Skip to main content

Cara Mencegah Penularan Virus Corona, Ayo Selamatkan Nyawa!

Cara mencegah virus Corona – Mencegah lebih baik dari mengobati, Demikian kata pepatah. Virus Corona kini sudah satu tahun lebih melAnda dunia. Virus satu ini membuat jutaan umat menderita bahkan mati.

Tak bisa dipungkiri, Virus Corona-19 sangat berbahaya bagi semua kalangan. Tidak memandang bulu, baik bulunya pejabat, bulunya orang kaya, bulunya orang miskin, bulu wanita dan bulu lelaki, semua orang berpotensi terkena virus ini.

Indonesia, negara dengan ratusan juta penduduk, kini tengah berduka cita atas meninggalnya sanak saudara, tetangga, ibu, bapak, akibat positif Covid-19. Oleh karena itu, mencegah penyebaran virus Corona sejak dini harus sangat dilakukan.

Tidak perlu tawar menawar, atau meragukan apakah virus ini hasil konspirasi atau benar adanya. Nyatanya sudah ada banyak bukti yang bisa kita dapatkan.

Walaupun beredar berita bahwa banyak oknum yang tak bertanggung jawab memalsukan status positif Covid-19. Setidaknya kita harus benar-benar mencegah virus Corona-19 dari diri sendiri dan orang lain dengan melakukan sikap pencegahan virus Corona.

Lantas apa saja cara mencegah tertular virus Corona? 

Berikut cara mencegah virus Corona, virus mematikan seluruh dunia. Artikel ini saya himpun dari berbagai sumber yang paling relevan.

Cara Mencegah Virus Corona – 19

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah virus Corona, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Bagi Anda yang terpapar virus Corona, kami doakan cepat sembuh. Namun bagi Anda yang sedang ngopi dirumah, kami doakan tidak terpapar virus mematikan ini. #StayAtHome

1.Tidak Berjabat Tangan/bersalaman

Walaupun Islam menyuruh setiap orang untuk bersalaman, namun dalam urusan seperti ini kita harus mengedepankan kepentingan kesehatan. Tidak Berjabat tangan merupakan salah satu solusi untuk mencegah virus Corona-19.

Ketika Anda bersalaman dengan orang lain, apakah Anda tahu virus sekecil ini ada di tangan orang yang Anda Salami? Inilah yang harus kita waspadai bahwa bersalaman meningkatkan resiko terpapar virus Corona-19.

2.Menjaga Jarak

Menjaga jarak dengan orang lain harus dilakukan untuk mencegah virus Corona-19. Karena ketika Anda berdekatan dengan orang lain yang Anda tidak tahu dia terpapar Corona atau tidak. 

Jika kebetulan orang tersebut membawa virus, secara tidak sengaja Anda kini sudah terpapar virus Corona karena beberapa penyebab seperti batuk, bernafas,dll.

Jika mencegah virus Corona dengan cara ini tidak mungkin untuk Anda lakukan. Anda bisa #StayAtHome agar Anda tetap terjaga dan orang sekitar Anda juga terjaga. 

Jika memungkinkan, atur jarak hingga 1,5 meter sampai 2 meter dari orang lain agar resiko Anda terpapar Corona lebih kecil.

Ketika kita sedang shalat berjamaah, kita juga harus menjaga jarak dengan merenggangkan shaf. Karena kita harus mengikuti himbauan dari pemerintah.

Kalau dengan istri atau suami bagaimana?

Ya sebelum berkumpul pastikan masing-masing sudah bersih, sebaiknya mandi sebelum berkumpul.

3.Mencuci Tangan

Anda sering mencuci tangan? Berarti Anda mencegah virus Corona terhadap Anda sendiri maupun orang sekitar Anda. 

Virus Corona ketika terkena pada bagian tangan tidak akan langsung masuk ke dalam tubuh, hal inilah yang mengharuskan kita supaya rutin cuci tangan. 

Karena kita tidak tahu apakah tangan kita steril atau terkena virus Corona.

Mencuci tangan dapat Anda lakukan dengan cara mengoleskan sabun atau hand sanitizer ke tangan, lalu bilas. 

Ingat, seluruh bagian tangan harus terkena cairan ini, karena virus ini tidak terlihat. 

Namun, Anda juga harus menghemat penggunaan air ketika mencuci tangan. Ketika Anda sedang membilas tangan, tutuplah kran air dengan siku Anda, supaya air tidak terbuang sia-sia.

