi, bermusik, komputer, tata rias, dan olahraga.

17. Admin Media Sosial

Selama Anda memiliki ponsel pintar dan terkoneksi dengan internet, Anda bisa menjalani usaha modal kecil ini. Tugas Anda hanya memantau akun media sosial yang Anda pegang, memberikan tanggapan, serta mengunggah konten. Anda dapat mencari orang yang membutuhkan jasa admin media sosial di situs-situs freelancer, terutama yang ditujukan untuk penulis. 

18. Jasa Penitipan Anak

Di kota-kota besar, banyak orang tua yang mengandalkan jasa penitipan anak. Bila rumah Anda cukup besar dan aman dijadikan tempat bermain anak-anak, Anda dapat mencoba usaha kecil-kecilan ini. Tawarkan jasa ini kepada rumah tangga di sekitar rumah Anda. Dikarenakan sudah kenal secara pribadi dengan Anda, para orang tua bisa jadi akan lebih condong menitipkan anaknya di tempat Anda. 

19. Jasa Cuci Motor 

Kini banyak tersedia jasa cuci motor rumahan. Bila di sekitar tempat tinggal Anda belum ada penyedia jasa ini, Anda dapat mencoba usaha yang menjanjikan ini. Anda hanya perlu menyediakan area yang tidak terlalu besar, air, dan sabun untuk mencuci motor. 

20. Berternak Lele

Bila Anda memiliki modal beberapa juta rupiah, Anda dapat mengubah sedikit area di rumah menjadi kolam ikan lele. Dengan banyaknya jumlah warung makan yang menjual lele, permintaan akan ikan ini juga cukup tinggi. Anda dapat bermitra dengan penjual lele grosir yang menjamin akan membeli ternak Anda atau dengan warung lele tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang pasti.

21. Jasa Tata Rias 

Bila Anda memiliki kemampuan merias yang cukup baik, cobalah memanfaatkan keahlian itu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bermodalkan alat rias yang baik, Anda dapat memulai usaha modal kecil ini dengan merias kerabat atau tetangga untuk acara tertentu, seperti pemotretan, wisuda, pesta, dan sebagainya. Bila jam terbang sudah tinggi, Anda dapat meningkatkan kemampuan dengan misalnya, menjadi penata rias pengantin. 

22. Jasa Sewa Mainan Anak

Untuk usaha yang menjanjikan ini, Anda perlu modal beberapa juta rupiah untuk membeli mainan anak. Setelah itu, promosikan mainan yang akan disewakan. Sistem sewa dapat per hari atau per minggu. Sewa mainan anak banyak dilirik orang tua karena dianggap lebih hemat biaya maupun ruang ketimbang membeli mainan baru. 

23. Berjualan Makanan Ringan

Setiap orang senang mengonsumsi camilan atau makanan ringan, apalagi bila harganya terjangkau. Anda bisa menjajal usaha kecil-kecilan ini dengan menjual makanan ringan bikinan sendiri ataupun menjual camilan kemasan dari supplier. Selama produk yang Anda pasarkan berkualitas baik, pembeli pasti akan membeli lagi. Anda dapat menjual makanan ringan secara langsung di rumah ataupun melalui promosi online (aplikasi pesan singkat atau media sosial).

Perlindungan Penting bagi Pemilik Usaha Modal Kecil

Meski skala bisnis Anda masih tergolong kecil, Anda tetap perlu memiliki perlindungan dari risiko kerugian finansial, termasuk akibat sakit. Jangan sampai saat Anda mendapat musibah sakit, Anda harus menggunakan dana bisnis untuk membayar biaya berobat. 

Cara menghindari kerugian finansial akibat sakit adalah dengan memiliki asuransi kesehatan untuk sekeluarga. Dengan begitu, saat Anda tiba-tiba sakit, Anda dapat berobat dengan tenang karena biayanya ditanggung perusahaan asuransi. 

Asuransi Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life menawarkan santunan rawat inap karena sakit/kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, dan pengembalian premi (no-claim bonus). Keunggulan lainnya, besar premi maupun manfaat santunan yang ditawarkan asuransi Mega Hospital Investa bervariasi dan dapat disesuaikan kondisi dan kebutuhan Anda. Misalnya, dengan membayar premi mulai dari Rp 7.000 per hari, Anda akan mendapat santunan sampai dengan Rp 1 juta per hari.

Lindungi stabilitas usaha kecil kecilan Anda dengan memiliki asuransi kesehatan. Dengan perencanaan keuangan yang baik, Anda dapat lebih tenang dalam mengembangkan usaha modal kecil yang sedang Anda rintis.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar