Skip to main content

follow us

Seorang lelaki yang sudah dikaruniai dua anak (Muhammad El Gawang Susilo & Muhammad Luwih susilo) dan seorang istri yang cantik (D'Neffy).

Adalah Mas Trigus, mempunyai nama lengkap Trigus Dodik Susilo kelahiran tahun 1989. Selain aktif mengurus blog ini juga aktif mengurus web komunitas nggalek.co dan juga mengurusi situs jual beli produk UMKM paditren.com.

Memiliki hobi nge-Blog dan mempunyai rasa ingin tau yang berlebih, sehingga mampu mengenal istilah komputer dan cara memperbaikinya hanya dengan ilmu otodidak.

Termasuk menulis dalam blog ini, merupakan hasil dari belajar secara otodidak dengan bantuan para mastah yang ada di internet.

Berbagi adalah kesukaannya, sehingga tidak heran jika banyak teman yang menyukainya (cie cie). hal yang paling tidak disukai oleh Mas Trigus adalah jika dibohongi, karena dia adalah salah satu tipe lelaki yang mempunyai ingatan tajam kepada orang yang telah membohonginya.

Selama hidup pernah bekerja di:
  1. PT. Margi Purnama subkon PT Trakindo Indonesia di Samarinda, Kalimantan Timur.
  2. PT. Sinar Niaga Sejahtera  perusahaan distributor produk Garuda Food di Samarinda, Kalimantan Timur.
  3. PT. Gaswara International di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
  4. PT. Bara Samba Prima di Samarinda, Kalimantan Timur.
  5. PT. Bara Jaya Energi di Samarinda, Kalimantan Timur.
Dan saat itu ia memutuskan untuk pulang ke tanah kelahiran karena sudah menemukan jawaban atas pertanyaan "untuk apa ia dilahirkan di dunia ini", dan memilih untuk bekerja sebagai apa saja di Kabupaten Trenggalek.

Di Kabupaten Trenggalek, ia bergabung dengan NGO yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Lembaga tersebut adalah Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaaan Masyarakat PAMA yang berada di Trenggalek. Keahliannya dalam bidang pengembangan bisnis UMKM diperoleh dari lembaga tersebut. Salah satu hal yang mengubah arah gerakannya adalah ketika ia dilatih Kementrian Koperasi dan UKM untuk menjadi Konsultan Pendamping UMKM.

Beberapa program kegiatan yang pernah ia garap bersama LPPM PAMA adalah:
  1. Identifikasi Peningkatan Peran Serta Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) dalam Fasilitasi Akses Permodalan Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Trenggalek. Tahun 2014.
  2. Evaluasi Dampak Pelatihan dan Pemberian Peralatan Terhadap Pendapatan Keluarga Karyawan Pabrik Rokok / Masyarakat. Tahun 2014.
  3. Pelatihan dan Pendampingan UMKM Menuju UMKM Naik Kelas di Kabupaten Trenggalek. Tahun 2015.
  4. Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Menuju UMKM Naik Kelas di Kabupaten Trenggalek. Tahun 2016.
  5. Pelatihan dan Pendampingan Branding bagi UMKM menuju UMKM Naik Kelas di Kabupaten trenggalek. Tahun 2017.
  6. Pendataan Potensi Janggelan Di Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Tahun 2018.
Di LPPM PAMA ia banyak berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, dan pada akhirnya ia dan beberapa orang membuat karya yang dikerjakan secara gotong royong. Di antara projek yang ia buat adalah:
  1. Membuat situs lokal Nggalek.co yang bertujuan untuk mempublish karya-karya penulis Trenggalek maupun di luar Trenggalek.
  2. Membuat situs Paditren.com yang ditujukan untuk membantu UMKM Trenggalek memasarkan produk-produk lokal di dunia online.
  3. Menggagas projek Bagimu Trenggalek yang berorientasi untuk memantik masyarakat Trenggalek dalam memberikan ide dan gagasan perencanaan pembangunan Kabupaten Trenggalek kepada pemerintah. Acara yang diinisiasi oleh beberapa orang yang mendapuk dirinya peduli dengan Trenggale ini tergolong sukses dengan peerolehan 99 gagasan pembangunan.
  4. Pengembangan Galeri Djoeang, Trenggalek Creative Space yang difungsikan sebagai tempat orang-orang kreatif di Trenggalek.
  5. Berkeliling ke desa-desa di Trenggalek dalam rangka menerapkan Sekolah Politik Anggaran di beberapa desa yang membutuhkan.

Salah satu karya tulisnya sudah dibukukan di buku Menunggu Kepunahan Desa-desa yang diterbitkan oleh nggalek.co.

Ingin mengenal dia lebih dekat, silakan baca beberapa pendapat temen-temannya tentang dia: