Skip to main content

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Halo gaes, kali ini saya akan mengulas tentang manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh kita di masa pandemi Covid-19. Saya mengulasnya karena beberapa waktu yang lalu, ada kabar bahwa air kelapa bisa menyembuhkan kita dari Covid-19. Kan saya jadi penasaran, emang iya?

Setelah saya telusuri, ternyata belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa mampu menyembuhkan kita dari Covid-19. Tapi, tunggu dulu.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa air kelapa mampu menyembuhkan kita dari Covid-19, air kelapa ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita selama masa pandemi. Yups, salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh kita.

Masih banyak manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Air kelapa, terutama air kelapa muda, memiliki berbagai kandungan nutrisi penting untuk mendukung sistem imun kita. Kandungan nutrisi dalam air kelapa muda ada dua. Yaitu, macronutrient dan micronutrient.

Macronutrient sebagian besar terdiri dari karbohidrat (5%) dalam bentuk glukosa dan fruktosa, lalu protein (0,02%) dan sedikit lemak. Sedangkan micronutrient terdiri dari vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B7 dan B9). Vitamin B6 atau folat memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan sistem imun kita secara keseluruhan.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Selain nutrisi, air kelapa muda memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi berkat kandungan kalium dan magnesium. Kandungan kalium dan magnesium ini baik untuk mengontrol tekanan darah. Sehingga, jantung kita bisa lebih sehat. Kalau dikaitkan dengan Covid-19, air kelapa muda dapat mencegah penyakit komorbid yang memperparah infeksi.

Air kelapa juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Sehingga minum air kelapa dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

3. Menambah Stamina Tubuh

Kandungan karbohidrat di dalam air kelapa bisa memberikan stamina untuk tubuh kita. Kandungan karbohidrat air kelapa lebih banyak berupa fruktosa (gula buah) dan rendah glukosa. Fruktosa ini tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan, fluktosa tidak memerlukan insulin untuk masuk ke sel tubuh. Artinya, kandungan karbohidrat dari air kelapa akan langsung bisa kita rasakan.

4. Menyehatkan Pencernaan dan Cegah Penyakit Batu Ginjal

Pastinya kalau minum air kelapa, kita juga makan buah kelapanya dong. Minum air kelapa tanpa buah kelapa itu rasanya kurang pas. Teksturnya lembut menjadi perpaduan yang pas dengan air kelapa yang segar.

Buah kelapa juga memiliki kandungan serat. Manfaat dari serat adalah untuk memelihara sistem pencernaan. Tapi, kandungan serat paling banyak terdapat pada kelapa tua.

Selain itu, air kelapa bisa mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal inilah yang membuat air kelapa diyakini mampu mencegah batu ginjal secara efektif.

5. Menjaga Sistem Metabolisme

Air kelapa muda memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan dapat membantu menjaga sistem metabolisme tubuh kita. Peran antioksidan ini berasal dari kandungan vitamin C pada air kelapa. Antioksidan juga bisa melindungi tubuh kita dari paparan radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul bersifat tidak stabil yang dihasilkan dari proses metabolisme tubuh. Jadi, kalau tubuh kita terpapar terlalu banyak radikal bebas, sel-sel di dalam tubuh kita akan terganggu dan risiko terkena penyakit akan meningkat.

Nah, salah satu zat yang bisa melawan radikal bebas adalah antioksidan.

6. Jaga Hidrasi Tubuh

Air kelapa memiliki banyak kandungan elektrolit untuk mendukung keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Sehingga, dengan meminum air kelapa, hidrasi tubuh kita bisa terjaga.

7. Minuman Rendah Kalori

Kalau berbagai minuman kemasan di pasaran menawarkan kesegaran dan manfaat, kita tidak boleh lupa bahwa kenyataanmya minuman-minuman kemasan itu memiliki kadar gula dan kalori yang tinggi. Nah, air kelapa bisa menjadi alternatif minuman yang rendah kalori dan kandungan gula buah alami (fruktosa).

Satu air kelapa muda mengandung sekitar 45 kalori. Jadi, air kelapa muda adalah pilihan minuman yang lebih baik dan sehat jika dibandingkan dengan minuman bersoda atau jus yang memilki kalori lebih tinggi.

Nah, itulah manfaat-manfaat air kelapa bagi tubuh kita. Supaya kita bisa mendapatkan manfaat air kelapa secara maksimal, sebaiknya kita mengonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Selain itu, kita tidak perlu menambahkan gula atau pemanis buatan ketika minum air kelapa.

Kalau mengonsumsi air kelapa kemasan, kita perlu memastikan kemasannya tidak rusak. Kita juga perlu memperhatikan kembali kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Karena, kebanyakan air kelapa kemasan sudah tidak lagi murni dan diberi perasa atau gula tambahan. Jadi, kalau dikonsumsi secara berlebihan, tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Saran saya, kita perlu banyak mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bisa meningkatkan imun, serta mengurangi makanan dan minuman yang bisa berdampak buruk ketika kita nanti (semoga tidak) terkena Covid-19. Makanan dan minuman yang saya maksud adalah yang manis-manis. Selain itu kurangi juga rook, kalau bisa berhenti sih. Supaya kita tetap sehat dan kuat bertahan di masa pandemi ini.

Sekian ulasan manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh kita di masa pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat, semoga kita semua tetap sehat dan jangan lupa bahagia.


Newest Post
Wahai Kawan, Apa yang kamu pikirkan tentang artikel di atas? Saya akan senang apabila kita bisa berbagi gagasan bersama.
Buka Komentar