4.Memakai Masker

Mencegah virus Corona juga harus Anda lakukan dengan cara memakai masker. Hal ini mencegah virus Corona untuk masuk ke dalam mulut dari nafas orang lain. 

Anda harus memakai masker ke manapun ketika Anda bepergian, baik itu ke pasar, sekolah, kantor, tempat ibadah, pengajian, dll.

Masker yang Anda pakai juga harus Anda perhatikan. Pastikan masker yang Anda pakai benar-benar baru dan bukan hasil daur ulang. 

Anda bisa memakai masker media yang familiar nya berwarna hijau atau biru. Jangan menggunakan masker n-95, karena masker ini hanya untuk tenaga medis. 

Kita juga harus memerhatikan stok barang medis untuk mereka yang merawat orang positif Corona.

5.Tidak Mudik

Corona melanda, libur panjang tiba, kesempatan ini memanfaatkan berbagai orang untuk mudik ke kampung asalnya. 

Tidak mudik merupakan hal penting yang harus Anda lakukan untuk mencegah virus Corona dari diri Anda maupun orang yang ingin Anda temui. 

Anda tidak tahu apakah Anda terpapar Corona atau tidak. Sehingga jika Anda terpapar, dan Anda pulang kampung, orang tersayang Anda akan terpapar karena perbuatan Anda yang tidak mematuhi prokes.

BACA JUGAEfek Kebijakan Lockdown Terhadap Ekonomi Orang Desa

Untuk mengatasi rindu Anda terhadap orang yang Anda sayangi, Anda bisa saling video call. Beritahukan bahwa Anda tidak bisa pulang karena resiko yang tinggi. 

Bila mampu, kirimlah parsel yang berisi masker maupun alat untuk menjaga kesehatan lainnya.

6.Tidak Memegang Barang Asing Sembarangan

Salah satu cara untuk mencegah virus Corona ialah dengan tidak memegang batang asing sembarangan. 

Maksudnya ialah tidak memegang barang atau hal lainnya yang bukan milik Anda dan berada pada kawasan luar rumah Anda. 

Hal ini karena meningkatkan resiko terpapar nya virus Corona.

Ketika Anda pegang suatu barang atau lainnya seperti pegangan, apakah Anda tahu barang tersebut steril atau ada coronanya?

Karena inilah yang membuat kita harus sebisa mungkin tidak memegang sesuatu sembarangan. 

Bila ada, Anda bisa memakai sarung tangan ketika bepergian, dan cuci terlebih dahulu ketika sampai rumah.

7.Tidak Menggunakan Barang Bersama-sama

Menggunakan suatu barang oleh banyak orang meningkatkan resiko Anda terkena virus Corona. Karena kita tidak tahu apakah salah satu pengguna dari barang tersebut pada tangannya ada Corona atau tidak. 

Hal inilah yang menjadi penyebab kita harus mencegah virus Corona dengan tidak menggunakan barang bersama-sama.

Hal ini sering terjadi dalam lingkungan keluarga, seperti memegang sendok upayakan ketika memegang barang ini atau lainnya, tangan Anda sudah bersih juga steril. 

Agar orang yang memakai selanjutnya terjamin kesehatannya.

8.Ikut Vaksinasi Corona-19

Cara yang terakhir untuk mencegah virus Corona ialah dengan mengikuti vaksinasi Corona-19. Pastikan ketika Anda menerima vaksinasi bukan suntikan bekas. 

Jika berani, minta kepada tenaga medis untuk membuang suntikan yang telah ia suntik vaksin untuk Anda. Karena hal ini sangat berisiko terhadap orang lain.

Anda bisa mengikuti vaksinasi Corona pada puskesmas terdekat atau rumah sakit terdekat. Tapi Anda juga harus ingat. Selalu jaga jarak, tidak bersalaman, cuci tangan ketika Anda bepergian.

Mau tau cerita bagaimana saya divaksin, silakan baca artikel ini: Efek Vaksin Covid-19 Bagi Tubuh

Berikut artikel kami yaitu cara mencegah virus Corona-19, semoga bermanfaat, dan tetap jaga jarak, cuci tangan, dan memakai masker. 

Do'a untuk kalian supaya tidak terpapar virus Corona.  Inga, mencegah virus Corona itu lebih baik daripada mengobati.

Disclaimer:

Artikel ini ditulis oleh Saudara Habibi, Kamu juga bisa membaca artikel kesehatan lainnya di MasHabibi.com, Website yang menjelaskan seputar tips dan trik, tutorial, hiburan, dan kesehatan tentunya.


Comment Policy: Saya sangat senang jika kamu mau meninggalkan komentar. Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar