Skip to main content

Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama, Pas Dicoba Selama Bulan Puasa

Bagi teman-teman yang menjalankan Ibadah Puasa, pasti kalian merasa sedikit lemas dan gelisah karena berusaha menahan lapar. Saya curiga, kalau di antara kalian ada yang sembunyi-sembunyi makan karena tak kuat menahan lapar. Jika kamu adalah salah satu orangnya, saya turut prihatin.

Maka dari itu, saya akan memberi salah satu solusi agar kamu kuat menahan lapar. Caranya adalah, kamu perlu makan makanan yang bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Mungkin kamu heran, kenapa pas sahur sudah makan banyak tapi kok beberapa jam berikutnya kamu sudah lapar lagi? Nah, ini buktinya bahwa kamu perlu memilih makanan apa yang pas supaya kenyangmu itu bisa tahan lebih lama. Maka dari itu, simaklah beberapa rekomendasi makanan yang bisa membuatu kenyang lebih lama. 

1. Kedelai

Kedelai memiliki kandungan serat dan proteinnya yang tinggi. Nah, serat dan protein inilah yang membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein kedelai tidak menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat setelah makan. Hal ini dikarenakan protein kedelai memiliki rendah lemak, rendah karbohidrat, dan rendah indeks glikemik. Kalau kadar gula darah dan insulin kita stabil, maka rasa lapar kita akan berkurang.

Berbagai olahan kedelai bisa kita konsumsi selama bulan puasa. Seperti kedelai rebus, tempe, tahu, susu kedelai dan lain-lain.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat kaya akan serat, protein, antioksidan, vitamin B, dan besi, seperti kacang polong, edamame, dan lentil. Kacang-kacangan tinggi akan lemak, tapi rendah kalori. Selain memberikan efek rasa mengenyangkan, kacang-kacangan juga menyehatkan. Kombinasi antara serat, protein, dan lemak dalam kacang-kacangan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga kita memakan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

3. Apel

Apel bisa membuat kenyang tahan lama karena apel memperlambat proses pencernaan. Apel yang berukuran sedang memiliki 4,4 gram serat. Apel yang berukuran sedang atau dengan berat sekitar 100 gram, memmiliki kandungan 52 kalori yang terdiri dari 86% air, 0,3% protein, 13,8% karbohidrat, 10,4% gula, 2,4% serat, dan 0,2% lemak.

Supaya bisa kenyang tahan lama, kita perlu memakan apel segar, setengah jam sebelum makan. Selain itu, disarankan makan apel tanpa membuang kulitnya, ya. Cara ini dilakukan supaya serat dan air di dalam kandungan apel bisa mengisi perut kita. Kalau cara ini dilakukan ketika sahur, maka serat dan air dari kandungan apel ini bisa mengurangi kebutuhan tubuh untuk makan di siang hari.

4. Alpukat

Memakan alpukat bisa membuat kita kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan, alpukat kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Satu buah alpukat berukuran sedang mempunyai 13,5 gram nutrisi mengenyangkan. Selain itu, alpukat mengandung dosis tinggi dari lemak tak jenuh tunggal (lemak baik). Dalam 100 gram buah alpukat, ada kandungan 160 kalori yang terdiri dari 73% air, 8,5% karbohidrat (terutama serat), 15% lemak, dan 2% protein.

5. Telur

Memakan Telur bisa membuat kita merasa lebih kenyang daripada makanan lainnya. Hal ini karena telur memiliki kombinasi yang tepat dan sehat dari protein dan lemak. Dalam satu butir telur ayam yang cukup besar, ada kandungan kurang lebih 6 gram protein dan 9 asam amino. Meskipun kuning telur itu kadar kolesterolnya tinggi, tapi putih telur cair juga mengandung protein yang bisa menunda lapar.

6. Sayuran

Sayuran seperti mentimun, bayam, brokoli, wortel, seledri, dan kubis, memiliki serat tinggi dan kaya kandungan air. Sayuran seperti itu memiliki kalori yang sangat rendah kalori dan tinggi kandungan antioksidannya. Serat inilah yang menambahkan massa untuk makanan kita. Sehingga, kita bisa puas untuk terus mengunyah dan merasa perut kita kenyang lebih lama.

7. Sup Kaldu Bening

Kalau kamu merasa cepat lapar setelah makan ayam goreng atau panggang, mungkin kamu perlu mengolahnya menjadi sup kaldu bening. Kombinasi antara cairan dan zat padat dari sup kaldu yang hangat bisa menekan nafsu makan kita. Sayuran dan kaldu daging (ayam/daging merah/seafood) memiliki protein non-lemak dan serat yang kaya. Sehingga ketika memakan sup kaldu bening, kombinasi cairan, sayur dan ayam akan memakan banyak ruang di perut kita. Selain itu, sup kaldu bening juga rendah kalori lho.

Selain mengenyangkan, makanan-makanan yang saya rekomendasikan ini juga bagus untuk kesehatan. Menjaga porsi makan dan memperhatikan asupan kalori ini sangatlah penting. Manfaatnya bagi kesehatan adalah untuk menjaga berat badan di angka yang ideal. Selain itu, bermanfaat juga untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis akibat pola makan yang buruk, misalnya diabetes tipe 2.

Sekian ulasan rekomendasi makanan yang bisa membuat kenyang tahan lama dari saya. Kita bisa mengkonsinya ketika sahur, buka puasa, maupun ketika santai setelah sholat tarawih. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa, tetap sehat dan jangan lupa bahagia.

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar