Skip to main content

Kiat-kiat Lulus Tes CPNS Menurut Pengalaman Para PNS

Halo kawan-kawan, apakah kamu sedang mencari informasi pendaftaran CPNS Tahun 2021, jika tidak silakan pergi dari situs ini, namun jika kalian membutuhkan infornasi lengkapnya, lanjutkan untuk membaca informasi berikut.

Dikutip dari sscn.bkn.go.id, SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara pendaftaran CPNS Tahun 2021 dilakukan melalui portal resmi sistem pendaftaran terintegrasi SSCN. 

Situs ini merupakan situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik pusat maupun daerah. SSCASN dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional. 

Kamu harus semangat karena kebutuhan ASN di tahun 2021 ini lumayan banyak, yaitu sejumlah 1.275.384, ini untuk kebutuhan PPPK Guru dan non-Guru.

Jumlah tersebut dialokasikan untuk pemerintah pusat sebanyak 83.669 dan untuk instansi Pemerintah Daerah sebanyak 1.191.718. 

Untuk guru PPPK sebanyak 1.002.616, PPPK Non Guru 70.008 dan CPNS sebanyak 119.094. Informasi ini sesuai dengan kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Tjahjo Kumolo, saat konferensi pers, Jumat (9/4/2021).

Kapan jadwal seleksi CPNS 2021 dibuka?

Saya merujuk informasi dari rapat virtual persiapan pengadaan CASN Tahun 2021 di Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPaN-RB), disampaikan oleh Katmoko Ari Sambodo (Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KementerianPAN-RB).

Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2021dibagi menjadi 10 Tahap, Kamu langsung bisa melihatnya pada gambar di bawah ini.

Nah berhubung pendaftaran CPNS atau PPPK akan segera dimulai, saya akan memberikan kiat-kiat lulus Tes CPNS.

Kiat-kiat ini saya dapatkan dari hasil wawancara terhadap sahabat-sahabat saya yang telah beruntung lulus menjadi PNS.

Mereka rata-rata lulus pada Tahun 2019 dan Tahun 2020, jadi masih sangat segar dan saya rasa masih relevan dengan Tes CPNS Tahun 2021.

Salah satu narasumber yang sudah lulus PNS adalah Agus. Ia menjelaskan kepada saya tentang apa yang sudah ia lakukan saat mendatarkan diri mengikuti Tes CPNS Tahun 2020.

Dan Alhamdulillah, saat ini dia sudah jadi Guru PNS.

Kiat-Kiat Lulus Tes CPNS

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menghadapi tes CPNS / PPPK menurut para PNS baru ada banyak hal. Di antaranya adalah

1. Membaca Materi yang Akan di Ujikan di Tes CPNS

Materi yang akan diujikan dalam tes CPNS berbeda dari yang akan diujikan di PPPK, jadi pastikan sebelumnya, kalian akan daftar CPNS atau PPPK.

Sudah tahu apa belum perbedaan Tes CPNS dengan tes PPPK? Jika belum silakan cari tahu sendiri ya.

Dalam tiap periode tes CPNS, meskipun materi yang diujikan hampir sama, namun jenis soalnya berbeda. 

Pada tes CPNS 2019, materi yang diujikan banyak berbentuk materi hafalan seperti undang-undang, dan pokok pikiran Pancasila.

Sedangkan pada tes CPNS 2020, materi yang diujikan berbentuk pemahaman undang-undang yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menghafalkan undang-undang saja menurut para PNS ini masih kurang.

2. Mengikuti Perkembangan Informasi Tes CPNS Terkini

Ikuti perkembangan informasi terkini, informasi yang dimaksudkan seperti jenis soal yang berpotensi diujikan, materi yang sering muncul dalam tes CPNS, termasuk jadwal tahapan tes CPNS.

Pengalaman tes CPNS 2020 yang lalu, media yang sangat efektif untuk menghimpun dan mempelajari materi serta soal adalah grup serta channel telegram. 

Ada banyak channel telegram dari yang public, privat, free member sampai berbayar yang bisa kalian manfaatkan di sana.

Ingat, jangan sembarangan mengikuti group ya, kalian punya teman. Kalian akan lebih mudah mendapatkan informasi yang valid jika bekerjasama dengan teman-teman.

3. Fokus Pada Setiap Tahapan Tes CPNS

Fokus pada apa yang paling dekat. Jika saat ini masih dalam tahap waktu pendaftaran dan menunggu hasil tes administrasi, jangan habiskan tenaga dan waktu untuk mempelajari materi SKD dan SKB.

Maksudnya, sesuai jadwal di atas, ada tahapan-tahapan yang harus kamu ikuti. Jika tahapan saat ini adalah masa pendaftaran secara administrasi, sebaiknya fokus untuk melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Kamu tidak perlu terburu-buru untuk membaca dan menghafalkan materi padahal tahap ujiannya masih jauh. Fokus saja pada yang sedang berlangsung.

4. Kurangi Aktivitas yang Tidak Penting

Kurangi distraksi, jika kamu sudah yakin lolos pendaftaran dan tes administrasi, kurangi distraksi yang "kurang penting" seperti FB, dan game. 

Yang kalian butuhkan saat ini adalah mempelajari secara rutin materi SKD sampai dengan waktunya kalian berangkat tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). 

Pada tahap tes SKD ini jangan pernah menyentuh materi SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Saya tekankan lagi kalian harus fokus pada tahapan yang ada. 

Upayakan dalam 1 hari ada waktu 1 jam untuk membaca dan mengerjakan soal-soal SKD. 

Di internet, ada puluhan ribu materi SKD yang lebih dari cukup untuk kamu baca dan pahami, menurut Agus, salah satu teman saya yang sudah menjadi PNS, Materi-materi ini sudah cukup membuatmu mual-mual ketika mempelajarinya. 

Di sinilah fungsi penting grup telegram, ini pentung untuk update informasi, dengan kalian mengikuti banyak grup, aktif mencari informasi maka akan mudah memilah dan memilih materi apa saja yang potensi keluar tinggi.

Sehingga waktu dan tenaga yang kamu miliki tidak sia-sia mempelajari materi yang tidak muncul dalam soal ujian.

5. Jangan Pelit Informasi

Kata Agus "Rivalmu adalah Sahabatmu". Jangan pernah pelit informasi.

Bagikan apa yang telah kamu dapatkan kepada kawan-kawanmu maupun lawanmu dalam ujian CPNS. Menurut dia ini tidak ada ruginya jika kamu membagikan ilmu kepada rivalmu.

Dan saya rasa ini penting, kenapa bisa penting.

Kalau kamu percaya Tuhan, dengan kamu membagikan ilmu yang kamu dapat kepada orang lain, baik sahabat maupun rival, itu juga akan memudahkan urusanmu.

Ada hubungan imbal-balik yang bisa kamu dapatkan, jika kamu baik dengan orang, tentu saja orang akan baik kepadamu. Meskipun tidak selalu begitu, namun dengan kamu baik dengan orang lain, kamu sudah menang. 

6. Berdo'a dan Minta Doa Restu Kepada Kedua Orangtua

Yups, Agus mewanti-wanti kepada siapapun yang hendak daftar CPNS atau PPPK, mintalah do'a restu kepada orang tua, karena ini penting.

Saya tidak perlu menjelaskan alasannya apa, tapi kamu membutuhkan banyak do'a supaya bisa lulus tes CPNS atau PPPK.

Itulah kiat-kiat Lulus Tes CPNS yang diberikan oleh Agus. Kiat-kiat ini berdasarkan apa yang telah ia lakukan sehingga berhasil lulus menjadi PNS.

Semoga kiat-kiat bermanfaat ya. Dan semoga kamu lulus.


Wahai Kawan, Apa yang kamu pikirkan tentang artikel di atas? Saya akan senang apabila kita bisa berbagi gagasan bersama.
Buka Komentar