Skip to main content

8 Cara Mempertahankan Imun Tubuh untuk Melawan Covid-19 di Bulan Puasa

Cara hidup sehat selama pandemi covid 19 sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi warga Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Apalagi ketika memasuki bulan puasa, umat muslim perlu lebih memperhatikan pola makan dan kegiatan sehari-hari untuk melawan covid 19.

Tentu, umat muslim yang menjalankan puasa mengalami kelelahan, lemas, malas, maupun mengantuk. Kondisi tersebut perlu diimbangi dengan usaha menjaga imun tubuh. Maka dari itu, saya akan mengulas tentang cara menjaga imun tubuh untuk melawan covid 19 di bulan puasa. Berikut ulasan dari saya:

1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan yang memiliki nutrisi dan mineral yang cukup, bisa membuat ibadah puasa kita berjalan baik dan tidak mengganggu kesehatan. Seperti buah, sayuran, daging, ikan, susu, serta makanan yang mengandung karbohidrat, kaya serat, lemak, dan gula.

Beberapa makanan yang kaya serat juga bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, seperti yang sudah saya ulas di artikel sebelumnya. Nah, kita bisa mengkonsumsi makanan bernutrisi ketika sahur, buka puasa maupun ketika santai setelah sholat tarawih.

2. Mengonsumsi Makanan Bervitamin

Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh tubuh kita sangat membutuhkan nutrisi dan vitamin untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Nah, salah satu vitamin yang penting untuk tubuh adalah vitamin C. Selain melindungi sistem kekebalan tubuh, vitamin C ini efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular, masalah kehamilan, penyakit mata, sampai masalah kulit. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C adalah sayuran dan buah seperti jeruk, pepaya, brokoli, dan cabai.

Selain vitamin C, kita juga bisa meningkatkan imun tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, zat besi dan sari kunyit. Mengonsumsi makanan bervitamin selama bulan puasa juga bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc itu merupakan sejenis logam yang memiliki fungsi untuk membantu kerja sistem imun. Zinc juga membantu mengurangi angka kematian akibat pneumonia dan diare, serta mencegah infeksi pernapasan. Tubuh membutuhkan kandungan zinc untuk menjaga kesehatan dan membantu proses pertumbuhan.

Kalau tubuh kita kekurangan zinc, maka penglihatan malam kita menjadi buruk. Selain itu, juga menyebabkan lamanya masa penyembuhan luka, penurunan indera perasa dan penciuman, kemampuan melawan infeksi menurun, serta perkembangan organ reproduksi yang buruk. Nah, makanan yang memiliki kandungan zinc itu adalah makanan kaya protein seperti daging, beragam boga bahari, dan kacang-kacangan.

4. Minum Air Putih dengan Cukup

Kalau sudah saatnya buka puasa, kita biasanya minum yang manis-manis kan ya? Padahal, yang paling dibutuhkan tubuh itu adalah air putih lho. Air putih bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh. Bukan berarti melarang minum minuman yang manis, Tapi alangkah baiknya minum air putih dengan cukup terlebih dahulu.

Tubuh yang lemas selama puasa membutuhkan air putih yang cukup ketika berbuka puasa. Takarannya yaitu delapan gelas sehari. Kita bisa minum air putih ketika sahur, buka puasa, maupun sebelum tidur.

Perlu diingat juga, mengonsumsi gula berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Nah, penyakit-penyakit ini bisa melemahkan sistem imun tubuh. Maka dari itu, kalau bisa, coba dikuranggi konsumsi gula di bulan puasa ini untuk menjaga sistem imun tubuh yaa.

5. Berolahraga Secukupnya

Selain memperhatikan pola konsumsi, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan cara berolahraga di bulan puasa ini. Olahraganya tidak perlu berat-berat, secukupnya saja, pokonya tubuh bisa bergerak dan berkeringat. Olahraga yang bisa dilakukan seperti push up, sit up, senam, yoga bahkan bersih-bersih rumah. Kalau takut tubuh bakal kecapekan, maka olahraganya bisa dilakukan 20 menit sebelum buka puasa. Nah, ketika sudah buka puasa, kita bisa langsung minum air putih.

6. Menjaga Kebersihan

Kesehatan tubuh kita juga perlu didukung dengan menjaga kebersihan. Kita perlu terus membiasakan mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tubuh kita bisa tetap sehat untuk melawan covid 19 selama bulan puasa.

7. Istirahat yang Cukup

Tubuh yang sehat juga memerlukan istirahat yang cukup. Setidaknya, tubuh kita membutuhkan waktu istirahat dengan tidur selama 6 sampai 8 jam per hari. Dengan begitu, kita bisa terus menjaga kesehatan tubuh serta mengurangi stress untuk kesehatan mental kita.

8. Jangan Lupa Bersenang-Senang

Cara mempertahankan imun tubuh untuk melawan covid 19 di bulan puasa perlu dilakukan dengan bersenang-senang. Kita bisa melakukan apapun yang bisa membuat kita senang dan bahagia. Kita bisa melakukan hal-hal yang membuat kita senang dengan cara sederhana. Seperti menulis, membaca, berdiskusi, menonton film, bernyanyi, main musik, menanam dan lain-lain. Bersenang-senang, bisa membuat mental kita tetap terjaga dan mengurangi stress tentunya.

Nah, sekian ulasan cara mempertahankan imun tubuh untuk melawan covid-19 di bulan puasa dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa, tetap sehat dan jangan lupa bahagia.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar