Skip to main content

Cara Bikin Konten Tanpa Face-in di Kamera

Belakangan ini cukup banyak kalangan artis Indonesia papan atas beralih menjadi content creator. Tak khayal banyak masyarakat luas yang mengikuti jejak para selebriti yang kontennya seliwiran di media sosial.

Alat penunjang seperti kamera yang relatif mudah dan gampang dicari sehingga memudahkan mereka menjadi content creator. Selain itu, dampak digitalisasi membuat mereka juga mencoba peruntungan di dunia pembuatan konten seperti memanfaatkan Aplikasi CUiT.

Namun, bagi masyarakat luas yang kurang terbiasa dan tidak percaya diri di depan kamera yang berbeda dengan para artis, tidak perlu khawatir. Hal ini masih bisa diatasi dengan mencari alternatif ide konten tanpa face-in di kamera.

Nah apa saja ide konten yang cocok bagi mereka yang tidak ingin face-in di kamera? Yuk simak penjelasan di bawah ini:

1. Memasak

Ide konten yang pertama ini bisa menjadi alternatif yang bisa Anda coba bila tak ingin face-in di kamera. Memasak adalah konten yang mudah dikerjakan dan tidak membutuhkan usaha yang berlebihan. 

Dengan membuat konten memasak, para content creator bisa langsung membuat kontennya tanpa perlu menyorotkan lensa kameranya. Anda cukup mengarahkan kamera ke tangan Anda saat memasak, memasukan bumbu racikan, dan alat masak yang digunakan.

Misalnya saja ketika Anda ingin membuat resep nasi goreng, Anda cukup merekam langkah-langkah atau caranya lalu menjelaskannya menggunakan voice over. Dengan demikian, Anda tidak perlu menampilkan wajah.

2. DIY (Do it Yourself)

Selanjutnya, para content creator bisa membuat ide konten seperti Do It Yourself (DIY). Jenis konten ini biasanya berisikan berbagai macam tutorial yang edukatif untuk meningkatkan skill tertentu. Ide konten ini juga sebenarnya banyak dicari oleh penonton juga.

Konten ini juga tidak perlu menampilkan wajah Anda saat mengambil video. Misalnya, Anda bisa membuat konten lengkap bagaimana cara mendekorasi kamar agar terlihat lebih bersih dan nyaman, membuat hiasan dinding, atau lainnya.

3. Gaming

Bila Anda suka bermain game, para content creator bisa memanfaatkan hobinya yang satu ini menjadi ide konten tanpa menampilkan wajah di kamera. Selain itu, konten gaming merupakan konten andalan yang banyak dicari penonton.

Bagi Anda yang suka bermain game PUBG, Mobile Legends atau Fortnite, Anda cukup merekam layar perangkatmu saat bermain game. Lebih bagus lagi bila Anda memakai voice over yang suaranya terdengar jelas sehingga menambah keseruan.

4. Review Produk/Unboxing

Ide konten selanjutnya yang bisa dipakai oleh para content creator yang tidak ingin face-in di kamera adalah dengan mereview atau unboxing suatu produk. Biasanya konten seperti dicari para penonton saat mau membeli barang dan perlu mengetahui dulu reviewnya.

Para penonton yang melihat konten seperti ini mayoritas ingin melihat lebih detail barang yang ingin dibelinya agar meminimalisir kekecewaan bila saja salah beli produk. Anda bisa menjadi content creator spesialis di bidang unboxing. Anda bisa memulainya dengan mereview barang yang banyak diminati tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal.

5. Tutorial Edit Video

Konten selanjutnya yang bisa Anda pakai tanpa perlu menampilkan wajah di kamera adalah dengan membuat tutorial edit video baik itu pakai gawai atau komputer. Di era sekarang edit video adalah salah satu skill yang banyak diminati banyak orang.

Meski pembahasannya ini bakal spesifik, namun Anda bisa mengembangkannya secara lebih luas. Kenapa demikian? Ada banyak aplikasi edit video yang bisa Anda pakai seperti Adobe atau KineMaster yang caranya juga tidak terlalu jauh dengan pembuatan konten gaming.

6. Binatang Peliharaan

Berikutnya adalah konten yang merekam binatang atau hewan peliharaan. Para content creator yang memilikinya bisa menjadikannya sebagai konten tanpa perlu menampilkan wajah Anda. Tentu saja, ide ini bisa menarik perhatian penonton.

Menempatkan hewan peliharaan seperti kambing, kucing, anjing, atau lainnya sebagai konten bakal mengundang banyak penonton karena tingkah lucu hewan peliharaan Anda. Selain itu, Anda bisa menjelaskan bagaimana cara memelihara atau merawatnya.

7. Video Edukasi

Para content creator bisa memanfaatkan video edukasi seperti halnya tentang pembelajaran materi sekolah atau kuliah. Anda bisa menunjukkan beberapa tips dan trik cepat untuk memecahkan masalah dalam belajar atau mengulas materi tertentu dengan singkat.

Untuk membuat konten ini, Anda cukup merekam kertas atau buku pelajaran yang bakal diulas dengan menambahkan voice over agar saat menjelaskannya terdengar nyaring. Selain itu, target market dalam pembuatan konten ini bakal mengundang banyak penonton terutama para siswa atau mahasiswa yang kebingungan dengan materi sekolah atau kuliahnya.  

8. Vlog

Terakhir adalah membuat vlog yang mana content creator saat melakukan travelling atau sedang berkunjung ke tempat tertentu dengan hanya menyorot tempat yang sedang Anda singgahi dengan memberikan review bagaimana tempat tersebut.

Dengan membuat ide konten ini, Anda tidak perlu memperlihatkan wajah di depan kamera. Ide ini seakan-akan mengajak jalan-jalan secara virtual kepada penonton Anda dengan berbekal rekaman video yang didukung voice over yang menarik. 

Nah itulah 8 ide bagi content creator yang tidak ingin face-in di depan kamera. Dengan demikian, keinginan menjadi pembuat konten tidak selalu memperlihatkan wajahnya apalagi bagi Anda yang kurang percaya diri.    


Newest Post
Wahai Kawan, Apa yang kamu pikirkan tentang artikel di atas? Saya akan senang apabila kita bisa berbagi gagasan bersama.
Buka Komentar