Skip to main content

Cara Menentukan Harga Content Placement di Blog

Saya sering mendapatkan iklan content placement yakni iklan dari pihak ketiga berupa artikel dan di posting di blog milik kita. Iklan ini menurut saya istimewa karena langsung bisa mendapatkan bayaran pasti sesuai dengan kesepakatan bersama.

Baca: Mendapatkan Penghasilan Tambahan Blog Dari Content Placement

Saya pernah menulis tentang cara mendapatkan penghasilan tambahan dari content placement yang bisa dibaca melalui link di atas. Di dalam artikel tersebut saya menuliskan tentang bagaimana caranya supaya agency atau pihak ketiga senang dengan blog kita.

Akan tetapi, kegalauan dalam menerapkan content placement bukan cuma soal bagaimana kita mendapatkan tawaran dari pihak ketiga, melainkan juga berkaitan dengan penentuan harga.

Berapa harga yang kita tawarkan kepada agency atau pihak ketiga yang hendak menaruh kontennya di blog kita?

Terkadang saya sendiri berpikir, apakah harga yang saya tentukan kepada agency terlalu murah atau terlalu mahal.

Bahkan beberapa kali penentuan harga saya tentukan berdasarkan mood semata, tidak berdasarkan hitungan yang tepat.

Baca: Artikel Instan Facebook Alternatif Penghasilan Tambahan Dari Internet

Beruntung jika agency telah melakukan analisa terhadap blog kita terlebih dahulu dan menawarkan harga sesuai dengan analisa yang telah dibuat.

Terkadang ada agency yang menawarkan harga tinggi, namun ada juga yang memberikan penawaran seenaknya saja.

Jika kebetulan tinggi langsung saya setujui, namun jika harga rendah saya harus nego terlebih dahulu.

Namun secara pasti saya belum membuat harga yang spesifik terkait berapa biaya yang harus dikeluarkan pihak ketiga kepada saya.

Cara Menentukan Harga Content Placement di Blog

Saya kemudian penasaran, apakah ada mekanisme penentuan harga content placement yang disepakati oleh kebanyakan blogger dan agency.

Ketika melakukan pencarian, saya disuguhi oleh artikel yang ada di blog Anak Dagang. Secara mandiri ia membuat hitungan-hitungan tentang harga content placement.

BacaMencoba Keberuntungan Iklan MGID Bersanding Dengan Iklan Google Adsense

Menarik sekali, saya mendapatkan pencerahan untuk kemudian mengikuti pola yang telah ia buat, namun dengan memodifikasi beberapa poin sesuai dengan pengalaman saya sendiri.

Jika kamu penasaran dengan metode ini, silakan melihat tabel di bawah ini, tabel ini digunakan untuk menentukan nilai dari sebuah blog.

Nilai ini kemudian dipakai untuk menentukan harga Content Placement pada blog yang kita miliki.

Faktor penilaian ditentukan oleh jenis domain yang dipakai, nilai domain autority (DA), rata-rata jumlah pengunjung harian, umur blog atau domain, tipe blog apakah gado-gado atau memiliki tema khusus (niche) dan yang tak kalah penting berapa presentase pengunjung organik alias pengunjung dari pencarian google.

Rumus ini jika saya terapkan di blog mastrigus.com, hasilnya sudah sesuai dengan harga yang biasanya saya berikan, atau yang biasa ditawarkan oleh agency.

Baca: Jasa Edit Template Kompi Flexible AMP dan Non AMP

Saya mendapatkan nilai 16 poin yang mana seharga 250.000 per post artikel. Biaya ini biasanya saya tambahkan syarat lagi, jika artikel sudah dari agency maka harga tetap, namun jika artikel saya ketik sendiri maka saya tambahkan biaya Rp. 50.000 untuk minimal 300 kata.

Percayalah, jika kamu masih belum terlalu sering mendapatkan tawaran Content Placement, kamu pasti pernah merasa galau dalam menentukan harganya.

Artikel pilihan: Jasa Iklan google ads

Namun dengan rumus ini, kita akan menjadi lebih mudah dalam menentukan berapa harga Content Placement di blog kita sendiri.

Oh ya, harga ini sebenarnya tidak terlalu baku, sesuai pengalaman saya sendiri, terkadang ada agency dari perusahaan besar menawarkan harga yang bagus, misalnya Rp. 500.000/post dan artikel sudah dari sana.

Namun yang demikian itu sangat jarang terjadi, oleh karena itu jika kebetulan ada pihak yang ingin bekerjasama dengan blog kita melalui jasa Content Placement yang kebetulan perusahaan besar, jangan sungkan-sungkan untuk menawarkan harga yang lebih tinggi.

Selamat mencoba kawan.


Wahai Kawan, Apa yang kamu pikirkan tentang artikel di atas? Saya akan senang apabila kita bisa berbagi gagasan bersama.
Buka Komentar