Mengatasi WA (WhatsApp) yang Tidak Bisa Membaca Nama Kontak

Mastrigus.com Bagi yang kebingungan ketika mendapati aplikasi Whatsappnya tidak bisa membaca kontak di handphone, jangan risau ya. Apalagi sampek teriak-teriak sambil nangis darah, karena itu lebay banget. haha.

Persoalan aplikasi whatsapp yang tidak dapat membaca kontak di handphone sebenarnya seringkali ditemui oleh para penggguna smartphone. Terkadang bagi yang tidak paham kenapa masalah ini bisa terjadi, bisa megumpat handphoneya sendiri.

Jika yang saya bicarakan ini kebetulan kamu. sebaikanya urungkan kegelisahan, kegalauan dan kelebaian kamu saat ini juga. Karena itu tidak penting dan sangat-sangat tidak penting.

Saya punya jalan keluarnya, dan ini mudah sekali. Namun sebelum itu, kamu harus paham dulu penjelasan saya yah. Supaya tidak menjadi megalomania, membesar-besarkan masalah yang sebenarnya kecil.

Oke, jadi begini. Setiap kali kita melakukan instalasi aplikasi pihak ketiga, kita dimintai izin oleh aplikasi tersebut untuk menggunakan beberapa privasi kita. Misalnya, kontak, lokasi, kamera, galeri dan lain-lain.

Kamu pasti bertanya, kapan mereka meminta izin? Eheeem. Saat menginstal aplikasi, tentu kamu semangat menekan tombol Next (lanjut) sampai-sampai kamu tidak menyadari jika telah melewati halaman prmintaan akses tersebut.

Bagi smartphone yang highend (level atas / canggih) privasi user adalah prioritas utama. So, terkadang saat kita instal aplikasi tertentu yang memerlukan akses ke privasi kita, si hengpong (HP) tidak langsung menyetujuinya secara otomatis. Makanya ststusnya ditangguhkan.

Tidak berbeda dengan aplikasi lainnya, Whatsapp meskkipun sudah digandrungi oleh beratus-ratus juta orang, namun tetap saja tidak langsung dipercaya langsung bisa akses privasi kita secara otomatis. HP merek Oppo atau Xiaomi, selalu merekomendasikan kepada pengguna hengpong untuk memberikan akses privasi secara manual.

Nah, seperti itulah kira-kira kronologinya, WA tidak dapat membaca kontak kita, bisa jadi karena si hengpong tidak memberikan akses ke kontak. Jadi kontak di  WA tidak bernama alias cuma angka doang.

Nah sekarang ngerti kan? ok selanjutnya mari kita bergoyang ) menggoyangkan jari.

Kita cek apakah WA telah mendapatkan izin untuk membaca privasi kita:

  1. Buka pengaturan dan temukan pengaturan privacy. Di HP OPPO, terletak di menu pengemanan, di dalamnya ada menu privasy. Kalau di HP Xiaomi ada di aplikasi pengamanan, di dalamnya ada menu privacy.
  2. Buka menu privacy tersebut, dan lihat daftar aplikasi yang sudah mendapat izin membaca privacy kita.
  3. Pilih aplikasi whatsapp, buka dan cari privacy membaca kontak. Nah jika WA dalam keadaan tidak mendapat izin membaca privacy, maka sekarang izinkalah ia membaca kontak kamu. Sampai di sini selesai. Tutup.
  4. Sekarang buka aplikasiwhatsapp, mestinya nama kontak tidak langsung terbaca. Nah mari kita sinkronkan datanya.
  5. Buka pengaturan di whatsapp lalu sinkronkan (kamu harus terhubung ke internet)
  6. Tunggu bebera detik, sekarang WA kamu sudah bisa membaca nama kontak. 

Nah mudah bukan. Maaf ya, artikelnya terlalu panjang, bukan maksud untuk membuat kamu bingung. Hanya saja supaya artikelnya panjang, karena bos saya suka yang panjang-panjang dan berisi.

Oke selamat mencoba dan terimakasih. Semoga berhasil.
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: